Home » Kongkow » Materi » Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya!

Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya!

- Kamis, 14 Januari 2021 | 19:00 WIB
Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya!

CPU adalah perangkat keras komputer yang memiliki beberapa komponen penting yang terbagi menjadi beberapa macam, Namun sebelum mengetahui komponen CPU ini. Alahkah baiknya kita memahami dulu apa itu CPU?

Komponen CPU dan fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Unit Kontrol (Control Unit)

Komponen CPU yang pertama adalah Unit Kontrol. Unit Kontrol ini merupakan komponen CPU yang berfungsi mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol sebuah komputer sehingga memungkinkan terjadinya sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.

Selain itu Kontrol Unit bertanggunag jawab dalam mengambil intruksi-intruksi dari memori utama (RAM) & memastikan apa saja jenis instruksi tersebut. 

Apabila ada instruksi untuk rumus aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kontol dapat mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dipindah oleh unit kontrol ke RAM lagi untuk disimpan, dan pada  saatnya dapat disiapkan ke fasilitas output. Simpulnya fungsi dan tugas unit kontrol adalah sebagai berikut:

a. Mengatur dan mengendalikan perangkat input dan output.
b. Membawa instruksi-instruksi dari memori utam (RAM).
c. Membawa data dari RAM (apabila digunakan) untuk diproses.
d. Mengirim instruksi ke ALU apabila ada rumus aritmatika atau perbandingan logika pula memantau kerja dari ALU.
d. Menyimpan hasil proses ke RAM.

2. Register

Komponen CPU yang kedua adalah Register. Register adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses cukup tinggi, yang berfungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, Umumnya digunakan hanya untuk menaruh data ketika data tersebut diolah maupun data untuk pengolahan setelah itu. 

Dengan Cara analogi, register ini dapat di ibaratkan sebagai ingatan di otak. Jika kita menjalankan pengolahan data dengan cara manual, maka otak akan diibaratkan seperti CPU, yg berisi ingatan-ingatan, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki area untuk melaksanakan rumus dan perbandingan logika. 

3. ALU atau Aritmatika logika Unit

Komponen CPU yang ketiga adalah ALU (Aritmatika logika Unit). ALU (Aritmatika logika Unit) adalah komponen CPU yang bertugas untuk menjalankan operasi aritmetika dan juga operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan.

ALU sering juga di sebut mesin bahasa dikarenakan ALU mempunyai dua bagian, yakni unit  arithmetika dan unit logika yang masing-masing mempunyai spesifikasinya pekerjaan tersendiri.

Fungsi utama dari ALU adalah melaksanakan semua rumus aritmatika yg berjalan tepat dengan instruksi program. ALU dapat menjalankan seluruh operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan maka sirkuit elektronik yang di gunakan disebut dengan adder.

Tugas lain dari ALU adalah melaksanakan ketentuan dari satu buah operasi logika yang sesuai dgn instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dgn menggunakan operator logika tertentu.

Cari Artikel Lainnya