Home » Kongkow » Religi Islam » Mendekati Akhir Ramadhan Jangan Lupa Membayar Zakat

Mendekati Akhir Ramadhan Jangan Lupa Membayar Zakat

- Rabu, 21 Juni 2017 | 10:30 WIB
Mendekati Akhir Ramadhan Jangan Lupa Membayar Zakat

Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari. Salah satu amalan penyempurna ibadah puasa kita adalah zakat fitrah. Selain menyempurnakan ibadah, zakat fitrah juga berfungsi untuk menyucikan diri kita dari dosa-dosa.

Setiap umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, "Rasulullah mewajibkan zakat fitrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum terhadap hamba dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan dan anak-anak dan dewasa dari kaum muslimin dan diperintahkannya agar mengeluarkan zakat fitrah sebelum orang-orang berangkat menunaikan salat".

Zakat fitrah akan dianggap sah apabila dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri. Sesuai hadis riwayat Abu Daud, "Ibni Abbas berkata, Nabi mewajibkan zakat fitrah untuk ‎menyucikan orang yang puasa dari lahan dan rofas serta ‎menjadikan makanan bagi orang miskin. Barang siapa yang ‎mendatangkan zakat sebelum salat, maka zakat tersebut di‎terima, dan barang siapa yang mendatangkan zakat sesudah ‎salat, maka akan seperti sedekah biasa seperti umumnya ‎sedekah."

Untuk itu, alangkah pentingnya untuk menyiapkan zakat fitrah dari sekarang dan segera menyerahkannya ke masjid terdekat agar zakat kita menjadi sah dan amalan kita diterima oleh Allah Subhanahuwata Ala.

Cari Artikel Lainnya