Home » Kongkow » Materi » Kumpulan Kosa kata Bahasa Arab untuk Nama-nama Warna

Kumpulan Kosa kata Bahasa Arab untuk Nama-nama Warna

- Kamis, 02 April 2020 | 08:00 WIB
Kumpulan Kosa kata Bahasa Arab untuk Nama-nama Warna

Belajar bahasa Arab itu gak sulit lho kawan! Untuk langkah awal yang perlu kita pelajari adalah dengan menghafal kosa kata berbahasa Arab terlebih dahulu. Kita hanya perlu mencari berbagai kosa kata bahasa Arab mulai dari nama-nama benda, nama hewan, dan bahkan nama warna. Mulai dari dasar dulu saja ya sobat.

Tonton videonya disini yah!

Nah, kali ini saya akan membantu para sobat mempelajari bahasa Arab dengan berbagai kosa kata nama-nama warna. Pasti tahu donk ada banyak warna di dunia. Nah, kalau dalam bahasa Arab, beberapa warna yang bisa kamu lafalkan dalam bahasa tersebut.

Oya, perlu sobat tahu dulu bahwa kosa kata itu bahasa Arabnya mufradaat. Nah, kalau nama-nama warna itu bahasa Arabnya Al-wanun (لَوْنٌ ج أَلْوَانٌ ) sementara warna saja bahasa Arabnya Launun.

Perlu sobat tahu juga, bahwa di dalam bahasa Arab itu ada yang disebut Isim Mutsanna dan Isim Mudzakar , jadi ada yang perempuan dan ada yang laki-laki. Maksudnya bahwa dalam kosa kata bahasa Arab ada benda yang menggunakan ta marbutha di bagian belakangnya dan ini disebut Isim Mutsanna karena dikhususkan untuk benda-benda perempuan dan sebaliknya maka tidak ada huruf ta di bagian belakangnya untuk Isim Mudzakar.

Selain itu, perlu sobat tahu juga bahwa di dalam bahasa Arab itu ada yang disebut Isim Jama’ yaitu kata benda yang tidak tunggal atau majemuk dalam artian ada banyak. Seperti tadi contohnya, jika satu warna saja maka bahasa Arabnya adalah Launun sementara warna-warna maka bahasa Arabnya adalah Al-Waanun. Nah, kalau untuk yang satu ini gak bisa ditentukan sendiri ya, jadi memang sudah ada ketentuannya dari tata bahasa Arab. Jadi, yang terpenting sekarang, kita menghafal nama-nama warna terlebih dahulu.

Apa saja itu? ini dia sobat!

  1.  Warna hitam = Aswadun

    اَسْوَدْ

  2.  Warna putih = Abyadhun

    اَبْيَضْ

  3.  Warna merah = Ahmarun

    اَحْمَر

 4.   Warna biru = Azraqun

    اَزْرَق

  5.  Warna hijau = Ahdharun

    اَحْضَرْ

   6. Warna kuning = Ashfarun

    صْفَرْ

 7.   Warna ungu = Banfasaji

    بَنْفَسَجِى

 8.   Warna oren = Alburtuqooli

    اَلْبُرْتُقَالِى

 

Baca Juga :

Kumpulan Kosa kata Bahasa Arab untuk Nama-nama Hewan

Kumpulan Kosa Kata Bahasa Arab Anggota Tubuh, Dari Kata Kepala Sampai Kaki

Kumpulan Kosakata Bahasa Arab (Kata Benda, Kata Kerja, Kata Sifat)

 

  9.  Warna abu-abu Romaadhi

    رَمَادِيٌّ

   10. Warna biru tua = Arjuwaanun

    اَلْاَرْجُوَانْ

   11. Warna coklat tua = Asmaarul Faqo’

    َلْاَسمَرُ الْفَاقِعْ

  12.  Warna kuning muda = Asfarur Roohiy

    اَلْاَصْفَرُالزَّاهِيُّ

  13.  Warna kekuning-kuningan

    مُصْفِرٌ

   14. Warna coklat = Buniyyu

    بُنِيُّ

Nah, kalau untuk bahasa Arabnya warna-warni adalah Mulawwanun atau مُلَوَّنٌ

Semua warna yang ada dalam kosa kata berbahasa Arab itu bisa sangat mudah kita hafalkan jika langsung kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. jadi, misalnya saat kita melihat sebuah mobil dengan warna hijau, maka bisa kita sambungkan bahasa Arab mobil dengan warna hijau tersebut.

Mungkin sobat semua belum mengerti caranya. Nah, untuk itu mari kita pelajari sedikit di dalam tata bahasa Arab!

Perlu kita tahu terlebih dahulu apakah nama benda yang akan kita pasangkan dengan warna itu adalah kata benda perempuan atau laki-laki, maksudnya apakah kata benda Muannas atau Mudzakar. Agar tidak bingung, perhatikan contoh di bawah ini ya!
Mobil berwarna merah

caranya adalah mengetahui bahasa Arab dari mobil yaitu Sayyarotun. Nah kata Sayyarotun ini memiliki huruf ta marbuthoh di bagian belakangnya, jadi disebut dengan isim Muannas. Jadi untuk memiliki warna maka menjadi = السيارة حمراء  ( As Sayyarotu Hamrooun).
Tas berwarna putih

Begitupun untuk tas menjadi  الحقيبة بيضاء   Al Hakibatu Baidhooun. Kata warna tersebut menjadi sebuah isim sifat yang kemudian diletakkan di bagian belakang kata benda dengan berubah menjadi isim sifat yang bukan lagi kata asalnya.
Buku berwarna biru

Sementara kosa kata yang merupakan laki-laki atau isim Mudzakar ini maka lebih mudah karena tidak ada perubahan pada kosa kata warna-nya. Jadi, bahasa Arab dari buku adalah Kitaabun yang tidak ada huruf ta di bagian belakangnya. Jadi buku berwarna biru adalah الكتاب أزرق   Al Kitaabu Azroqun . kata warna menjadi kata sifat tapi tetap dengan bentuk semulanya, sehingga tidak ada penyesuaian.

Cari Artikel Lainnya