Home » Kongkow » Materi » Apa Sih Hubungan Badan keton dan Metabolisme Urin? Yuk Kita Cari Tahu!

Apa Sih Hubungan Badan keton dan Metabolisme Urin? Yuk Kita Cari Tahu!

- Senin, 07 Desember 2020 | 19:00 WIB
Apa Sih Hubungan Badan keton dan Metabolisme Urin? Yuk Kita Cari Tahu!

Badan keton juga disebut badan aseton atau hanya keton adalah salah satu dari tiga senyawa yang dihasilkan bila hati memetabolisme asam lemak. Ketiga jenis badan keton – asam asetoasetat, asam beta-hidroksibutirat, dan aseton – dilepaskan ke dalam aliran darah setelah metabolisme terjadi.

Asam asetoasetat dan asam beta-hidroksibutirat digunakan untuk bahan bakar otak dan otot, tapi tubuh tidak dapat memecah aseton dan karena itu mengeluarkannya dalam urin. Aseton atau badan keton berlebih dalam darah dan urin dapat menjadi tanda dari penyakit metabolisme yang serius, dan dokter sering menggunakan pengukuran badan keton sebagai alat dalam diagnosis penyakit tersebut.

Pada individu sehat, tubuh menggunakan metabolisme karbohidrat sebagian besar untuk bahan bakar sel-sel. Jika karbohidrat yang memadai tidak tersedia, seperti selama kelaparan ekstrim, tubuh mulai metabolisme lemak menjadi badan keton untuk menyediakan bahan bakar yang diperlukan. Tingginya kadar keton dalam urin, suatu kondisi yang disebut ketonuria, menunjukkan bahwa tubuh menggunakan sebagian besar lemak untuk energi.

Kondisi lain yang akan menghasilkan peningkatan kadar badan keton adalah diabetes Tipe I – bentuk parah dari diabetes mellitus. Orang dengan diabetes mellitus tidak dapat memetabolisme glukosa secara efisien, biasanya karena insulin tidak cukup atau resistensi insulin. Tubuh mereka akan mulai metabolisme lemak dan protein untuk menebus kekurangan glukosa yang tersedia untuk energi.

Ketika dokter menduga diabetes, salah satu hal pertama yang mereka akan memeriksa kelebihan keton dalam urin. Dilakukan dengan dipstick urin sederhana, uji cepat dapat memberitahukan dokter untuk gangguan metabolisme seperti diabetes. Tingginya kadar keton juga dapat menyebabkan seseorang untuk memiliki aseton atau bau buah pada napas mereka. Pemeriksaan lebih lanjut kadar glukosa darah dapat mengkonfirmasi penyakit. Tes urine keton juga berguna dalam membantu pasien diabetes mempertahankan diet yang tepat dan pengobatan untuk kontrol optimal dari penyakit.

Ketonuria dapat membantu sinyal kemungkinan komplikasi selama puasa ekstrim atau diet, atau selama kehamilan. Pengujian wanita hamil adalah penting karena telah ketonuria mungkin dikaitkan dengan beberapa kematian janin. Dokter juga menskrining pasien akut sakit dan pasien yang sedang mempersiapkan untuk operasi untuk indikasi kemungkinan masalah metabolisme.

Kehadiran keton dalam darah atau urine tidak hanya sinyal dari masalah metabolisme. Keton sendiri dapat berbahaya pada tingkat tinggi. Tanpa pengobatan, tingkat yang sangat tinggi keton dalam darah dan urin dapat menurunkan pH darah dan menyebabkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Hal ini terjadi paling sering pada orang dengan diabetes mellitus yang tidak terkontrol dan diperburuk ketika kadar glukosa darah tinggi, yang disebabkan oleh kekurangan insulin yang tersedia, lebih lanjut mengasamkan darah. Ketoasidosis dapat menyebabkan ketoacidic koma atau kematian.

Cari Artikel Lainnya