999 +
0
41
0
Tematik Kelas 4: Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan
2 months 'ago'

Tahukah kamu apa sajakah bagian-bagian tumbuhan selain buah? Berikut penjelasannya;

1. Akar

Ada dua macam bentuk akar, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar berfungsi untuk menyerap makanan berupa air dan mineral dari dalam tanah. Pada jenis tumbuhan tertentu, seperti umbi-umbian, wortel dan lobak, akar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

 

2. Batang

Batang berfungsi untuk menyalurkan berbagai zat makanan dan air keseluruh tubuh tumbuhan. Pada tumbuhan tertentu (tanaman tebu), batang juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan. Batang dapat dikelompokan menjadi tiga jenis, yaitu; batang berkayu (pohon mangga dan mahoni), batang rumput (padi dan jagung) dan batang basah (pohon pisang dan bayam).

 

3. Daun

Daun berfungsi sebagai tempat untuk membuat makanan. Daun umumnya berwarna hijau karena mengandung zat warna hijau daun atau klorofil. Klorofil menyebabkan daun dapat mengabsorsi energi caya dan menghasilkan gula dalam proses fotosintesis. Bentu tulang daun ada empat macam, tulang daun menjari (daun pepaya), menyirip (daun mangga), melengkung (daun sirih) dan sejajar (daun padi).

 

4. Bunga

Bunga merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling menarik. Bunga sebagai hasil bentukan dari bakal daun dan batang sehingga bentuk bunga berupa lembaran-lembaran. Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

 

5. Buah

Buah berfungsi melindungi biji tumbuhan. buah terdiri atas daging buah dan biji. Buah bermanfaat sebagai cadangan makanan. Buah juga digunakan untuk menarik makhluk hidup lain sehingga membantu menyebarkan biji yang berada di dalamnya. Buah juga bermanfaat bagi manusia, antara lain sebagai sumber vitamin, mineral dan hiasan.

 

6. Biji

Biji merupakan bagian tubuh tumbuhan yang muncull sebagai akibat dari proses penyerbukan. Berdasarkan jumlah kepingnya tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji tunggal (berkeping satu) dan tumbuhan berbiji belah (berkeping dua). Biji tumbuhan berkeping satu disebut monokotil, sedangkan berkeping dua disebut dikotil. Contoh tumbuhan berbiji tunggal antara lain; jagung, kelapa dan padi. Contoh tumbuhan berbiji belah antara lain; tumbuhan kacang, rambutan dan mangga.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow