Home » Kongkow » Film » Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam

- Rabu, 05 Mei 2021 | 09:00 WIB
Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam

Tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Perairan Utara Bali, Sabtu (24/4/2021) adalah akhir perjuangan dari para prajurit Angkatan Laut (AL). Tidak hanya perjuangan dalam menjaga keamanan negara, tetapi juga perjuangan dalam menjalani kehidupan di dalam kapal selam itu sendiri. Memang tidak pernah terbayangkan seperti apa kehidupan di dalam kapal selam yang sempit selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Para awak kapal selam itupun juga bertempur dengan rasa jenuh, takut, dan terisolasi.  

Bagi kalian yang penasaran mengenai kehidupan di kapal selam, berikut 7 rekomendasi film tentang kapal yang penuh aksi tempur, berisi misi penyelamatan, hingga yang terinspirasi dari kisah nyata kecelakaan kapal selam di dunia.

1. Das Boot (1981)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan
Film Das Boot. (dok. IMDB)

Film lawas tahun 1981 ini menceritakan tentang sebuah kapal selam Jerman U-96 yang ditugaskan untuk berpatroli di laut Atlantik selama Perang Dunia II berlangsung. Dari kondisi laut yang aman hingga membuat para awak merasa bosan di dalam kapal selam setelah berminggu-minggu, akhirnya U-96 dihadapi dengan musuh dan harus bersiap untuk mengejar.

Aksi pengejaran musuh hingga hingga bertahan dengan persediaan makanan di dalam kapal yang menipis mewarnai alur cerita film. Hingga akhirnya dalam proses pengejaran oleh kapal tentara Inggris, Kapal U-96 malah tenggelam ke dasar laut. Seluruh awak kapal pun kaget dan berjuang untuk bertahan sebelum kehabisan cadangan oksigen di dalam kapal selam

2. U-571 (2000)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan
Film U-571. (dok. IMDB)

Film U-571 bercerita tentang tenggelamnya kapal selam Jerman saat pertempuran Perang Dunia II di laut. Kapal selam U-571 yang dilengkapi dengan mesin enkripsi tercanggih itu menjadi incaran sekutu.

Para sekutu pun kemudian mengirimkan pasukan Angkatan Laut Amerika yang dipimpin oleh Letnan Andrew Tyler (Matthew McConaughey) untuk mengambil mesin enkripsi U-571. Akan tetapi, semua menjadi rumit ketika pasukan Angkatan Laut Amerika ingin kembali ke kapal ternyata kapal mereka ditembak hancur oleh kapal musuh. Para Angkatan Laut Amerika pun harus bertahan hidup dengan satu-satunnya kapal yang ada yaitu kapal selam Jerman U-571 itu.

3. Greyhound (2020)

Film Greyhound terinspirasi dari kisah nyata, yakni perang Atlantik. Tokoh utama dari film ini adalah Ernest Krause, seorang kapten kapal yang diperankan oleh Tom Hanks. Dia ditugaskan memimpin konvoi kapal sekutu melintasi perairan yang berbahaya.

Pertempuran laut yang menegangkan dan paling dahsyat dalam sejarah menjadi adegan yang seru dalam film Greyhound. Selain itu, peran Ernest dan pasukan yang harus menghadapi buruan kapal Nazi juga tak kalah mengagumkan. 

4. K-19: The Widowmaker (2002)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan
Film K-19 : The Widowmaker. (dok. IMDB)

Film K-19: The Widowmaker rilis pada tahun 2002. Film ini mengangkat kisah nyata bencana yang menimpa kapal selam Soviet K-19 tahun 1961. Berkisah tentang seorang kapten kapal selam nuklir Uni Soviet K-19, Alexi Vostrikov (Harrison Ford) yang ditugaskan untuk mengawasi dasar lautan di wilayahnya saat perang dingin. 

Namun, sebuah masalah muncul ketika reaktor nuklir kapal mengalami gangguan dan bisa memicu bencana nuklir yang dahsyat. Adapun, peristiwa itu mengancam ribuan nyawa dan perang dingin yang sedang terjadi juga bakal terus memanas. Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Alexi untuk mencegah tragedi itu? Film ini menegangkan dan jangan kelewatan nonton ya!

5. Black Sea (2014)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan

Film Black Sea yang dirilis tahun 2014 ini bercerita tentang bencana kapal selam. Film thriller yang disutradarai Kevin Macdonald ini mengisahkan seorang kapten kapal bernama Robinson (diperankan Jude Law) memimpin sebuah ekspedisi menemukan bangkai kapal selam milik Nazi di Laut Hitam. Mereka meyakini terdapat batangan emas yang berharga jutaan dolar di sana.

Mereka menyelami luasnya lautan hitam bersama tim lainnya yang berasal dari Inggris dan Rusia. Singkat cerita, kapal selam milik Nazi yang mereka cari ditemukan juga. Mereka pun berhasil menemukan harta karun yang mereka cari. Namun, dari kejadian itu muncul konflik antara tim Inggris dan Rusia dalam hal pembagian keuntungan. Sehingga, film ini mengisahkan tentang keserakahan manusia yang kemungkinan dapat berimbas pada keselamatan seluruh tim.

6. Kursk (2018)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan
Film Kursk. (dok. IMDB)

Insiden yang menimpa kapal selam bertenaga nuklir milik Rusia, Kursk diangkat dalam film dengan judul sama pada tahun 2018. Tragedi kapal yang meledak dan tenggelam saat bermanuver di Laut Barent pada 12 Agustus 2000 itu tergambar apik atas arah sutradara Thomas Vintergerg. 

Kisahnya bermula ketika kapal selam militer K-141 Kurks akan memulai pelayaran menuju laut Barents. Letnan Mikhail Averin (Matthias Scoenaerts) ditugaskan menjadi kepala unit turbin kompartemen 7. Kapal Kurks ini akan mengikuti latihan militer bersama 30 kapal perang Rusia lainnya.

Namun belum sampai tujuan, Kapal Kurks mengalami masalah teknis. Akhirnya ledakan pun terjadi, kapal jatuh ke dasar laut dan banyak anggota kru yang tewas. Dari total 118, kini hanya tersisa 23 kru yang selamat. Dalam film ini, Komandan Angkatan Laut Inggris yang bernama David Russell diperankan oleh Colin Firth.

7. Hunter Killer (2018)

Wajib Nonton! 7 Rekomendasi Film tentang Kapal Selam, Tak Terbayangkan
Film Hunter Killer. (dok. IMDB)

Film tentang kapal selam berjudul Hunter Killer dipenuhi aksi perang yang menegangkan. Film ini diadaptasi dari novel Firing Point tahun 2012 karya George Wallace dan Don Keith.

Hunter Killer mengisahkan kapal selam Amerika Serikat dengan julukan Hunter Killer dan dikomandani Joe Glass (Gerard Butler), sedang menyelidiki tenggelamnya kapal selam USS Tampa Bay. Saat berada di Kutub Utara, kapal selam Rusia yang bersembunyi tiba-tiba menyerang Hunter Killer. 

Kedua kapal tersebut kemudian terlibat perang rudal yang saling menembakkan torpedo. Di tengah kondisi yang kacau balau, Hunter Killer menerima misi negara untuk menyelamatkan presiden Rusia yang dikudeta.

Demikian, 7 deretan film tentang kapal selam ini sangat menarik untuk ditonton dan memahami kehidupan di dalamnya. Jadi film mana yang ingin kalian tonton dulu?

Cari Artikel Lainnya