Home » Materi » Tahukah Kamu » Mabuk Perjalanan Saat Berkendara, Ini Sebabnya

Mabuk Perjalanan Saat Berkendara, Ini Sebabnya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 07:00 WIB
 Mabuk Perjalanan Saat Berkendara, Ini Sebabnya

Anda pasti pernah merasakan pusing hingga mual-mual seperti mau muntah saat berkendara dalam perjalanan. Hal itu biasa disebut dengan mabuk perjalanan.
Menurut seorang ahli neuroscience, mabuk perjalanan disebabkan otak mengirimkan sinyal bahwa tubuh sedang mengalami keracunan. Akibatnya timbul rasa mual karena tubuh menerjemahkan sinyal tersebut.

Seperti dilansir laman Telegraph, otak mengalami kebingungan ketika Anda sedang berkendara sehingga mengirimkan sinyal yang berbeda-beda.
Karena meskipun sedang duduk diam berkendara, mata Anda mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sedang bergerak sehingga cairan yang menyeimbangkan sensor pada bagian telinga terguncang dan memicu timbulnya gerakan.

"Satu-satunya penyebab kesalahan sensor tersebut adalah adanya racun di dalam tubuh sehingga otak mengira bahwa tubuh sedang mengalami keracunan dan tubuh segera mereaksinya dengan mengeluarkan racun tersebut (muntah)," ujar ahlineuroscience, Dean Burnett.

Dr Dean menambahkan, kebiasaan membaca hanya akan memperparah kondisi mabuk selama perjalanan. Menurut dia, untuk mengatasi mabuk perjalanan, sebaiknya Anda melihat ke luar jendela dan fokus melihat pemandangan di sekitar.
"Membaca memperparah kesalahan sensor dalam otak karena ketika membaca otak tidak memiliki informasi visual yang akan membuatnya melupakan rasa mabuk."

Cari Artikel Lainnya