Home » Kongkow » Geografi » Kondisi Penduduk Negara Inggris

Kondisi Penduduk Negara Inggris

- Rabu, 10 November 2021 | 11:09 WIB
Kondisi Penduduk Negara Inggris

Inggris adalah salah satu negara yang berada di kawasan benua Eropa. Secara astronomis, wilayah Inggris terletak pada 50° LU-60° LU dan 8° BB-2° BT. Sedangkan secara geografis, wilayah Inggris berbatasan dengan beberapa wilayah berikut:

  1. Samudra Atlantik di sebelah utara.

  2. Irlandia dan samudra Atlantik di sebelah barat.

  3. Laut Utara di sebelah timur.

  4. Selat English Channel di sebelah selatan.

Inggris tergolong sebagai negara maju. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor berikut ini:

  1. Inggris memiliki pendapatan perkapita yang tinggi.

  2. Inggris memiliki kualitas pendidikan yang bagus.

  3. Inggris memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

  4. Inggris memiliki perkembangan IPTEK yang maju.

Baca juga: Letak Wilayah, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

Sebagian besar penduduk Inggris berasal dari ras kaukasoid. Penduduk asli Inggris terdiri dari 2 suku bangsa utama, yaitu

  1. Suku bangsa Kelt, yaitu terdiri dari penduduk Skotlandia, Irlandia, dan Wales.

  2. Suku bangsa Jerman, yaitu terdiri dari penduduk Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.

Pada tahun 2015, penduduk Inggris mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah. Sebagian besar tinggal di daerah perkotaan yang mencapai angka 80% dari jumlah penduduknya.

Kota London sebagai ibukota negara dihuni oleh sekitar 12% penduduk Inggris, sementara daerah bagian utara seperti Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara penduduknya jarang. Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok, yaitu Bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, dan Wales) dan Bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman).

Ras: Sebagian besar (87,2 %) penduduknya berkulit putih, sisanya berkulit hitam dan, Asia.

Bahasa: Bahasa yang digunakan secara resmi oleh penduduk Inggris tentu saja Bahasa Inggris.

Agama: Sebagian besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. Sisanya adalah pemeluk agama Islam, Yahudi, Hindu, Sikh, serta tidak beragama (atheis).

Perekonomian Negara Inggris

Inggris menerapkan sistem ekonomi pasar campuran; yang mengadopsi sebagian akbar prinsip-prinsip pasar bebas sama sekali, namun tetap mempertahankan infrastruktur kesejahteraan soaial. Mata uang formal di Inggris adalah pound sterling 

Inggris pada dasarnya adalah sebuah negara industri. Namun, semenjak tahun 1970-an terjadi penurunan dalam sektor-sektor industri berat dan manufaktur, dan terjadi peningkatan dalam sektor industri kelakuan yang berguna. Sektor pariwisata juga menjadi andalan untuk perekonomian Inggris. Sektor ini menarik jutaan wisatawan mancanegara ke Inggris setiap tahunnya.

Ekspor Inggris didominasi oleh obat-obatan, mobil (meskipun sebagian akbar perusahaan otomotif Inggris seperti Rolls-Royce, Lotus, Jaguar dan Bentley ketika ini dipunyai oleh asing), minyak mentah yang dihasilkan dari penambangan minyak di Laut Utara, mesin pesawat, serta minuman beralkohol. 

Sektor pertanian sudah paling intensif dan termekanisasi. Sektor ini memproduksi sekitar 60% untuk kebutuhan konsumsi dan menyerap sekitar 2% tingkatan kerja di Inggris. Dua pertiga produksi dikhususkan kepada sektor peternakan, selebihnya kepada pertanian.

 

Credits Photo: Quotesgram.com

Cari Artikel Lainnya