Home » Kongkow » Multimedia » Apa Fungsi Kartu Grafis atau VGA Card?

Apa Fungsi Kartu Grafis atau VGA Card?

- Kamis, 28 April 2022 | 15:00 WIB
Apa Fungsi Kartu Grafis atau VGA Card?

VGA adalah Video Graphics Accelerator yang memiliki fungsi sebagai cara untuk mengolah data graphis untuk bisa menampilkan layar monitor. Selain itu VGA Card juga memiliki bagian yang prossesor yang biasanya disebut dengan GPU atau Grapivs Processing Unit dan membutuhkan sejumlah memory.

Kekuatan pengolahan kartu grafis atau kartu video memungkinkan komputer untuk menghasilkan gambar bergerak lebih cepat dan detail lebih baik, kebutuhan untuk beberapa game komputer dan software video.

Fungsi

Kartu grafis memungkinkan komputer untuk menghasilkan grafik dan gambar lebih cepat. Sebuah kartu grafis memiliki prosesor sendiri, unit GPU atau pengolahan grafis, menurut Jason Cross at PC World. Kartu video terhubung ke motherboard dan monitor. Hal ini memungkinkan kartu untuk menerima informasi dari CPU (central processing unit) dan mengirim output ke monitor.

Jenis Jenis

Kartu grafis memiliki berbagai jenis konektor untuk menghubungkan ke motherboard komputer. Sebuah PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) konektor muncul pada kartu grafis komputer yang paling modern. AGP (Accelerated Graphics Port) konektor tetap agak populer, tetapi komputer terbaru tidak lagi menggunakan teknologi ini. Kebanyakan kartu grafis tidak lagi menggunakan PCI sederhana (Peripheral Component Interconnect) koneksi, seperti PCIe memungkinkan kecepatan komunikasi lebih cepat.

Ada beberapa jenis VGA card diantaranya adalah:

a. Kartu VGA ISA: ini adalah jenis kartu VGA yang mana sering dimasukkan pada bagian slot ekspansi ISA bus yang masih memiliki isistem I/O 8 bit atau bisa juga sekitar 16 bit.

b. Kartu VGA EISA: ini adalah jenis kartu VGA yang sering dipasangkan pada slot ekspansi EISA yang ada pada bus dengan sistem I/O 32 bit.

c. Kartu VGA PCI: ini adalah jenis kartu VGA yang dipasangkan pada bagian slot PCI bus yang memiliki sistem I/O dengan 32 bit atau bisa juga 64 bit.

d. Kartu VGA AGP: ini adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot dari ekpansi AGP bus yang memiliki sistem I/O dengan 128 bit ataun 256 bit.

e. Kartu VGA PCI Ekspress: ini adalah jenis dari kartu VGA yang mana ketikan dimaksuukan slot ekspansi PCI ekspress bus yang memiliki rangkai sistem I/O nya dengan kecapatan transfer yang benar cepat hinga mencapai 32 GB/s.

Fitur

Sebuah kartu grafis atau kartu video sering disertakan sistem pendingin sendiri, karena jumlah besar daya yang digunakan dan panas yang dihasilkannya. Beberapa kartu grafis juga memiliki koneksi tambahan untuk kontroler game dan FireWire atau output khusus lainnya, menurut sebuah sumber daya perangkat keras komputer di Missouri State.

Cari Artikel Lainnya