Home » Kongkow » Olahraga » Tidak Bisa Berenang? Mungkin Kamu Perlu Coba 4 Tip Berikut Ini

Tidak Bisa Berenang? Mungkin Kamu Perlu Coba 4 Tip Berikut Ini

- Senin, 28 November 2016 | 10:00 WIB
Tidak Bisa Berenang? Mungkin Kamu Perlu Coba 4 Tip Berikut Ini

Belajar renang itu memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau dari kecil kamu tidak biasa berlatih renang, pada saat dewasa kamu tentu akan kesulitan. Nah bagi kamu yang belum bisa berenang diusia dewasa, berikut 4 tip agar kamu cepat mahir menguasai olahraga air yang satu ini. 

 

1. Belajar Pernapasan

Belajar pernapasan sangat penting bagi perenang pemula agar ketika nanti sudah bisa berenang, kamu tidak akan merasa ngos-ngosan.

Belajar pernapasan yang mudah ialah dengan cara menarik napas yang panjang dari mulut, lalu tenggelamkan badan ke dalam air selama beberapa detik (idealnya 15-25 detik).

Selama tenggelam, usahakan kamu mengeluarkan nafas sedikit demi sedikit sehingga muncul gelembung-gelembung.

Hal tersebut berfungsi agar kamu tidak merasa sesak selama berada di dalam air. Setelah dirasa tidak kuat, kamu harus segera naik ke permukaan.

Kalau kamu belum bisa menahan nafas lebih dari 15 detik, sebaiknya teknik pernapasan ini harus kamu lakukan berulang kali hingga bisa memenuhi batas ideal. 

 

2. Belajar Mengapung

Ketika kamu sudah merasa mahir melakukan teknik pernapasan, baru kamu bisa mulai untuk berlatih mengapung. Latihan mengapung bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Salah satunya adalah dengan teknik berikut ini. Pertama, posisikan badan menghadap tangga kolam renang dengan kedua tangan memegang tiang tangga.

Setelah itu, angkat kaki secara perlahan hingga badan dalam posisi telungkup. Goyangkan kaki ke atas dan ke bawah dan perlahan-lahan lepas pegangan pada tiang tangga, maka tubuhmu akan mengapung di permukaan air.

 

3. Belajar Meluncur

Setelah menguasai teknik mengapung, langkah selanjutnya adalah belajar untuk meluncur. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan salah satu kaki terkuatmu di dinding kolam.

Sementara posisikan kedua tangan lurus kedepan dengan kedua telapak tangan saling menempel. Setelah siap pada posisi tersebut, lakukan tolakan pada kaki yang menempel di dinding hingga tubuh terdorong ke depan.

Tolakan dilakukan bersamaan dengan tarikan nafas dari mulut. Pada saat tubuh mulai meluncur, posisikan kepala menghadap dasar kolam dengan dagu menyentuh leher. Posisikan pula telinga sejajar dengan lengan.

Selama melakukan proses ini, kamu tidak perlu melakukan gerakan-gerakan renang terlebih dahulu. Kamu harus kuasai teknik meluncur dengan baik. 

 

4. Belajar Gerakan Renang

Jika kamu sudah bisa menguasai ketiga fase diatas, sebenarnya kamu sudah dikatakan bisa berenang.

Yang terakhir, kamu tinggal mempelajari gaya-gaya renang seperti gaya bebas, gaya dada, gaya katak dan gaya kupu-kupu. Bagi pemula, kamu bisa memulai dengan belajar gaya katak atau gaya dada. Kedua gaya tersebut dianggap paling mudah untuk dikuasai.

Untuk mempelajari gaya-gaya tersebut, kamu bisa melihatnya di situs berbagi video YouTube. 

Cari Artikel Lainnya