Home » Materi » Bahasa Indonesia » Pengertian dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Pengertian dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia

- Senin, 06 Juni 2022 | 13:00 WIB
Pengertian dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia adalah hak yang didapatkan seseorang sejak lahir. Hak asasi manusia tidak dapat diambil atau diserahkan kepada orang lain. Berikut pengertian dan macam-macam hak asasi manusia.

Oleh Dwi Latifatul Fajri 24 Desember 2021, 17:17 ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO Hak Asasi Manusia Adalah Hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang dimiliki setiap manusia di seluruh dunia, tanpa memandang suku, bangsa, ras, agama, dan status sosial. HAM berkaitan dengan hak umat manusia sejak lahir. Salah satu ciri-ciri HAM yaitu tidak dapat dicabut dan dibagi. Setiap orang berhak mendapatkan hak seperti hak sipil, politik, ekonomi, dan sosial budaya.

HAM juga tidak bisa diserahkan kepada orang lain. Pengertian Hak Asasi Manusia Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir, sebagai anugerah Tuhan. Berdasarkan Undang-undang no. 39 tahun 1999, pengertian HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia. Pengertian HAM menurut menurut Mukadimah Universal Declaration of Human Right (Deklarasi Universal HAM) tahun 1948, menjelaskan setiap orang punya hak yang sama untuk memperoleh kebebasan, keadilan, dan perdamaian dunia. Advertisement

Pengertian HAM Menurut Para Ahli Mengutip dari buku Hak Asasi Manusia: Filosofi, Teori, dan Instrumen Dasar berikut pengertian hak asasi manusia menurut para ahli: Adnan Buyung Nasution HAM adalah hak yang tidak dapat dilenyapkan dari manusia. Hak ini merupakan hak yang melekat dalam diri manusia. Hak yang dimiliki manusia telah diperoleh dan dibawa bersama dengan kelahiran di dunia. recommended by MABREM Dari 169 cm Hingga 175 cm Dalam 2 Bulan: Metode Peninggi Badan! PELAJARI LEBIH The top 5 reef-safe sunscreens for 2022 Desire Fans Scheltens HAM adalah hak yang diperoleh seseorang dan sifatnya universal. Adapun hak yang diperoleh seseorang karena dia menjadi warga dari suatu negara disebut sebagai hak dasar.

Frans Magnis Suseno HAM adalah hak yang dipunya oleh manusia, bukan diberikan kepada masyarakat. Jack Donnelly Hak asasi manusia merupakan hak setiap orang yang setara, tidak dapat dicabut, dan bersifat universal. Mashood A. Baderin HAM adalah hak semua manusia yang setara. Kita layak dianugerahi hak-hak itu semata-mata karena kita manusia.
 

Cari Artikel Lainnya