Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Layanan Dalam Internet Beserta Penjelasannya

Layanan Dalam Internet Beserta Penjelasannya

- Rabu, 11 November 2020 | 13:00 WIB
Layanan Dalam Internet Beserta Penjelasannya

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet seperti menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah mudah di akses. Berbagai pekerjaan atau kebutuhan dapat dengan mudah selesai melalui internet.

Layanan-layanan yang dihasilkan dari internet memang sangat membantu kehidupan kita saat ini, bisa dibayangkan jika internet mati beberapa jam saja pasti banyak orang yang kebingungan.

Nah berikut macam-macam layanan internet beserta dengan penjelasannya.

1. Email (Elektronic Mail)

Electronic Mail (email) yang berarti ssurat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet yang pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan Email kita dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan Email adalah Tahoo, Gmail, dll.

2. E-Commerce

E-Commerce adalah yalanan intrenet yang digunakan untuk kepentimgan ekonomi. Toko online merupakansalah satu contoh dair layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu peergi ke toko untuk berbelanja, karna kita bisa beli barang secara online dan tidak peerrlu cape, contohnya Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, dll.

3. E-Banking

Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang anda lkukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah bnyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para nasabah Bank tersebut tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa Bank sudah merambah ke dumia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

4. E-Learning

Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatapmuka secara langsung, melainkan dari jara jauh. Koomputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya E-Learning kita dapat membaca materi secara berulang ulangg. Namun dapatmengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.

5. E-Goverment

E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment dciharapkan dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

6. Milist (Mailing List)

Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggona milist dapatmembaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi.

 

Baca Juga :

Perangkat Untuk Mengakses Internet

Cara Mengakses Internet

 

Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atu tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam grup tersebut akan mendapat balasan pesan. Dalam Milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.

7. Internet Relay Chat (IRC)

IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah salah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi inikita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita atau orang tersebut dilengkapi dengan WebCam.

8. Voice Over Internet Protocol (VOIP)

VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIPhanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdpat VOIP Rakyat, anda bisa mengunakan fasilitas ini dengann gratis.

Nah demikian pembahasan mengenai beberapa macam layanan internet beserta dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat yah

Cari Artikel Lainnya