999 +
0
49
0
Tempat Baru untuk Foto-foto di Gerbang Candi Borobudur
3 months 'ago'

Proses pembangunan gerbang masuk menuju kawasan Candi Borobudur dengan ikon kapal bercadik Samudra Raksa hampir 100 persen selesai. Ikon gerbang ini pun menjadi lokasi selfie maupun berfoto-foto warga masyarakat.

Pembangunan gerbang sebagai penanda memasuki kawasan Candi Borobudur tersebut oleh Kementerian PUPR. Adapun lokasinya meliputi di Klangon, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, dengan ikon kapal bercadik Samudra Raksa. Gerbang ini sebagai penanda untuk wisatawan dari arah Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Kemudian ikon Kalpataru di gerbang Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, untuk penanda wisatawan dari arah Semarang. Sedangkan di Palbapang, Kecamatan Mungkid, dengan ikon Singa untuk menyambut wisatawan dari arah Yogyakarta. Berikutnya, di Kecamatan Salaman, dengan ikon Gajah untuk menyambut wisatawan dari arah Purworejo.

Adapun dari empat gerbang tersebut yang saat ini pembangunannya hampir 100 persen selesai di Klangon, Kalibawang, Kulon Progo, dengan ikon kapal bercadik Samudra Raksa. Untuk ikon ini jika dari arah Kulon Progo, berada di sisi kanan jalan yang dilengkapi dengan rest area.

Kemudian di sisi kanan ada tulisan 'Selamat Datang di Kawasan Borobudur'. Untuk saat ini, sudah banyak warga yang berdatangan sekadar selfie atau foto bersama dengan latar belakang bangunan kapal bercadik Samudra Raksa.

Pembangunan gerbang ini persis di dekat Sungai Progo yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Nantinya pengunjung yang berada di bangunan rest area tersebut bisa melihat Sungai Progo.

"Yang pertama memang dari Klangon itu untuk menyambut para pengunjung dari New Yogyakarta International Airport (NYIA) dari Kulon Progo. Itu dengan ikon kapal samudra raksa yang ada di relief Candi Borobudur. Saat ini progres hampir 100 persen sampai akhir Desember ini nanti selesai. Di sana ada ikon gerbang itu dan dilengkapi dengan rest area serta kios-kios makanan, suvernir, UMKM," kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Wilayah 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih saat dihubungi detikTravel, Jumat (11/12/2020).

Setelah Klangon selesai, kata Singgih, nantinya akan dilanjutkan untuk pembangunan gerbang di Blondo, Palbapang dan Salaman. Untuk tiga gerbang ini pembangunan dilakukan secara bersama-sama dan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2021.

"Untuk tiga gerbang lain, Insya Allah akhir Desember 2021 selesai. Itu dilaksanakan secara bersamaan. Tiga gerbang itu serentak, termasuk juga selain gerbang itu membangun namanya akses budaya yang poros Mendut, Pawon sampai Borobudur," tuturnya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow