Home » Kongkow » Geografi » Kondisi Penduduk, Kenampakan Alam, Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

Kondisi Penduduk, Kenampakan Alam, Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

- Selasa, 16 November 2021 | 16:06 WIB
Kondisi Penduduk, Kenampakan Alam, Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2 yang terdiri dari daratan dan perairan. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa satu pertiga dari daratan yang ada pada planet bumi diisi oleh benua satu ini.

Adapun daratan benua Asia terbentang dari daratan Afrika hingga Eurasia (Eropa-Asia) serta dari Terusan Suez, pegunungan Ural, dan Pegunungan Kaukasus. Sementara area perairan terdapat tiga perairan samudra luas yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik.

Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS. Secara geografis, Benua Asia diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika, juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik.

Sebagian besar Benua Asia terletak di belahan bumi utara, dan sebagian kecil terletak di belahan bumi selatan. Adapun batas-batas Benua Asia adalah sebagai berikut.

1) Utara: Samudra Arktika.

2) Timur: Samudra Pasifik, Selat Bering, dan Laut Bering.

3) Selatan: Samudra Hindia dan Australia.

4) Barat: Pegunungan Ural, Laut Merah, Laut Kelapa, Selat Bosphorus, dan Selat Dardanella.

5 Kelompok Pembagian Wilayah Benua Asia

Secara geografis, wilayah-wilayah di benua Asia terbagi menjadi 5 kelompok, yakni Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Asia Tengah. Lalu apa saja negara-negara yang termasuk ke dalam pembagian zona tersebut?

1. Asia Barat

Meski letaknya ada pada bagian barat benua Asia, namun wilayah Asia Barat sangat identik dengan sebutan wilayah Timur Tengah. Pasalnya negara-negara yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain Lebanon, Arab Saudi, Bahrain, Afghanistan, Yordania, Yaman, Oman, Qatar, Irak, Suriah, Iran, Turki, Israel, Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Siprus.

2. Asia Timur

Wilayah Asia timur mencangkup negara-negara yang ada di kepulauan samudera pasifik atau sebelah timur benua Asia. Adapun negara yang termasuk kelompok ini adalah negara Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Tiongkok/China, dan Taiwan.

3. Asia Selatan

Asia Selatan terdiri dari negara yang terletak di negara Himalayan seperti India, Nepal, Pakistan, Bhutan, Afganistan dan Bangladesh, juga sebagian samudera Hindia seperti Kepulawan Maladewa atau Maldive.

4. Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan kelompok yang ditempati oleh negara kita Indonesia. Selain Indonesia, negara lain yang termasuk bagian dari Asia Tenggara antara lain Malaysia, Singapura, Brunei, Filiphina, Timor Leste, Kamboja, Vietnam, Thailand, Laos dan Burma

5. Asia Tengah

Asia tengah merupakan bagian wilayah pecahan dari uni soviet atau Rusia seperti negara Azerbaijan, Uzbekistan, Mongolia, Kazakhstan, Tajikistan, Krgyzstan, Armenia dan Turkmenistan.

Bentuk Muka Bumi Benua Asia

Di sebagian besar wilayah Asia, ada iklim kontinental yang berhubungan dengan daratan luas dan kisaran suhu tahunan yang ekstrem. Bentang alam Benua Asia terdiri dari daratan tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir.

Berikut ini beberapa bentang alam Benua Asia.

1. Dataran tinggi

Secara fisik, Benua Asia berbentuk pegunungan-pegunungan besar seperti Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya, yaituh mount Everest(8.848 m). Lalu, disebelah barat terletak Pegunungan Hindukush yang berada di negara Afganistan dan Pakistan serta Pegunungan Kunlun di Cina.

Dari pegunungan tinggi, dataran tinggi di Asia melandai dan membentuk dataran-dataran tinggi atau plato seperti di India yaitu Dataran Tinggi Dekkan. Lalu ada pula Dataran Tinggi Tibet di Cina barat daya yang merupakan dataran tertinggi dan terluas di Asia. Dataran Tinggi Tibet terkenal dengan sebutan Atap Benua. Kemudian, di Turki terdapat Dataran Tinggi Anatoli. Selain itu di Asia Tenggara juga trerdapat beberapa dataran tinggi.

2. Dataran Rendah

a. Dataran rendah di Asia Utara: didominasi oleh Daratan Siberia yang dialiri oleh sungai Ob, Sungai Yenasai, Sungai Lena, Sungai Amur.

b. Dataran Rendah di Asia Timur: Dataran Rendah Cina Timur dimana terdapat aliran Singau Huang Ho(Sungai Kuning), Sungai Yang Tse Chiang, dan sungai Mekong di Cina Selatan yang bermuara di Indocina.

c. Dataran Rendah di Asia Tenggara: dialiri oleh sunga Menom(Chao Praya), Sungai Soluen, dan Sungai Irawadi. Dataran rendah terluas dan paling subur untuk daerah pertanian adalah Dataran Rendah Menom yang sebagian besar berada di wilayah negara Thailand.

d. Dataran Rendah di Asia selatan: Dataran Rendah Hindustan yang dialiri oleh Sunga Gangga dan anak sungainya Yamna. Sungai ini kemudian bergabung dengan Sungai Brahmaputa di bangladesh.

e. Dataran rendah di Asia Barat: Lembah Eufrat dan Tegris di Irak. Di Arab Saudi trerdapat Dataran rendah EI Hassa yang bayak terdapat smber minyak bumi.

Kondisi Penduduk Benua Asia

Benua Asia sendiri kerap dijuluki sebagai benua kuning, pasalnya mayoritas penduduknya berasal dari golongan atau ras mongoloid yang mempunyai karakteristik kulit kuning langsat. 

Berdasarkan komposisi ras, penduduk Asia terdiri dari tiga ras utama, yakni Mongoloid, Kaukasoid, dan Negroid. Adapun persebaran ketiga ras utama tersebut adalah sebagai berikut:

  • Asia Tengah dengan mayoritas penduduk ras Kaukasoid.

  • Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar penduduknya adalah ras Mongoloid.

  • Penduduk Asia Selatan bagian tengah didominasi ras Kaukasoid.

  • Penduduk Asia Selatan bagian selatan mayoritas penduduknya adalah ras Negroid.

  • Penduduk Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan, khususnya negara-negara di Semenanjung Arab, didominasi ras Negroid.

  •  Penduduk Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi ras Kaukasoid dan ras Negroid.

Berdasarkan indikator HDI, kualitas penduduk di Asia cukup bervariasi. Beberapa negara di Asia memiliki kualitas tinggi, sedangkan negara lainnya sedang dan rendah.

Jepang, Korea Selatan, Singapura, Tiongkok, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi tergolong sebagai kualitas penduduk yang tinggi. Indonesia sendiri termasuk kualitas sedang dan Nepal kategori rendah.

 

Demikian pembahasan lengkap mengenai Benua Asia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian ya otakers. 

Cari Artikel Lainnya