Home » Kongkow » Jaringan » 6 Software untuk Mengakses Internet

6 Software untuk Mengakses Internet

- Kamis, 09 Desember 2021 | 09:00 WIB
6 Software untuk Mengakses Internet

Browser adalah Sebuat program atau software yang digunakan untuk menjelajah dunia maya internet dalam konteks komputer. Browser diambil dari kata browse (bahasa inggris) yang berarti Membaca atau Melihat – lihat. Browser juga dibagi lagi menjadi sebagai berikut:

  1. Microsoft Internet Explorer

  2. Mozilla Firefox

  3. Google Chrome

  4. Opera

  5. Safari

  6. Netscape Communications

  7. Flock

  8. Wyzo

  9. iCab

1. Microsoft Internet Explorer (IE)

Microsoft Internet Explorer (IE) adalah Perangkat lunak untuk menjelajah dunia maya internet yang berhasil dibuat oleh Microsoft. Browser ini pertama kali diperkenalkan pada 16 Agustus 1995. Internet Explorer 8 adalah versi terakhir yang diperbaharui oleh Microsoft.

Internet Explorer 8 kecepatannya jelas lebih cepat dari versi terdahulunya, mampu mendeteksi kepalsuan sebuah website, mengamankan informasi yang bersifat pribadi atau sesuatu yang harus dirahasiakan menurut sobat dan masih banyak lagi keunggulannya.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (Phoenix) adalah Perangkat lunak yang dahulunya bernama Mozilla yang dibuat oleh Blake ross. Seiring berjalannya waktu, blake ross mengembangkan browser mozilla bersama kerabatnya: Dave Hyatt (pembuat firefox). Atas kerjasamanya dengan dave hyatt, akhirnya browser ini diberi dan terkenal dengan nama Mozilla Firefox. Browser ini memiliki penampilan yang cukup sederhana, kinerja yang memuaskan dalam kecepatannya, baik download maupun upload file. Mozilla firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD.

3. Google Chrome

Google Chrome adalah Perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang digunakan untuk menjelajahi internet. Browser ini adalah hasil pergabungan antara desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih aman, cepat dan mudah. Google chrome saat ini menyediakan web browser terbaru mereka, yakni “Google Chrome With 3D”. Browser ini dapat terwujud karena adanya Hyper Text Markup Language (HTML) 5 merupakan teks atau file ASCII dan berisikan intruksi agar browser menampilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web.

Fitur-Fitur Pada Goole Chrome

- Google Chrome dapat memuat laman web dalam waktu yang singkat.

- Google Chrome terbuka dengan sangat cepat dari dekstop kalian.

- Google Chrome dapat menjalankan web interaktif, aplikasi web, dan JabaScript lebih cepat dari sebelumnya.

- Google Chrome dirancang untuk efisiensi dan simple saat digunakan.

- Menelusur dan menavigasi ke laman web dari kotak yang sama.

- Mengatur dan mengorganisasi tab semau Anda dengan cepat dan mudah.

- Memasuki situs web favorit Anda hanya dengan satu klik dari thumbnail situs yang sering Anda kunjungi pada laman Tab Baru.

4.  Opera

Opera adalah Web browser yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berlokasi di Oslo, Norwegia pada tahun 1994. Browser ini bersifat Multi-Platform dan Freeware. Selain untuk web browser, opera juga datang sebagai IRC client, Email client yang powerfull dan mampu untuk menampilkan Opera Widget. Opera dapat menampilkan situs web dalam satu layar, kecepatan akses bisa disamakan dengan browser mozilla firefox dan untuk soal keamanan opera tidak usah diragukan lagi.

5. Safari (Browser)

Safari (Browser) adalah Browser internet yang berhasil dibuat oleh Apple inc. Awalnya browser ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3 Namun sekarang sudah dapat digunakan kepada operasi Windows. Safari memberikan elemen desain yang sangat canggih sehingga penggunanya lebih senang. Safari dirancang sebagai browser yang cepat dan ringan, dapat kembali ke titik awal aktifitas browsing setelah berkunjung ke berbagai tempat situs web (SnapBack).

6. UC Browser

UC Browser sebelumnya bernama UC Mobile adalah browser mobile yang dibuat oleh UCWeb di Beijing pada bulan April 2004. Release awalnya menggunakan format aplikasi Java. UC Browser dikembangkan oleh tim UC mobile LTD yang di pimpin oleh Yu Yongfu yang sekaligus menempati posisi CEO UCWeb.

Cari Artikel Lainnya