999 +
0
79
0
Langkah-langkah Membuat Kolase
2 weeks 'ago'

Kolase adalah kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai bahan, seperti: kaca, logam, kertas, kain, kayu, biji, dll yang ditata dan ditempelkan pada permukaan gambar, sehingga membuat karya seni baru. Kolase juga merupakan karya seni rupa dua dimensi, dimana penggabungan bahan menjadi satu.

Langkah-langkah mebuat kolase

Pikirkan ide, tema dan gaya kolase

Seperti ingin kolase seperti apa, semisal tema kolase tentang keluarga anda, ataupun kolase tentang tumbuh-tumbuhan. Serta kolase seperti dengan hiasan apa dan lainya. Tema kolase dapat ditentukan sendiri baik sederhana atau rumit. Tema kolase disini maksudnya adalah gambar atau objek yang akan diletakkan pada permukaan bidang.

Papan atau latar belakang dari kolase tersebut

Contoh papan atau latar belakang disini, bisa kertas HVS, karung goni, kertas isap, karton, kain, kayu, kulit kayu halus, dan plasti. Terserah sesuai pemikiran serta harapan pembuat masing-masing

Persiapkan alat dan bahan yang tepat 

 

Membuat kolase dapat dibilang susah-susah mudah karena hanya menggunakan gunting dan lem. Setelah menemukan gunting yang tepat, selanjutnya adalah mempersiapkan bahan.

Jika bahan yang ingin digunakan adalah kertas, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bahan kertas seperti contoh kolase dari Koran atau majalah. Bahan kertas Koran atau majalah dapat Anda gunakan dari barang-barang bekas. Hal ini akan lebih menghemat biaya dan dapat memberi tampilan yang lebih retro atau vintage.

Cara menempelkan 

Agar dapat membuat kolase yang menawan harus juga dilengkapi dengan pemilihan alat yang tepat seperti gunting. Gunting yang tepat akan memotong kertas lebih presisi apalagi memotong kertas yang sangat tipis. Selain itu komposisi kolase juga akan lebih seimbang. Jika menggunakan gunting yang tumpul, terlalu besar, atau terlalu kecil akan akan membuat kurang nyaman dan membutuhkan waktu yang banyak untuk menghasilkan sebuah kolase.

Contoh teknik kolase kertas 

Membuat kolase dapat menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan dan menantang. Berikut adalah teknik contoh kolase dari kertas antara lain:

Potongan kertas yang dicat

Anda dapat mencetak kertas terlebih dahulu misalnya melukis atau membuat tekstur pada kertas. Keringkan dan gunting membentuk ukuran yang Anda inginkan.

Mengkombinasi kertas bekas 

Kertas bekas dapat diperoleh misalnya dari amplop dan lembaran buku yang sudah tidak terpakai.

Mengkombinasi foto dan kertas yang bertekstur

Foto juga dapat dijadikan bahan kolase yang lucu, ekspresif, atau sentimental. Anda bisa juga mendapatkan berbagai foto dari majalah-majalah bekas lama. Kemudian selanjutnya mengatur latar dan letak foto dengan kertas bertekstur. Anda juga bisa menambahkan sedikit warna dari percikan cat di kuas.

Menggunakan benang sulam dan perca 

Benang sulam dan kain perca juga dapat dijadikan bahan kolase yang sangat menarik. Kombinasi dua bahan tersebut ditambah lagi dengan kertas akan menghasilkan bentuk yang unik.

Stempel dan bahan yang bercampur 

Anda juga bisa menambahkan stempel pada kolase. Cara membuat stempel pun juga bisa dilakukan dengan sangat mudah misalnya dari kentang. Caranya dengan memotong sebagian kentang dan gambar sebuah desain atau tekstur pada setengah bagian ketang. Selanjutnya celupkan bagian setengah kentang yang telah digambar ke dalam cat dan stempelkan pada permukaan yang telah disiapkan.

Merangkai kertas 

Contoh kolase kertas selanjutnya adalah dengan merangkai kertas menjadi bentuk lajur dan lain sebagainya. Agar lebih terlihat indah sebaiknya menggunakan dua warna kertas yang berbeda.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow