999 +
0
2187
0
Pengaruh Musik Terhadap Manusia
2 weeks 'ago'

Musik adalah seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara. Sebagaimana anusia menggunakan kata-kata untuk mentransfer suatu konsep.

Musik pun menggunakan komposisi suara untuk mengungkapkan perasaan batin. Seperti halnya ragam seni lain, musik merupakan refleksi perasaan suatu individu atau masyarakat. Musik merupakan hasil dari cipta dan rasa manusia atas kehidupan dan dunianya.

Di masa lalu, musik juga memiliki peran yang sangat penting di mata masyarakat primitif. Mereka percaya, musik bisa mencegah datangnya bencana atau kejadian buruk lain.

Sejarah penggunaan musik sebagai media penenang psikologi manusia telah dirintis sejak masa filosof Yunani kuno, Plato. Nah, kalian pasti suka banget kan sama yang namanya music? Sekarang, kami akan kasih tahu 5 pengaruh musik terhadap manusia.

1. Musik mampu memengaruhi mimik wajah seseorang

Otak manusia merespon musik dengan alunan sedih atau pun senang dengan cara yang berbeda. Setelah mendengarkan sebuah musik, orang akan langsung menunjukkan mimik wajah, entah itu sedih atau senang sesuai dengan nada musik yang mereka dengar.

Kalian kadang pasti mengerti emosi dari sebuah musik tanpa harus merasakannya, hal itu yang menjelaskan mengapa sebagian dari kita terkadang merasa terbawa oleh alunan musik tersebut.

2. Musik klasik mampu meningkatkan kemampuan visual

Bukan hanya anak-anak yang mendapatkan manfaat dari latihan musik, tetapi juga penderita stroke dalam sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan dan perhatian visualnya ketika mendengarkan music klasik, meningkat secara bertahap. Ternyata, musik bisa dijadikan sebagai model dari terapi ya.

3. Latihan musik dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik dan keterampilan

Kalian tahu enggak sih? Satu studi menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki pelatihan alat musik selama 3 tahun atau lebih memiliki performa pendengaran dan keterampilan motorik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak belajar musik sama sekali.

Mereka juga lebih baik pada keterampilan verbal dan nonverbal, yang melibatkan pemahaman dan menganalisis informasi visual, seperti mengidentifikasi hubungan, persamaan dan perbedaan antara bentuk dan pola.

4. Musik ambience dapat meningkatkan kreativitas

Dalam melakukan aktivitas, kita sering mendengarkan lagu-lagu yang semangat. Tapi untuk bekerja, musik-musik yang keras bukanlah pilihan yang baik. Musik-musik background atau biasa disebut musik ambience ternyata dapat meningkatkan kreativitas kita.

5. Pilihan jenis musik dapat memprediksi kepribadian kita

Dalam sebuah penelitian, dengan melihat 10 lagu favorit, kita dapat memprediksi bagaimana kepribadian kita. Penelitian ini menggunakan lima sifat kepribadian untuk dites: keterbukaan terhadap pengalaman, keterbukaan, keramahan, kesadaran dan stabilitas emosional.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow