Home » Kongkow » Catatan » Al-Idrisi, Ilmuwan Muslim Pencetus Peta Dunia Pertama

Al-Idrisi, Ilmuwan Muslim Pencetus Peta Dunia Pertama

- Rabu, 19 Oktober 2016 | 14:19 WIB
Al-Idrisi, Ilmuwan Muslim Pencetus Peta Dunia Pertama

Muhammad Al-Idrisi, ilmuwan muslim yang pernah lahir pada 1100 merupakan pakar geografi dan pencipta peta dunia pertama. Al-Idrisi lahir di kota Afrika Utara, Ceuta dan wafat pada 1160 di Sisilia.

Al-Idrisi memadukan pengetahuan dari Afrika, Samudera Hindia, dan Timur yang dikumpulkan para penjelajah serta pedagang Islam dalam bentuk peta Islam. Ia membuat peta paling akurat di dunia pada masa pramodern.

Peta Tabula Rogeriana yang dibuat oleh Al-Idrisi pada 1154 untuk Raja Normandia Roger II dari Sisilia. Peta tersebut menampilkan daratan Eurasia secara keseluruhan dan sebagian kecil bagian utara benua Afrika dengan sedikit detail pada Tanduk Afrika dan Asia Tenggara.

Al-Idrisi menginspirasi pakar geografi Islam seperti Ibnu Batutah, Ibnu Khaldun, Piri Reis dan Barbary Corsairs. Petanya juga menginspirasi Christopher Columbus dan Vasco Da Gama.

Peta yang dibuat Al-Idrisi merupakan peta detail dan mengesankan yang pernah dikenal dalam ilmu geografi dan seni menggambar peta (cartography) pada masanya. Peta Al-idrisi dilandaskan pengetahuan yang solid akan bentuk Bumi yang bulat.

 

Cari Artikel Lainnya