999 +
0
941
0
Ngaku Hobi Baca, Sudah Punya 6 Kebiasaan Baik Merawat Buku Ini Belum?
4 months 'ago'

Si kutu buku adalah mereka yang menjadikan kegiatan membaca sebagai bagian dari hidupnya. Buku sudah menjadi teman, sahabat, wawasan yang luas, dan gizi terbaik untuk otak menurut mereka.

Nah, tak hanya rajin membaca, menjaga buku-bukumu juga tak kalah pentingnya. Buku yang terjaga dengan baik akan bisa digunakan hingga bertahun-tahun setelahnya.

Mau kan jika beragam manfaat dari buku yang kamu baca pun tak hanya kamu yang merasakan?

Nah, jika kamu mengaku si pencinta buku alias book addict, pastikan kamu juga melakukan 6 kebiasaan baik dalam merawat buku berikut ini.

Buku juga harus diberikan pakaian alias sampul

Pilihlah sampul plastik yang tebal dan tidak lengket, siapkan gunting dan solasi bening. Menyampul buku kesayangan bertujuan untuk menjaga buku.

Ketika kamu menyampul buku, hindarilah solasi menempel pada si cover, karena nanti ketika ingin mengganti sampul akan mengakibatkan bekas bahkan merusak cover buku. Jadi, solasi direkatkan di sampul plastiknya saja yah.

Susun berdiri untuk memudahkan memilih buku

Ketika koleksi buku semakin bertambah, maka hal yang perlu dilakukan selain menyampul buku yaitu dengan cara menyusun buku secara berdiri bukan dengan ditumpuk.

Selain memudahkan memilih buku, menyusun secara berdiri dapat bermanfaat untuk menjaga buku dari tumpukan beban yang berat.

Beri pembatas buku, jangan dilipat!

Hindarilah untuk melakukan kebiasaan melipat buku ketika tiba-tiba ada ha lyang harus dikerjakan, atau sebagai penanda sudah sampai hal berapa yang kamu baca.

Melipat kertas berbeda dengan melipat pakaian, bekas lipatan pada buku akan menjadikan si buku mudah sobek.

Jangan membaca sambil makan. Makanan dapat membuat buku ternoda

Paling asyik membaca sambil mengemil gorengan atau makan ringan. Eh, tapi tunggu dulu! Kebiasaan ini bisa mengotori si buku. Ihh, apalagi makanan yang mengandung minyak dan berwarna terang.

Buku bukanlah baju yang ketika kotor bisa dicuci. Lebih baik, jika perut sudah keroncongan, berhenti sejanak dan beri pembatas pada halaman, silakan menyantap kudapanmu.

Berikan rumah terbaik, rak membuat buku semakin terawat dan cantik

Jika buku sudah memenuhi isi kamarmu, maka sisihkanlah uang untuk membeli rak atau lemari buku. Selain terlihat rapih, buku yang diletakkan di lemari akan membuatnya terjaga dari debu.

Catat peminjam bukumu! Bukan berarti kamu pelit, tapi kamu menunjukkan rasa cinta pada bukumu

Buku semakin bermanfaat dengan cara dipinjamkan ke teman-teman, sahabat. Tapi, kita harus sangat teliti untuk mencatat siapa saja yang meminjam buku.

Hal ini dilakukan bukan untuk menunjukkan kamu pelit. Tapi, sebagai suatu virus kebaikan untuk sama-sama menjaga buku, apalagi jika itu milik orang lain.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow