Home » Kongkow » Catatan » Keunikan Buaya Sebagai Binatang Buas

Keunikan Buaya Sebagai Binatang Buas

- Minggu, 06 Maret 2022 | 12:11 WIB
Keunikan Buaya Sebagai Binatang Buas

Keunikan Buaya merupakan salah satu hewan yang terkenal buas dan berbahaya. Sebagai salah satu hewan pemakan daging, buaya dianggap menakutkan bagi manusia dan hewan lainnya. Kemampuan buaya untuk menangkap mangsa bahkan bisa menangkap  mangsa yang berukuran lebih besar daripada tubuh buaya tersebut.

Dibalik kesan berbahaya dan buas ternyata buaya memiliki keunikan tersendiri. Jika dipelajari secara lebih mendalam maka keunikan buaya dapat menarik perhatian dan tidak terkesan menyeramkan. Untuk menambah wawasan mengenai keunikan buaya, berikut akan dijelaskan keunikan buaya yang mungkin belum banyak diketahui, berikut penjelasannya.

1. Fisik

Buaya adalah salah satu hewan reptil dengan tubuh yang besar dan mirip Cicak. Ekor yang dimiliki oleh buaya dapat digunakan sebagai dayung dan membantu buaya bergerak cepat di dalam air. Buaya dalam masa pertumbuhannya mampu memiliki panjang tubuh hingga mencapai 6,5 meter, namun ada buaya yang berukuran kecil dan maksimal pertumbuhannya hanya bisa mencapai panjang 1,5 meter.

Keunikan buaya juga terdapat pada bagian kulitnya, karena buaya tidak mempunyai kelenjar keringat sehingga untuk mengeluarkan panas tubuh dengan menguap melalui mulut. Selain itu, lidah pada buaya menempel pada mulut sehingga tidak dapat digerakkan. Terdapat 4 labirin dalam jantung buaya sehingga mirip dengan jantung manusia.
2. Menghadapi bahaya

Seperti jenis hewan lainnya, keunikan buaya juga mampu mempertahankan diri dari serangan musuh. Ketika mendapat bahaya, buaya akan memasukkan anak-anaknya ke dalam mulut tujuannya agar anak buaya terlindungi dari bahaya yang mengancam. Meskipun sebagai hewan pemangsa, akan tetapi induk buaya tidak memakan anak-anaknya.
3. Memiliki Kristal mata yang bercahaya di malam hari

Buaya mempunyai Kristal guanin pada bagian mata. Kristal guanin tersebut dapat berfungsi untuk membuat mata buaya bersinar di malam hari sehingga dapat memudahkan buaya untuk berburu mangsa pada malam hari.

Kristal yang terdapat pada matanya Buaya di gunakan untuk berburu dimalam hari.

4. Mengeluarkan air mata setelah makan

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buaya mengeluarkan air mata setelah memakan mangsanya. Munculnya air mata tersebut karena pada saat buaya makan udara dapat melalui sinus sebelum bercampur di saluran air mata.
5. Buaya adalah hewan reptil besar, kuat, dan ganas

Buaya sering disebut sebagai predator karena hewan ini memiliki kemampuan berburu yang sangat cekatan. Buaya mampu bergerak cepat di dalam air dengan kecepatan sekitar 45km/jam.
6. Bertahan hidup

Keunikan buaya yang lain adalah mampu bertahan hidup dalam kurun satu tahun hanya dengan memangsa satu santapan saja.
7. Buaya tidak memiliki bibir sehingga mulutnya tidak bisa ditutup dengan rapat

Akan tetapi pada saat menyelam, buaya mampu menutup semua bagian tubuhnya termasuk tenggorokan agar air dari luar tidak dapat masuk ke dalam paru-paru.
8. Menelan Batu

Keunikan buaya yang lain adalah memiliki kebiasaan menelan batu tujuannya untuk membantu proses pencernaan terutama untuk memudahkan proses penggilingan makanan di dalam orang pencernaan.

9. Mempunyai usia yang panjang

Buaya mampu bertahan hidup hingga mencapai 60 tahun, berbeda dari jenis hewan reptil lain yang masa hidupnya lebih singkat.
10. Perkembangbiakan

Buaya betina mampu bertelur hingga mencapai 80 butir tiap tahunnnya  dengan masa perkembangbiakan hingga buaya betina berusia 50 tahun.

Itulah penjelasan  mengenai keunikan buaya sebagai Binatang Buas. Sepuluh keunikan buaya diatas dapat menambah ilmu pengetahuan baru serta dapat membantu mengubah sudut pandang agar memandang buaya tidak sebagai hewan buas saja melainkan terdapat beberapa hal unik yang bisa dipelajari dari seekor buaya.

Cari Artikel Lainnya