Home » Kongkow » Tips & Trik » 10 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

10 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

- Selasa, 21 Mei 2019 | 16:40 WIB
10 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Otak merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berfungsi dari mulai untuk berpikir hingga alam bawah sadar.

Jamak diketahui, fungsi kerja otak menurun pada orang-orang berusia lanjut. Itulah mengapa kakek dan nenek kita kerap kali menderita penyakit pikun atau mudah lupa.

Meski demikian, tidak sedikit pula orang muda yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik. Apakah Anda salah satu dari mereka?

Jangan khawatir. Saya punya solusi untuk Anda. Berikut 10 cara yang dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

1. Berolahraga Teratur

Walaupun dengan berolahraga bagian yang digerakkan adalah fisik, namun ternyata otak juga turut meningkat kemampuannya.

Saat manusia berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya, sehingga memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian akan memperkuat ikatan antar sel otak dan menjaganya dari kerusakan.

Selain itu, sel saraf juga mengeluarkan protein yang bernama fakto neurotropis. Protein ini akan memicu produksi berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat serta peningkatan kemampuan kognitif, termasuk kemampuan belajar.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience juga telah membuktikan bahwa olahraga secara rutin tidak hanya meningkatkan aliran darah menuju otak, namun juga dapat membuat penyelesaian pekerjaan dua kali lebih cepat dibanding mereka yang tidak berolahraga.

Olahraga apa yang perlu Anda lakukan? Bergantung pada kesukaan dan kondisi Anda. Di antaranya adalah berenang, lari pagi, nge-gym, atau bersepeda sebanyak 3 kali seminggu.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya otak Anda perlu diberikan nutrisi yang baik untuk menjaga memori. Sebetulnya cukup sederhana menjaga asupan makanan untuk otak, dengan cara lebih banyak mengonsumsi sayuran serta mengurangi makanan yang banyak mengandung gula.

Beberapa zat tambahan lainnya yang sangat baik untuk perkembangan otak adalah omega-3 dan MCT (medium-chain triglycerides). Omega-3 sangat mudah didapatkan dari ikan salmon, minyak ikan, kedelai, bayam, dan makanan laut. Sementara itu MCT adalah zat yang sangat tinggi kadarnya dalam minyak kelapa.

3. Terus Mempelajari Hal Baru

Otak harus terus bekerja sehingga sel-sel di dalamnya tetap saling terhubung. Salah satu cara menguatkan daya ingat dan konsentrasi adalah dengan mempelajari berbagai macam hal baru.

Mempelajari hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut menurut sebuah penelitian memang cukup berhasil dalam menjaga daya ingat pada para lansia.

Kuncinya hanya satu, yaitu mencari aktivitas yang disukai dan menstimulasi otak. Berbagai pilihan dapat dilakukan misalnya membaca buku, mempelajari instrumen musik, merakit puzzle, berkebun, atau membuat kerajinan tangan.

4. Hindari Multitasking

Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, apalagi bagi para ibu rumah tangga yang setiap hari selalu sibuk di rumah. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Sehingga ketika misalnya seseorang menelepon sambil mengangkut barang belanjaan dan meletakkan kunci, kemungkinan Anda akan tidak fokus dan beberapa menit kemudian tidak berhasil mengingat salah satunya.

Sebaliknya, orang yang fokus menyelesaikan suatu pekerjaan akan memiliki ingatan yang lebih baik. Oleh karena itu, selesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai mengerjakan pekerjaan lain.

5. Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. Anda mungkin pernah diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • membuat akronim atau singkatan
  • memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan
  • memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.

6. Tidur Cukup di Malam Hari

Tidur di malam hari

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur cukup juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

Tidur yang cukup juga berlaku untuk pekembangan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang terbukti akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketika dewasa nantinya.

7. Melakukan Permainan Otak

Cara lainnya untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan melakukan permainan otak, yang dapat membuat otak sedikit berpikir sehingga tetap terhubung sel-sel di dalamnya. Jika seseorang tidak atau jarang mengasah kemampuan otak, sel-sel dalam otak mulai terdegenerasi sehingga menjadi mudah lupa.

Memainkan permainan otak contohnya adalah bermain catur yang membutuhkan fokus untuk memikirkan beberapa langkah ke depan. Sekarang ini juga sudah banyak website yang menyediakan permainan otak secara gratis seperti lumosity.com.

Cobalah secara rutin melatih otak dengan melakukan permainan otak paling tidak selama 20 menit dalam sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan otak, Anda bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru.

8. Repetisi Ingatan

Bahkan seorang penghafal yang baik perlu waktu untuk mengulang-ulang hafalannya sehingga lebih sempurna. Pengulangan atau repetisi adalah sebuah cara yang rasanya memang dibutuhkan jika ingin meningkatkan kemampuan otak untuk meningat sesuatu.

Setelah mempelajari sesuatu, berikan jeda beberapa saat, kemudian lakukan review kembali atas apa yang telah Anda pelajari. Hal ini akan membuat otak terlatih untuk membuka ingatan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal penting.

Repetisi ingatan dapat dilakukan dengan bantuan mencatat hal yang penting di buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru dikenal berulang-ulang,serta mengulang kalimat yang dikatakan seseorang pada Anda.

9. Hidup Terorganisir

Sering melupakan suatu acara, hari ulang tahun, atau janji pertemuan dengan rekan kerja?

Mulailah untuk hidup lebih terorganisir untuk mengurangi pikun karena kecerobohan diri sendiri. Milikilah sebuah agenda harian atau install aplikasi organizer yang banyak secara gratis dibagikan untuk digunakan pada smartphone Anda.

Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan ingatan. Jika memiliki sebuah agenda, usahakan membawa ke mana pun agenda tersebut sehingga ketika ada hal yang perlu dicatat, Anda sudah siap sedia dan tidak lupa untuk mencatatnya.

10. Visualisasikan

Bagi orang-orang yang tidak memiliki ingatan fotografis (photographic memory), mengingat nama orang dan wajahnya bisa menjadi suatu hal yang sulit. Terkadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa mampu mengingat namanya. Di lain waktu, ada orang yang hanya sanggup mengingat nama dan tidak terbayang wajahnya.

Untuk masalah ini, ada baiknya Anda melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik tentang orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu, dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi selanjutnya, Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.

Visualisasi dapat pula dilakukan dengan mengibaratkan nama seseorang dengan suatu hal lainnya. Misalkan untuk orang yang bernama Alissa, visualisasikan di dalam pikiran Anda bahwa Alissa itu memiliki alis yang indah, sehingga ketika bertemu kembali, Anda bisa langsung fokus pada alisnya dan mengingat namanya dengan benar.

Itulah 10 cara meningkatkan daya ingat untuk Anda yang sering lupa atau kurang fokus. Selamat mencoba dan semoga dengan membaiknya ingatan, kehidupan akan berjalan lebih baik lagi.

Cari Artikel Lainnya