Home » Kongkow » Materi » Sistem Peredaran Darah pada Burung

Sistem Peredaran Darah pada Burung

- Senin, 27 November 2017 | 14:00 WIB
Sistem Peredaran Darah pada Burung

Aves adalah Kelas di Subphylum Vertebrata dari Filum Chordata, sehingga mereka memiliki semua karakteristik dari kedua kelompok ini di samping yang berikut ini:

1.       Kulit tahan air ditutupi bulu
2.       Endotermik, berdarah panas
3.       telur keras yang tahan air (cleidoic – ditutup telur)
4.       Paruh atau pelatuk daripada gigi

5.       Bipedal (berjalan dengan dua kaki saja)
6.       Lengan depan berkembang menjadi sayap

Sebagian besar anggota telah beradaptasi untuk penerbangan dengan lengan depan yang dimodifikasi sebagai sayap dan banyak fitur penghematan berat seperti tulang berongga

  • Kerajaan – Animalia
  • Filum – Chordata
  • Subphylum – Vertebrata
  • Kelas – Aves

Ada lebih banyak spesies burung dari dari setiap lain kelas vertebrata. Mereka ditemukan di seluruh dunia dari mulai Arktik sampai Antartika dan semua daerah di antara mereka. Fakta mereka bisa terbang dan terbang keluar lagi berarti bahwa mereka mampu untuk melakukan kunjungan singkat ke banyak tempat untuk mengambil keuntungan dari pasokan makanan musiman yang sulit dilakukan hewan lain. Mereka mampu memanfaatkan kondisi lingkungan yang keras dengan bermigrasi ke daerah lain.

Burung merupakan hewan yang paling baru berkembang dari kelas vertebrata, dengan fosil tertua sekitar 160 juta tahun. Mereka dianggap sebagai keturunan modern dari dinosaurus, menjadi satu-satunya jalur evolusi langsung yang selamat dari peristiwa kepunahan yang menyapu semua dinosaurus lain sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Sistem peredaran darah

Jantung burung dan mamalia memiliki empat ruang yang sudah terpisah sempurna. Dengan demikian, telah terjadi pemisahan yang sempurna antara darah kaya CO2dan darah yang kaya O2. Darah burung berbentuk oval dengan inti sel, dan hemoglobin yang terkandung dalam protoplasma sel darahnya. Dari bilik kiri, darah akan mengalir lewat arteri yang bercabang tiga.

Dua arteri bercabang-cabang lagi untuk menyuplai darah ke kepala dan organ-organ di tubuh bagian depan, serta otot-otot terbang. Satu arteri menyuplai darah ke anggota badan bagian belakang. Sementara itu, pembuluh balik (vena) pada burung dapat dibedakan atas vena cava superior (yang membawa darah dari tubuh bagian atas) dan vena cava inferior (yang membawa darah dari tubuh bagian bawah).

Dari sistem vena tersebut, darah masuk ke serambi kanan dan bilik kanan. Dari bilik kanan, darah dipompakan ke paru-paru lewat arteri pulmonalis, dan kembali ke bilik kiri melalui vena pulmonalis. Aves, Mammalia, Reptilia, dan Amphibia memiliki sistem peredaran darah ganda karena dalam perjalanannya, darah dua kali melewati jantung. Pada cacing dan serangga, darah hanya satu kali melewati jantung, disebut sistem peredaran darah tunggal.

Cari Artikel Lainnya