999 +
0
400
0
Rugi kalau Hidup Selalu Khawatir, Ini 5 Cara Menyingkirkannya
3 years 'ago'

Hidup dalam ketakutan memang keniscayaan. Sebab, pada kenyataannya setiap hari kita mendengar kabar dan berita buruk dari seluruh penjuru dunia. Banyak tragedi, trauma, bencana, ketidakadilan, dan persaingan yang membuat kita merasa tidak aman. Betul bukan?

Rasa takut itu bermula dari kekhawatiran. Jika khawatir dan rasa takut digabungkan bisa membuat seseorang mengalami stres yang kronis. Gara-gara itu, seseorang bisa mengambil keputusan-keputusan tidak bijaksana dalam hidupnya. Lihat, betapa mengerikannya rasa khawatir mempengaruhi hidup.

Karena itu, mulai sekarang kita harus belajar untuk mengendalikan rasa takut itu dan menjalani hidup dengan lebih lega dan bahagia. Bagaimanapun juga, rugi kalau hidup selalu khawatir, dan cara menyingkirkannya!

1. Mengakui ketakutan dan kekhawatiran itu

Jika kita takut dan khawatir, jujurlah pada diri sendiri. Jangan mencoba menolak atau mengabaikannya. Sebab dengan mengakui ketakutan dan kekhawatiran itu, kita akan memiliki kekuatan untuk mengubah dan mengendalikannya.

Jika perlu, utarakan kondisi kita pada orang yang bisa dipercaya. Bantuan orang lain akan menolong kita untuk melawan rasa khawatir.

2. Berpikir positif bahwa masih ada orang baik di sekitar kita

Suasana hati dan keyakinan diri sendiri itu kita yang membangunnya. Karena itu pilihlah untuk berpikir positif dan bangun keyakinan diri sendiri bahwa hidup kita selalu ada yang melindungi. Tempatkan diri kita pada pergaulan orang-orang baik dan membangun.

3. Jangan berprasangka, temukan kebaikan dari orang lain

Kadang yang membuat kita hidup semakin takut adalah terlalu curiga dan berprasangka pada orang lain. Karena itu kita perlu belajar untuk melihat sisi baik dari orang lain.

4. Jangan drama dan membayangkan skenario terburuk akan masa depan

Dalam menghadapi hidup, kebanyakan kita selalu memikirkan skenario terburuk apa yang akan terjadi di masa depan. Padahal hal tersebut bisa membuat kita lebih gelisah, cemas, dan takut untuk menjalani kehidupan. Ingat, hampir semua hal yang kita khawatirkan biasanya tidak terjadi.

5. Jadilah proaktif dan terhubung dengan orang lain

Memiliki komunitas dan pergaulan tertentu dapat menolong kita merasa lebih aman. Dengan memiliki sahabat, kita tidak merasa sendirian. Kita juga bisa berbagi beban dan saling mendukung.

Dengan mengendalikan rasa takut, kita bisa hidup lebih lega dan bahagia. Ingat kekhawatiran tidak akan memberi keuntungan apapun dalam hidup kita, tapi pasti membawa kerugian. Berhentilah khawatir dan jalani hidup dengan berani

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow