Home » Kongkow » Materi » Kelebihan dan Kekurangan Dari GPRS

Kelebihan dan Kekurangan Dari GPRS

- Kamis, 24 Desember 2020 | 16:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Dari GPRS

Bagi Anda yang memiliki ponsel, pasti sudah familiar dengan teknologi yang disebut GPRS atau biasa disebut jaringan 2G. Tentu, secara struktural, GPRS merupakan salah satu jenis layanan yang biasanya tersedia di tingkat jaringan. Biasanya orang saat ini sudah mulai meninggalkan GPRS karena beberapa alasan.

Anda mungkin juga salah satu dari orang-orang yang meninggalkan teknologinya. Tapi tunggu dulu, nyatanya teknologi masif ini banyak digunakan oleh banyak orang.

Mengapa begitu? Buat itu diketahui, mari kita bahas apa kelebihan dan kekurangan GPRS, agar banyak orang tetap menggunakannya meski perlahan mulai ditinggalkan oleh beberapa kelompok masyarakat global.

GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service, yang merupakan layanan seluler berdasarkan paket data untuk sistem teknologi komunikasi 2G dan 3G dalam lingkup sistem GSM atau Global System for Mobile Communications.

Sejarah, layanan ini awalnya distandarisasi oleh European Telecommunications Standards Institute atau ETSI, namun sampai saat ini partai yang mengatur teknologi ini adalah 3GPP atau 3rd Generation Partnership Project. Lihat juga: Sejarah Jaringan Komputer

Dalam jaringan GPRS, pelanggan akan dikenakan pada setiap volume data yang digunakan. Berbeda dengan sistem data sirkuit switced, yang mengenakan tarif pada pelanggan dalam jangka waktu yang mereka akses layanan.

Dalam sistem GPRS ini, latensi dan kecepatan bisa berubah tergantung berapa banyak pengguna yang menggunakan jaringan secara bersamaan. Berbeda dengan sistem switching circuit yang diklaim akan selalu menghasilkan kecepatan yang stabil tidak peduli berapa banyak pengguna yang mengakses jaringan.

Dalam jaringan 2G, sistem GPRS memungkinkan kecepatan transfer data sekitar 56-114 kbit / detik. Seringkali sistem GPRS yang digunakan dengan jaringan 2G ini juga disebut sistem 2.5G yang menunjukkan tingkat teknologi yang berada di antara jaringan 2G dan jaringan 3G.

Dengan menggunakan sistem ini, memungkinkan tingkat transfer data yang relatif lebih baik dengan menggunakan saluran TDMA yang tidak terpakai dalam sistem GSM. Jaringan GSM versi 97 keatas sudah memiliki GPRS terintegrasi di dalamnya.

Dengan sistem GPRS, memungkinkan ponsel dengan jaringan 2G, 3G, dan WCDMA dapat mengirim paket data ke jaringan data eksternal seperti jaringan internet.

Sebagai bagian dari jaringan GSM secara keseluruhan, GPRS menawarkan beberapa layanan yang sebelumnya tidak dimiliki oleh sistem data circuit switched pada GSM:

- Pengiriman dan penyiaran SMS
- Akses internet bisa berdiri setiap saat
- Pesan multimedia atau MMS
- PoC atau Push-to-talk melalui seluler
- Akses internet untuk perangkat pintar melalui protokol aplikasi nirkabel atau yang lebih sering disebut WAP
- Layanan point-to-point (P2P)

- Layanan point-to-multipoint (P2M)
dan beberapa fitur layanan lainnya yang dapat dimanfaatkan pelanggan.

Kelebihan GPRS

a. Kecepatan SMS lebih cepat, sekitar 30 pesan per menit dibandingkan GSM standar yang hanya mencapai 6 sampai 10 pesan per menit.

b. Mendukung Ipv4 atau protokol Internet versi 4 alamat sistem. Pada saat kemunculannya, Ipv6 belum begitu familiar sehingga tidak didukung oleh jaringan GPRS

c. Mendukung protokol PPP yang bisa digunakan untuk menjadikan ponsel sebagai modem

d. Kecepatan transfer data pada jaringan GPRS mencapai hingga 171,2 kbps. Kecepatan yang melebihi biasa dial up.

e. Pengguna bisa menggunakan jaringan GPRS untuk mengakses rangkaian LAN yang terhubung ke jaringan internet. Bisa digunakan untuk mendownload dan mengunggah file seperti musik, lagu, dokumen terenkripsi, dan sebagainya, dengan waktu yang relatif lama tergantung ukuran file dan juga keadaan jaringan pada saat penggunaan.

f. Bisa digunakan untuk akses email.

g. Biaya yang dikenakan pada jaringan GPRS biasanya lebih murah bila dibandingkan dengan jaringan lain

h. Cakupan atau keterjangkauan sangat luas, terutama di Indonesia kebanyakan operator masih menggunakan jaringan GPRS untuk lokasi terpencil atau jauh dari pusat kota dan sejenisnya.

i. Sudah mendukung jaringan yang selalu bisa dihubungkan (secara teoritis) dengan menggunakan sistem seperti di bawah ini:

  • Packet Control Unit (PCU): Komponen pengontrol pada tingkat BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.
  • Melayani GPRS Support Node (SGSN): Sistem yang berfungsi sebagai jaringan BSS / BTS yang menghubungkan gateway ke jaringan GPRS yang dapat diakses pengguna melalui telepon genggamnya. Komponen ini juga berfungsi untuk mengirimkan paket data ke MS, memperbarui pelanggan ke HLR, dan mendaftarkan pelanggan baru.
  • Gateway GPRS Support Node (GGSN): Sistem yang berfungsi sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan jaringan GPRS ke Internet. Fungsi komponen ini adalah sebagai penghubung ke Public Data Network, informasi routing, screening jaringan, user screening, dan juga mapping network interface address.


Kekurangan GPRS

a. Rata-rata perangkat yang digunakan untuk mengakses hanya jaringan GPRS biasanya tidak memiliki fitur yang canggih

b. Kecepatan riil atau kecepatan maksimum asli ternyata lebih rendah dari yang dijanjikan secara teoritis

c. GPRS memiliki modulasi yang tidak stabil

d. Konek GPRS terkadang bisa diputuskan dengan sendirinya

e. Tidak mendukung panggilan video

f. Tidak mendukung VoLTE atau voice over LTE yang memiliki kualitas suara sangat jernih saat membuat ponsel melalui jaringan LTE

g. Kecepatan transfer relatif rendah bila dibandingkan dengan jaringan lain seperti 3G, HSDPA, atau 4G

h. Tidak memberikan pengalaman pengguna yang baik jika pengguna sangat menginginkan akses internet yang cepat, stabil, dan murah

i. Tidak cocok untuk bermain game online karena latency yang hebat dan kecepatannya yang lambat

j. Tidak cocok untuk video streaming karena latensinya yang besar dan kecepatannya terbatas

Nah, itu beberapa kelebihan dan kekurangan GPRS. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari GPRS ini maka anda bisa memilih lebih bijak apakah anda akan menggunakan jaringan GPRS untuk kehidupan sehari-hari atau tidak.

Jika ingin kecepatan dan kestabilan mengakses jaringan internet, maka tentunya Anda lebih baik menggunakan jaringan 3G atau 4G. Sementara jika Anda ingin hanya menelepon atau mengirim SMS dengan keluarga atau rekan kerja Anda, maka jaringan 2G juga cukup.

Cari Artikel Lainnya