Home » Kongkow » Tips & Trik » Tip Memilih Buku yang Tepat buat Anak

Tip Memilih Buku yang Tepat buat Anak

- Jumat, 09 Desember 2016 | 10:30 WIB
 Tip Memilih Buku yang Tepat buat Anak

Buku bacaan yang tepat bisa merangsang perkembangan otak anak. Tapi beragamnya pilihan buku bacaan terkadang membuat orang tua kewalahan.
Bagaimana memilih buku yang cocok dan baik? Untuk memudahkan, beberapa tip berikut ini dijamin bisa membantu Anda memilih buku yang tepat untuk sang buah hati.

#Buku dengan ilustrasi berwarna
Gambar memudahkan anak untuk menerjemahkan teks bacaan di dalam buku. Anak juga akan lebih mudah memprediksi jalan cerita.

#Buku yang bisa dibaca berulang kali
Ciptakan pengalaman yang berbeda setiap membaca buku. Meskipun membaca buku yang sama, Anda bisa membaca dengan memfokuskan pada tanda baca di satu kesempatan dan memfokuskan pada kata-kata yang sulit pada kesempatan lain. Untuk anak yang masih kecil, ajak anak untuk mendeskripsikan gambar di dalam buku tersebut.
 

#Buku dengan berbagai tema
Kebanyakan anak hanya mau membaca buku dengan topik yang disukai. Untuk mendorong perkembangan bahasanya, dorong mereka untuk mempelajari tema lain. Dengan begitu, anak bisa mempelajari kosa kata baru dan topik yang tidak pernah diketahuinya sebelumnya.

#Buku yang dimengerti anak
Seberapa pun menarik topik sebuah buku, yang paling penting topik tersebut harus dipahami oleh anak. Konten buku tersebut harus cukup jelas sehingga anak mengerti jalan ceritanya. Jadi jangan paksa anak membaca buku yang terlalu sulit untuknya karena tidak akan membawa keuntungan yang berarti bagi anak.

#Buku dengan bahasa baru
Buku yang memanfaatkan ritme dan irama sangat cocok untuk anak yang duduk di taman kanak-kanak (TK). Ritme dan irama membantu anak mempelajari bahasa baru dengan cara yang menstimulasinya dan menyenangkan baginya.

Cari Artikel Lainnya