Home » Kongkow » Fisika » Kamera Sebagai Alat Optik Beserta Bagian-bagiannya

Kamera Sebagai Alat Optik Beserta Bagian-bagiannya

- Kamis, 16 September 2021 | 11:09 WIB
Kamera Sebagai Alat Optik Beserta Bagian-bagiannya

Kamera adalah alat optik yang dapat merekam kejadian atau benda dalam bentuk gambar. Cara kerja kamera mirip dengan cara mata bekerja.

Pada kamera analog, bayangan dibentuk oleh lensa kamera ditangkap oleh film kamera. Di dalam bagian film kamera terdapat zat kimia tertentu yang peka terhadap cahaya.

Cahaya yang sampai pada film kamera akan membentuk bayangan sesuai dengan objek yang diamati. Hal ini kemudian menyebabkan zat kimia pada film juga membentuk bayangan yang sama.

Prinsip kerja pada kamera digital juga hampir serupa. Cahaya yang masuk melalui lensa kamera difokuskan supaya dapat ditangkap oleh sensor cahaya. Kemudian, sensor bahaya ini memilah cahaya berdasarkan komponennya dan mengubahnya menjadi informasi digital.

Bagian-bagian kamera dan fungsinya

Bagian-bagian kamera merupakan komponen penyusun penyusun setiap kamera. Sehingga kamera dapat bekerja dengan baik. bagian dari kamera dapat di lihat sebagai berikut :

- Lensa Cembung, bagian kamera penyusun kamera yang pertama adalah lensa cembung. Lensa cembungpada kamera memiliki fungsi membiaskan cahaya yang masuk kedalam kamera sehingga terbentuk bayangan yang nyata, terbali dan diperkecil.

- Diafragma merupakan lubang kecil yang terdapat pada kamera. Diagfragma memiliki fungsi untuk mengatur cahaya yang masuk ke kamera yang melewati lensa dengan cara mengatur besar dan kecilnya diagfragma tersebut.

- Apertur merupakan bagian dari kamera yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya diagfragma.

- Pelat film merupakan bagian dari kamera yang memiliki fungsi sebagai tempat bayangan dan menghasilkan gambar negatif yang merupakan gambar yang tidak sama dengan gambar aslinya dan memiliki sifat tembus cahaya.

- Kaca prisma merupakan bagian dari kamera berfungsi membelokkan cahaya dari lensa supaya dapat dilihat oleh mata.

- Cermin merupakan bagian kamera berfungsi untuk memindahkan cahaya dari menuju mata ke menuju pelat film.

- Shutter bagian kamera yang membuat cahaya melewati lensa dalam waktu singkat.

Persamaan kamera sama dengan Persamaan lensa cembung karena menggunakan lensa cembung dalam mengambil gambar. Dalam kamera biasanya kita sering ditanyakan tentang jarak benda dan pembesaran benda dan jarak fokus kamera.

Baca juga : Pengertian Lensa Cembung (Rumus dan Sifat Bayangan)

Demikian ulasan mengenai kamera sebagai salah satu alat optik. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini dapat bermanfaat yah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya