Home » Kongkow » Hobi » 7 Jenis Gaya Aquascape dari Berbagai Negara

7 Jenis Gaya Aquascape dari Berbagai Negara

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:00 WIB
7 Jenis Gaya Aquascape dari Berbagai Negara

Gaya dalam Aquascape

Tahukah Anda apa itu Aquascape? Ini merupakan salah satu seni penataan atau mendesain ruang dalam air dengan tambahan berbagai macam aksesoris. Orang biasanya melakukan aquascape karena hobi atau bisa juga karena memang ia memiliki peliharaan ikan. Dalam jenisnya, aquascape sendiri memiliki beragam jenis. Penasaran apa saja jenis-jenis aquascape? Berikut beberapa diantaranya :

1. Freehand aquascape style

Ini adalah jenis aquascape yang mempunyai gaya aliran lebih bebas bahkan paling bebas di antara yang lainnya. Freehand aquascpe ini biasanya lebih mengandalkan kreativitas individual, tidak dibatasi oleh teknik apapun. Namun biar demikian jenis aquascape ini biasanya menggunakan beberapa bahan material sejenis tanaman, batu, karang dan juga rumput.

2. Aquascape Gaya Natural/ Nature style

pasir apa saja untuk aquascape, akar apa saja untuk aquascape, tanaman apa saja untuk aquascape, apa saja yang ada di aquascape, apa <a href=aquascape itu, aquascape apa sih, apa itu aquascape iwagumi, apa bisa aquascape tanpa co2, apa itu aquascape nano, apa itu soil aquascape, apa itu twinstar aquascape, apa itu alga aquascape" src="https://www.ekor9.com/wp-content/uploads/2018/11/hal-yg-dibutuhkan-aquascape.jpg" style="height:341px; width:400px" />

Ini adalah jenis aquascape yang pertama kali muncul di negara Jepang. Tema dari aquascape ini menerapkan konsep perkebunan wabi sabi. Untuk ciri khasnya biasanya akan ada pada proses penataan yang memadukan style alami dengan tambahan batu, tanaman air sampai kayu apung. Biasanya juga untuk jenis aquascape ini memiliki tema besar berbentuk landscape seperti bukti, laut, gunung bahkan sampai miniature taman.

3. Aquascape Gaya Belanda/ Dutch Style

Dutch aquascape merupakan jenis aquascape yang berasal dari kawasan Belanda. Dengan mengedepankan keindahan panorama di Eropa serta iklimnya menjadi aquascape ini begitu unik karena akan mencerminkan bagaimana perubahan tiap musim di Eropa terus terjadi.

Dutch style sendiri sudah menjadi aquascape yang terpopuler di dunia. Sementara untuk bahan materialnya sendiri memang cukup rumit bahkan susah untuk dicari karena tanaman yang digunakan tidak semuanya tumbuh di kawasan Eropa.

4. Jenis Aquascape Iwagumi

Iwagumi sama seperti nature style berasal dari Jepang, namun untuk gaya aquascape ini, penataannya lebih cenderung modern karena memang dipelopori oleh bapak aquascaping modern yaitu Takashi Amano. Memiliki ciri khas dimana batunya tersusun menggunakan prinsip golden ratio dan juga rule of thirds atau penataan 3 jenis batu yang sering disebut batu ayah/primer/father stone serta 2 batu sekunder yang ukurannya bisa lebih kecil.

5. Gaya Aquascape Taiwan/ Taiwanese style

Sudah sangat jelas kalau Taiwanese ini berasal dari Taiwan. Konsep aquascape yang memiliki konsep dengan penerapan unsur kehidupan. Dimana nantinya akan lebih menonjolkan sisi lain dari keindahan pemandangan kolam bawah air. Seakan-akan terdapat makhluk selain ikan sehingga tidak mengherankan kalau jenis aquascape ini sering memasukan benda aneh seperti patung.

6. Forest Aquascape Style

aquascape gaya hutan, bisakah membuat <a href=aquascape tanpa filter, bisakah lumut untuk aquascape, haruskah aquascape menggunakan co2, haruskah aquascape menggunakan filter, kenapa aquascape berlumut, kenapa aquascape keruh, kenapa aquascape butuh co2, kenapa aquascape berbusa, kenapa aquascape gagal, kenapa aquascape mahal, kenapa tanaman aquascape menguning, kenapa tanaman aquascape mati, kenapa air aquascape kuning, kenapa ikan aquascape mati, mengapa tanaman aquascape menguning" src="https://www.ekor9.com/wp-content/uploads/2018/11/jenis-gaya-aquascape.jpg" style="height:299px; width:400px" />

Forest style atau bisa disebut juga jungle style merupakan tema umum yang gayanya juga bisa sangat banyak. Namun inti dari konsep ini adalah mempresentasikan bagaimana kehidupan di dalam hutan sehingga tidak heran bila disebut sebagai jungle style atau forest style. Karena memang peniruannya adalah ekosistem di dalam hutan, sehingga tidak heran bila tanaman yang digunakan cenderung lebih besar, tinggi dan juga berkayu.

7. Collectoritis Style

Collectoritis agak mirip dengan freehand style, namun bedanya ada pada pemanfaatan bahan material yang lebih beragam dan biasanya akan di luar mainstream. Aquascape jenis ini juga bisa menjadi media untuk bisa menyalurkan hasrat mengumpulkan benda khusus bahkan cenderung aneh. Sehingga bila melihatnya mungkin ada benda aneh namun bagi si pemilik memiliki artinya tersendiri.

Itulah 7 jenis aquascape yang ada di dunia dan sering dijadikan acuan untuk pegiat hobi aquascape saat pertama kali belajar dan berkecimpung di dunia aquascape.

Cari Artikel Lainnya