999 +
0
764
0
Film-Film Wajib Tonton Bagi Kamu yang Tertarik Kuliah Kedokteran
4 months 'ago'

Kamu yang baru lulus sekolah, pasti kamu sudah memikirkan untuk meneruskan kuliah selepas sekolah. Ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu ambil di berbagai universitas di Indonesia bahkan luar negeri.

Mungkin bagi kamu yang berasal dari jurusan Ilmu Alam, salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu ambil adalah jurusan kedokteran. Setiap tahun, ada jutaan siswa yang ingin menggapai mimpi sebagai dokter dengan melanjutkan kuliah kedokteran.

Profesi dokter yang mulia dan posisinya di masyarakat mungkin menjadi pertimbangan utamamu untuk menjadi seorang dokter. Kalau kamu memiliki rencana untuk mengambil kuliah kedokteran, coba mantapkan hatimu dengan menonton film-film berikut ini.

Film-film di bawah ini tidak hanya menampilkan penghargaan yang akan kamu terima bila menjadi dokter, tetapi juga berbagai duka dan rintangan yang harus kamu lalui untuk bisa menjadi seorang dokter yang kompeten.

 

1. Cado-Cado The Movie

Di film ini kamu akan melihat sekumpulan dokter koas yang harus melalui hari-hari mereka dengan pelbagai jenis pasien dengan penyakitnya masing-masing. Bukan hanya mengurus pasien, dokter-dokter ini juga memiliki masalah hidup mereka yang seakan ikut menambah beban hidup. Kamu wajib menonton film ini karena film ini bahkan masuk dalam daftar kategori CROSSCUT ASIA - Colorful Indonesia dalam ajang Tokyo International Film Festival 2016.

 

2. Serial Grey's Anatomy

Meredith dan teman-teman dokter mudanya harus menghadapi kerasnya hidup sebagai dokter koas yang terkadang diremehkan, namun diberi pekerjaan yang seringnya terlalu berat untuk kemampuan mereka.

 

3. The Good Doctor

Martin adalah dokter muda yang hidup dalam keteraturan. HIdupnya sebagai dokter terasa baik-baik saja sampai dia bertemu dengan Diane, salah satu pasiennya yang mengidap gagal ginjal. Mau tak mau Martin terlibat jauh ke dalam kehidupan Diane dan hal ini menjadi masalah ketika kondisi Diane semakin memburuk.

 

4. Last King of Scotland

Nicholas adalah seorang dokter muda asal Skotlandia yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Keluarganya sangat mengharapkan karir Nicholas akan sukses. Akan tetapi, Nicolas merasa terbebani dan 'kabur' dengan menjadi dokter di Uganda. Negara kecil di Afrika tersebut memiliki banyak sekali masalah kesehatan mulai dari sanitasi hingga minimnya tenaga medis. Negara ini juga dipimpin oleh penguasa yang ternyata adalah seorang diktator bertangan dingin.

 

5. Patch Adams

Mungkin film ini bisa dinobatkan sebagai film yang sangat sangat sangat wajib untuk ditonton oleh seorang dokter. Adam adalah mahasiswa kedokteran yang menjalani 'magang' di sebuah rumah sakit. Dia mendobrak segala peraturan untuk bisa menjadi dokter yang dekat dengan pasiennya. Upaya yang diyakininya ini ditentang oleh banyak pihak bahkan oleh universitasnya sendiri sehingga dia harus dikeluarkan. Perjuangan Adam untuk bisa menjadi dokter yang 'manusiawi' sangat berat.

 

6. Something the Lord Made

Film ini mengambil kisah Dr. Alfred dan Vivien Thomas, seorang mekanik handal kepercayaannya. Keduanya kemudian menemukan teknik untuk mengoperasi jantung dengan alat tertentu. Ketika operasi pertama dilakukan, Dr. Alfred tidak mengakui Thomas sebagai rekan penemunya. Film ini mengambil latar waktu tahun 1941. Ketika itu, posisi orang kulit hitam di Amerika masih rendah dan hal ini yang menyebabkan Thomas menjadi tersingkir.

 

7. Gifted Hand: The Ben Carson Story

Apakah kamu mengenal nama Ben Carson? Dia adalah dokter kulit hitam ahli neurosurgeon asal Amerika Serikat. Film biografi ini menceritakan perjalanan karirnya yang berasal dari keluarga pas-pasan. Meski demikian, ibunya berusaha mati-matian agar Ben tidak menyerah hingga menjadi dokter yang berkualitas.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow