Home » Kongkow » Religi Kristen » 7 Cara berdoa yang benar ? Agar Doa Mu di Jawab

7 Cara berdoa yang benar ? Agar Doa Mu di Jawab

- Sabtu, 11 April 2020 | 08:17 WIB
7 Cara berdoa yang benar ? Agar Doa Mu di Jawab
Memiliki Sikap dan Doa Yang Benar di HadapanNya
Seperti yang kita ketahui, doa merupakan nasfas kehidupan bagi orang percaya. Dengan berdoa, hubungan kita bersama dengan Allah jadi dipulihkan supaya kita dapat menyadari apa kehendak Tuhan di di dalam hidup kita. Doa termasuk merpakan bentuk persekutuan kita bersama dengan Tuhan. Selain itu doa termasuk merupakan bentuk komnikasi kita bersama dengan Tuhan.

Berdoa merupakan hak istimewa yang telah Tuhan berikan bagi kita. Dikatakan sebagai hak istimewa dikarenakan tidak seluruh orang dapat berdoa kepadaNya. Selain itu, kala kita berdoa kepadaNya kita diijinkan untuk menyebut namaNya apalagi memanggilNya bersama dengan sebutan Bapa. Ini pasti jadi hak yang istimewa bagi kita anak-anakNya.

Sempat disinggung sebelumnya bahwa doa merupakan bentuk komunikasi kita bersama dengan Allah. Komunikasi yang berhubungan di di dalam doa bukanlah merupakan komunikasi satu arah dimana cuma kita saja yang bicara denganNya, namun merupakan komunikasi dua arah dikarenakan lewat doa yang kita panjatNya, Ia termasuk bicara bersama dengan kita.

Setiap orang yang memanjatkan doa kepadaNya pasti miliki pokok doa yang inginkan didoakan. Pokok doa yang didoakan oleh tiap-tiap orang tentu saja berlainan terkait tujuan mengapa ia berdoa. Pokok doa yang kita panjatnya dapat berbentuk pokok doa privat apalagi dapat pula pokok doa yang dinaikkan bagi orang lain. Ketika kita bedoa bagi orang lain, artinya orang tersebut sedang miliki kelemahan supaya ia perlu pemberian doa dan kapabilitas dari sesamanya misalkan kala ia sedang sakit.

Ketika kita berdoa, kita dapat merasakan kuasa Allah nyata dan bekerja di dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan. Ketika kita rajin bersekutu denganNya, kita telah membangun sebuah hubungan yang intim denganNya supaya kita bakal lebih dekata dan merasakan kuasaNya. Pernahkah kala anda lupa berdoa anda merasa gusar seharian penuh? Jika pernah, artinya Roh Kudus sedang bekerja untuk mengingatkan anda berdoa sebelum akan mengawali aktivitas.

Unsur-Unsur Yang Terkandung Dalam Doa

Ketka kita berdoa, ada unsur-unsur mutlak di dalam doa yang perlu kita perhatikan. Unsur-unsur doa tersebut antara lain:

1. Penyembahan

Penyembahan merupakan ungkapan hormat kita yang terdalam kepada Allah. Seringkali kita membiarkan perihal ini di dalam tiap-tiap doa yang kita panjatkan. Penyembahan merupakan perihal yang perlu ada di dalam tiap-tiap doa yang kita panjatkan dikarenakan penyembahan merupakan bukti hormat kita kepada Allah atas kebesaran dan kasihNya di di dalam kehidupan kita. Oleh dikarenakan itu, mulailah berdoa bersama dengan menyembah dan memuji nama Tuhan.

2. Pengucapan syukur

Ucapan syukur adalah ungkapan menerima kasih kita kepada Allah atas segala perihal yang telah Ia lakukan di dalam kehidupan kita. Seringkali kita membiarkan unsur ini dikarenakan kita terlalu fokus bakal bakal yang kita doakan hingga kita melalui karunia penyertaan Tuhan di dalam hidup kita. Pengucapan syukur merupakan bukti kita tetap dapat merasakan kasihNya di dalam kehidupan kita. KasihNya yang kita rasakan tidak cuma hari ini saja Ia curahkan, namun setap detik di dalam kehidupan kita Ia tetap mencurahkan kasih dan berkatNya supaya tidak ada lasan bagi kita untuk tdak bersyukur.

3. Pengakuan dosa

Dosa merupakan penghalang relasi kita bersama dengan Allah. Oleh dikarenakan itu kala kita berdoa, minta ampunlah dan akuilah segala dosa yang telah kita perbuat supaya Tuhan melayakkan kita untuk dapat hadir dihadapanNya. Pengakuan dosa ini termasuk pertanda bahwa kita adalah makhluk yang lemah yang tidak dapat hidup tanpa penyertaanNya. Oleh dikarenakan itu, kita perlu mengakui dosa kita di hadapanNya dikarenakan tidak ada satu pun manusia yang dapat luput dari dosa.

4. Permohonan untuk diri sendiri dan untuk orang lain

Selain untuk diri kita sendiri, berdoa termasuk dapat ditunaikan untuk orang lain. Berdoa bagi orang lain termasuk merupakan hak istimewa sekaligus tanggung jawab yang Allah berikan kepada kita. Ketika kita berdoa bagi orang lain, kuasa Allah dapat secara nyata hadir bagi orang tersebut. Berdoa untuk orang lain sering kali kita lupakan dikarenakan kita beranggap bahwa cuma dir kitalah yang sedang mengalami ada masalah dan perlu kekuatan. Mendoakan orang lain justru merupakan bentuk kasih kita kepada sesama sebagai bukti bahwa Allah termasuk telah mengasihi kita.

Mengapa Tuhan Tidak Menjawab Doa Kita?

Ketika kita telah tiap hari berdoa kepadaNya namun Ia tidak menjawab doa kita bukan artinya Ia tidak mengasihi kita. Ia belum menjawab doa kita dikarenakan Ia inginkan lihat hingga sejauh mana kita dapat meminta kepadaNya. Terkadang jawaban doa yang kita naikkan kepada Tuhan tidaklah tetap perlu jawaban atas apa yang kita inginkankan. Hidup yang kita kalani merupakan milik Tuhan supaya mestinya Ia yang memilih apa yang Ia bakal berikan bagi anakNya.

Sesungguhnya Tuhan tetap menjawab doa kita dan mencukupi segala kebutuhan kita menurutkehendakNya. Ada 3 jawaban doa yang Tuhan berikan kepada kita yakni Ya, Tidak dan Tunggu Dulu. Ketka Tuhan bicara Tidak, bukan artinya Ia tidak bakal menunjang kita. Justru Ia bakal menambahkan suatu hal yang lebih baik dari apa yang kita harapkan. Ia menyadari apa yang kita perlukan dan butuhkan melebihi diri kita sendiri. Oleh dikarenakan itu, tetaplah berdoa kepadaNya dikarenakan Ia bakal tetap menambahkan yang paling baik bagi kita.

Cara Berdoa Yang Benar Agar Doa Dijawab

Berdoa merupakan nafas kehidupan bagi tiap-tiap orang yang yakin kepadaNya. Terkadang keluar pertanyaan kapankah sebaiknya kita berdoa supaya doa kita dijawab olehNya. Sebagai orang percaya, tentu saja kita perlu menyadari dan menyadari bahwa kita perlu berdoa tiap-tiap saat. Doa sesungguhnya dapat ditunaikan dimana saja dan kapan saja. Ketika kita berdoa di di dalam hati, itu termasuk termasuk ke di dalam berdoa dikarenakan berdoa tidak perlu tetap dinaikkan bersama dengan sikap berdoa.

Namun, ada cara berdoa yang baik untuk dilakukan. Cara baik itu adalah bersama dengan buat persiapan sementara kita, mencari tempat tenang selanjutnya menenangkan hati dan berharap Kedatangan Tuhan, membaca Alkitab, memperlihatkan respon kita bersama dengan berdoa, merenungkan firman yang telah dibaca. Bagi kita kadang kala sulit untuk buat persiapan sementara tertentu bagi Tuhan untuk berdoa. Seringkali kita terlalu repot bersama dengan urusan privat kita dan seringkali membiarkan Tuhan. Kita lakukan perihal itu seakan kita dapat hidup tanpa bimbingan Tuhan. Kita cuma berdoa kala kita bahagia saja. Jika kita seperti itu, bagaimana kita dapat bertumbuh di dalam iman dan dapat menyadari maksud Tuhan di dalam kehidupan kita? Marilah kita belajar untuk membangun hubungan yang dekat denganNya. Kita tetap menntut Tuhan untuk menjawab doa kita namun kita enggan untuk berdoa kepadaNya. Bagaimana dapat Ia menjawab doa kita?

Salah satu alasan mengapa Tuhan tidak menjawab doa kita adalah dikarenakan sikap kita dan isikan doa kita yang tidak senang di hadapanNya. Lalu sebenarnya, bagaimana cara berdoa yang benar supaya doa kita dijawab olehNya? Berikut merupakan cara berdoa yang senang di hadapanNya.

