Home » Kongkow » IPA » Apa Saja Dampak Pencemaran Lingkungan?

Apa Saja Dampak Pencemaran Lingkungan?

- Kamis, 05 Januari 2023 | 15:41 WIB
Apa Saja Dampak Pencemaran Lingkungan?

Dampak Pencemaran Lingkungan yang lebih terasa saat ini adalah pemanasan global (global warming). Dimana suhu bumi meningkat yang menyebabkan beberapa es di kutub utara mencair dan terjadinya kenaikan permukaan air laut.

Pemekatan hayati juga merupakan salah satu dampak yang akan ditimbulkan dari adanya pencemaran lingkungan.

Proses pemekatan hati ini dapat diartikan sebagai peningkatan kadar bahan pencemar yang melalui tubuh makhluk hidup tertentu. Pemekatan hayati ini juga disebut sebagai amnalgamasiasi. Sebagai contoh untuk menggambarkan kasus ini adalah suatu perairan yang telah tercemar, maka bahan pencemar yang ada di air tersebut akan menempel pada alga yang hidup di wilayah perairan tersebut.

Ketika alga dimakan ikan- ikan kecil maka ikan kecil akan terkontaminasi bahan pencemar. Ketika ikan-ikan kecil tersebut dimakan oleh ikan-ikan besar, maka ikan besar juga akan mengandung berbagai bahan pencemar yang dimiliki oleh ikan kecil. Dan ketika ikan-ikan besar ditangkap nelayan dan dimakan oleh manusia, maka bakteri atau polutan tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui ikan-ikan besar tersebut.

Ketika manusia mengonsumsi beberapa makanan yang yang berupa hewan atau tumbuhan yang telah terkontaminasi bahan pencemar, maka segala kemungkinan buruk bisa terjadi. Beberapa kemungkinan buruk dari mengonsumsi  bahan makanan yang tercemar adalah keracunan atau meninggal dunia. George Tyler Miller (1979) dalam bukunya yang berjudul Living in The Environment menjelaskan bahwa akibat pencemaran lingkungan terhadap kehidupan dikelompokkan ke dalam 6 tingkatan. Adapun tingkatan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tingkatan 1: Gangguan estetika, misalnya bau
  • Tingkatan 2: Kerusakan properti, misalnya bahan logam menjadi karatan
  • Tingkatan 3: Gangguan pada tumbuhan/hewan, misalnya penurunan hasil pertanian
  • Tingkatan 4: Gangguan pada kesehatan manusia, misalnya penyakit saluran pernapasan
  • Tingkatan 5: Kerusakan secara genetik dan reproduksi manusia
  • Tingkatan 6: Gangguan pada ekosistem secara luas, misalnya perubahan iklim global
Sumber : .
Cari Artikel Lainnya