Home » Kongkow » Ekonomi » Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

- Rabu, 17 November 2021 | 16:00 WIB
Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan diperlukan upaya pemerintah dalam mengembangkan semua aspek di dalamnya. Upaya pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif diantaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memberikan insentif para pelaku ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja baru, Memberikan Perlindungan Hukum Untuk Produk Ekonomi Kreatif, Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif dan meningkatkan investasi. Simak pembahasan berikut ini yah

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Upaya ini dimulai dengan menyediakan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah, kualitas para pengajar, penyesuaian penjurusan sekolah dengan kebutuhan industri, dan sebagainya. Diharapkan dengan adanya perbaikan dari hulu hingga ke hilir, pendidikan para anak bangsa akan semakin meningkat dan mampu bersaing dengan negara lainnya. 

Selain itu penting juga dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui peningkatan SDM adalah dengan mengadakan pelatihan. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang bertema ekonomi kreatif. 

Tujuan dari mengadakan pelatihan ini adalah untuk memberi pemahaman dan esensi tentang ekonomi kreatif, dan yang paling penting adalah untuk membekali para pelaku ekonomi kreatif agar dapat mengembangkan dan mempergunakan ide-ide mereka dengan benar dan terencana.

Baca juga: Bagaimanakah Konsep Ekonomi Kreatif di Indonesia?

2. Memberikan Intensif Pada Pelaku Usaha

Memberikan intensif merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Memberikan intensif ini berarti memberikan kemudahan akses, baik akses promosi, akses dana pengembangan, akses informasi trend terbaru, akses sarana dan pra sarana, akses pembangunan, dan sebagainya.

Dengan diberikannya intensif ini, maka pelaku ekonomi kreatif dapat dengan mudah mengembangkan usahanya dan bisa melakukan pengembangan berdasarkan konsep dan rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Orang-orang yang memberikan akses ini bisa pemerintah, orang yang membuka usaha di bidang ekonomi kreatif, serta pihak yang terlibat di dalamnya.

 

3. Memberikan Perlindungan Hukum Untuk Produk Ekonomi Kreatif

Produk ekonomi kreatif merupakan produk yang rawan pembajakan, karena produk produknya dihasilkan dari ide ide kreatif dan inovasi yang bersumber dari pengetahuan manusia. Maka dari itu pemerintah perlu melindungi pada seluruh produk produk yang dihasilkan oleh ekonomi kreatif.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Jenis, Manfaat dan kerugiannya

4. Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif

Roadmap ini sudah seharusnya disusun oleh pemerintah, agar ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan membawa Indonesia menuju arah yang maju dan berkembang, pembuatan roadmap ini sangat diperlukan. Menyiapkan roadmap ini dilakukan dengan cara menyusun program-program yang komprehensi.

Dengan menyusun roadmap ini, semua bagian dari mulai sumber daya manusia, pasar, modal, kualitas, serta desain dapat terbangun dan tergerak dengan tujuan yang jelas dan terarah untuk membangun ekonomi kreatif.

5. Meningkatkan investasi

Investasi yang masuk ke dalam sebuah negara sangat berarti untuk membantu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Penanaman modal dapat dimanfaatkan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur dan memajukan taraf hidup penduduk Indonesia. Sebagai masyarakat biasa kita bisa turut berkontribusi pada pembangunan negara.

Untuk menarik perhatian investor, pemerintah dapat melakukan strategi promosi usaha dari bidang bidang ekonomi kreatif yang dilakukan secara intensif.

Sumber : mridn.com
Cari Artikel Lainnya