Home » Kongkow » Kimia » Sifat dan Kegunaan Asam Klorida

Sifat dan Kegunaan Asam Klorida

- Senin, 07 September 2020 | 16:35 WIB
Sifat dan Kegunaan Asam Klorida

Asam klorida adalah larutan gas hidrogen klorida berbasis air atau encer. Ini juga merupakan komponen utama asam lambung, asam yang diproduksi secara alami di perut manusia untuk membantu mencerna makanan. Asam klorida juga diproduksi secara sintetis untuk berbagai aplikasi industri dan komersial, dan dapat dibentuk melalui sejumlah proses pembuatan, termasuk melarutkan gas hidrogen klorida dalam air.

Rumus dan struktur

Rumus kimia untuk asam klorida adalah HCl, dan berat molekulnya adalah 36,47 g / mol. Ini adalah larutan hidrogen klorida dalam air, dan HCl digunakan secara sinonim baik untuk bentuk gas maupun larutan berair. HCl adalah molekul diatomik sederhana, dengan ikatan kovalen terpolarisasi antara atom hidrogen dan atom klorin elektronegatif.

Kelimpahan

Asam klorida adalah penyusun utama asam lambung alami di perut kita.

Sifat-sifat

Asam klorida adalah larutan gas HCl dalam air. Kelarutan gas HCl ini dalam air dapat mencapai 450 liter per liter air pada suhu 0 oC dan tekanan 1 atmosfer. Gas HCl tidak berwarna, membentuk kabut jika terkena udara lembab, baunya sangat menusuk dan sangat asam. Udara yang mengandung 0,004 % gas tersebut dapat membu.nuh.

Asam klorida pekat yang murni berupa cairan tidak berwarna, sedangkan yang teknis berwarna agak kuning karena mengandung feri. Asam klorida pekat memiliki massa jenis 1,19 dan memiliki kadar sebesar 38%. Asam klorida adalah asam yang sangat kuat, dapat melarutkan hampir semua logam, termasuk Pb pada kondisi panas, kecuali logam-logam mulia.

Sifat fisik

Asam klorida adalah larutan bening, tidak berwarna dan memiliki bau yang sangat menyengat. Ini tersedia dalam banyak konsentrasi yang berbeda di dalam air, sehingga sifat fisiknya yang tepat (titik didih, titik leleh dan kepadatan) bervariasi.

Tingkat pekat (asam klorida berasap) sekitar 38% HCl dalam air. Kelas industri HCl sekitar 30% sampai 35%, sedangkan kelas komersial (asam muriatic) antara 20% dan 32%. Larutan pembersih rumah tangga dari HCl biasanya 10% sampai 12%, tetapi ini masih membutuhkan pengenceran lebih lanjut sebelum digunakan.

Sifat kimia

HCl adalah asam monoprotik yang kuat, yang berarti hanya dapat melepaskan satu ion H + (proton). Menjadi asam kuat, ia terdisosiasi sepenuhnya dalam air menghasilkan ion hidronium dan klorida. Ini mudah bereaksi dengan basa untuk membentuk garam klorida. HCl pekat melarutkan banyak logam dan membentuk klorida logam teroksidasi dan gas hidrogen. HCl encer dapat memecah atau mencerna banyak sampel kimia dan biologi.

Pembuatan

Ini dibuat dengan melarutkan hidrogen klorida dalam air. Hidrogen klorida biasanya dihasilkan sebagai produk sampingan dari produksi skala industri bahan kimia lainnya. Ini juga disiapkan secara industri dengan pembakaran hidrogen dalam klor. Konsentrasi HCl yang tinggi sulit dibuat karena penguapan.

  1. Menurut cara Leblanc, HCl dapat dibuat dengan memanaskan hablur NaCl dengan asam sulfat pekat.
    NaCl(s) + H2SO4(l) → NaHSO4 + HCl(g) (pada suhu sedang)
    2 NaCl(s) + H2SO4(l) → Na2SO4 + 2HCl(g) (pada suhu tinggi)
  2. Dari unsur-unsurnya pada suhu tinggi (600 oC), dilakukan dalam pipa kwarsa yang dipanaskan.
    Cl2 + H2 → 2 HCl
  3. Dari kokas yang dipijarkan dialiri gas klor dan uap air panas (900 oC)
    2 H2O + 2 Cl2 + C → 4 HCl + CO2

Kegunaan

Asam klorida memiliki banyak kegunaan industri, seperti dalam produksi berbagai klorida, plastik (seperti PVC dan poliuretan), pupuk, dan pewarna. Ini juga digunakan dalam industri fotografi, tekstil, dan karet, serta dalam produksi gelatin, pengolahan kulit dan produk pembersih rumah tangga.

Di laboratorium digunakan sebagai pengasam, menurunkan pH, penetral basa, membuat gas klor, gas karbon dioksida dan membuat garam-garam klorida (FeCl3, CaCl2, KCl dan sebagainya).

Dalam aneka industri digunakan dalam pembuatan cat celup, hidrolisis pati menjadi glukosa, dekstrin, membersihkan logam yang akan dilapisi.

Produksi Baja

Asam klorida digunakan dalam operasi pengawetan untuk menghilangkan karat dan kotoran lainnya dari karbon, paduan dan baja tahan karat, untuk mempersiapkan baja untuk aplikasi akhir dalam proyek bangunan dan konstruksi, dan dalam produk seperti badan mobil dan peralatan rumah tangga. Ini juga digunakan dalam aplikasi etsa aluminium dan pembersihan logam.

Pembersih Rumah Tangga

Asam klorida dapat menjadi bahan pembersih rumah tangga seperti pembersih toilet, pembersih ubin kamar mandi, dan pembersih porselen lainnya, karena sifat korosifnya yang membantu membersihkan noda membandel.

Sanitasi Kolam

Asam klorida digunakan sebagai bahan kimia perawatan kolam renang, untuk membantu menjaga pH yang optimal di dalam air.

Produksi dan Pengolahan Pangan

Industri makanan menggunakan asam klorida untuk mengolah berbagai produk makanan, seperti sirup jagung yang digunakan dalam minuman ringan, biskuit, kerupuk, saus tomat, dan sereal. Asam klorida juga digunakan sebagai pengasaman dalam saus, jus sayuran, dan makanan kaleng, untuk membantu meningkatkan rasa dan mengurangi pembusukan.

Produksi Kalsium Klorida

Ketika asam klorida dicampur atau direaksikan dengan batu kapur, ia menghasilkan kalsium klorida, sejenis garam yang digunakan untuk menghilangkan es pada jalan raya. Kalsium klorida juga memiliki kegunaan dalam produksi makanan sebagai zat penstabil dan zat pengencang, misalnya dalam makanan yang dipanggang, serta digunakan sebagai antimikroba.

Penggunaan Tambahan

Asam klorida digunakan dalam produksi baterai, bohlam lampu kilat, dan kembang api. Ini juga digunakan dalam pengolahan kulit, bangunan dan konstruksi, pengasaman sumur minyak dan menghasilkan produk gelatin

Bahaya kesehatan / efek kesehatan

HCl sangat korosif pada mata, kulit, dan selaput lendir. Kontak kulit menyebabkan luka bakar dan jaringan parut yang parah. Menghirup asapnya bisa menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan saluran pernafasan. Menelan asam menyebabkan kerusakan jaringan pada selaput lendir, kerongkongan, dan lambung.

Cari Artikel Lainnya