1. Percaya

Hal pertama yang perlu kita miliki supaya doa kita dijawab olehNya yakni sikap percaya. Dengan sikap ini artinya kita yakin bahwa Allah bakal mendengarkan tiap-tiap doa yang kita panjatkan kepadaNya. Dengan percaya, kita dapat memelihara iman kita kepada Allah. Sikap ini terlalu mutlak kita miliki dikarenakan bagaimana bisa saja kita dapat berdoa tanpa yakin bahwa Ia terlalu bakal menjawab doa kita? Percaya termasuk bakal mengakibatkan kita miliki iman supaya kita bakal mengimani bahwa Allah bakal mendengar dan mengabulkan doa kita.

2. Berpuasa

Berpuasa merupakan cara kita untuk membangun hubungan yang lebih intim bersama dengan Allah. Dengan ada hubungan yang lebih intim bersama dengan Allah, maka Ia bakal mendengarkan isikan hati kita dan kita bakal dapat mendengar suaraNya, Berpuasa bukanlah merupakan perihal yang patut kita permainkan dikarenakan di di dalam puasa kuasa Tuhan nyata tercurah. Dengan berpuasa termasuk kita dapat melakukan perbaikan sikap serta hati kita supaya kita dimampukan ntuk mendengar suaraNya.

3. Minta bimbingan Roh Kudus

Roh Kudus merupakan Roh Allah yang adadalam diri tiap-tiap manusia. Roh Kudus bakal membimbing kehidupan manusia dan bakal memampukan manusia mendengar maksud Tuhan di di dalam hidupnya. Oleh dikarenakan itu, mintalah bimbingan Roh Kudus untuk menuntun kita lebih dekat denganNya dan supaya kita dapat menyadari maksud Allah di di dalam hidup kita. Ketika kita telah meminta bibingan Roh Kudus maka kita bakal dapat mendengar nada Allah.

4. Berserah

Berserah artinya yakin seluruhnya kepada Allah. Dengan berserah penuh kepada Allah tentu saja Ia bakal menjawab tiap-tiap doa kita dan bakal menambahkan jalur keluar atas tiap-tiap pergumulan yang kita hadapi. Ooleh dikarenakan itu, kala kita miliki pergumulan, serahkanlah pergumulan itu kepada Allah maka Ia bakal menjawab doamu.

5. Taat

Taat merupakan tidak benar satu bentuk loyalitas kita kepada Allah. Orang yang taat pasti hidupnya bakal seturut bersama dengan kehendak Allah dikarenakan ia tidak inginkan mengecewakan Allah. Sikap taat ini tentu saja diperlukan kala seseorang bakal berdoa. Taat yang dimiliki bakal mengakibatkan hati Tuhan tergerak. Oleh dikarenakan itu, jika doa kita inginkan dijawab oleh Allah taatlah kepadaNya bersama dengan hidup seturt bersama dengan kehendakNya. Senangkanlah hatiNya lebih-lebih dahulu sebelum akan minta suatu hal kepadaNya.

6. Bersekutu

Bersekutu merupakan cara yang dapat kita lakukan supaya doa kita dijawab olehNya. Bersekutu bersama dengan orang yang yakin kepadaNya termasuk bakal mengakibatkan kita semakon bertumbuh di di dalam kasih Tuhan. Bahkan di dalam Alkitab pun dikatakan jika dua atau tiga orang berkumpul di dalam namaNya maka Ia bakal hadi disana. Jika doa mu inginkan dijawab olehNya cara berdoa yang benar yang dapat dilakuakn yakni bersama dengan bersekutu.

7. Berdoa Di Dalam Nama Yesus

Salah satucara berdoa yang benaryang terakhir agardoa kita dijawab olehNya adalah bersama dengan berdoa di di dalam namaNya. Ketika kita berdoa di di dalam namaNya artinya kita menyerahkan doa itu cuma kepadaNya dan yakin bahwa Ia bakal mendengar dan menjawab doa kita. Doa yang dinaikan di dalam namaNya termasuk jauh lebih senang di hadapnNya. Bukankah sesungguhnya segala suatu hal yang berjalan di dalam hidup ini sesungguhnya karenaNya? Oleh dikarenakan itu mulailah berdoa bersama dengan mengalaskan doa kita di di dalam namaNya.

Doa merupakan perihal istimewa yang Allah berikan bagi kita umatNya supaya tiap-tiap hari haruslah kita berdoa kepadaNya. Ketika Tuhan belum menjawab doamu bukan artinya Ia tidak bakal menjawabNya. Ia pasti bakal menjawabnya menurut waktuNya dikarenakan Ia menyadari apa yang diperlukan oleh umatNya. Salah satu perihal yang mengakibatkan doa kita tidak dijawab olehNya adalah dikarenakan sikap atau isikan doa kita yang tidak senang dihadapanNya. Oleh dikarenakan itu berdoalah bersama dengan benar seturut bersama dengan kehendakNya. Kiranya artikel ini dapat berguna bagi kita semua.
Cari Artikel Lainnya