Home » Kongkow » Catatan » Blueberries, buah kaya zat antioksidan untuk turunkan hipertensi

Blueberries, buah kaya zat antioksidan untuk turunkan hipertensi

- Senin, 25 April 2022 | 08:00 WIB
Blueberries, buah kaya zat antioksidan untuk turunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang memiliki karakteristik seperti diabetes. Penyakit ini bisa dibilang sebagai silent killer jika para penderitanya tidak merawatnya dengan baik karena hipertensi bisa berujung dengan stroke, serangan jantung, hingga kematian.

Ketika kamu menderita hipertensi, maka kamu wajib memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Selain mengurangi konsumsi gula dan garam, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi buah blueberry.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, blueberry dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

"Blueberry mengandung flavonoid berupa antosianin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan ini bisa berujung dengan pembentukan plak di pembuluh darah yang menjadi salah satu penyebab penyakit hipertensi," terang penelitian ini.

"Mengonsumsi secangkir blueberry segar selain dapat menurunkan tekanan darah juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan daya ingat, mencegah munculnya kanker, serta menurunkan risiko Alzheimer dan demensia."

"Selain manfaat kandungan antosianin di dalamnya, blueberry juga mengandung mangan yang berperan untuk mencegah pembekuan darah, menguatkan tulang, membantu dalam memaksimalkan fungsi saraf, fungsi otak, dan regulasi darah."

Cari Artikel Lainnya