Home » Kongkow » Religi Kristen » 7 Makna Paskah Bagi Umat Kristen dan Kisah Kebangkitan Kristus

7 Makna Paskah Bagi Umat Kristen dan Kisah Kebangkitan Kristus

- Jumat, 08 April 2022 | 08:11 WIB
7 Makna Paskah Bagi Umat Kristen dan Kisah Kebangkitan Kristus
Paskah atau dalam bhs Inggrisnya Passover berasal dari bhs Ibrani yakni Pesah dan bhs Yunani yakni Paskha. Paskah merupakan salah satu perayaan paling penting dalam th. gerejawi Kristen sebab Paskah sendiri mempunyai tujuan untuk merayakan kebangkitan Kristus dari kematian.
Bagi umat Kristiani, Paskah sama juga bersama dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai anak domba Paskah. Ini menyangkut keyakinan umat Kristen tentang kematian Yesus dan terhadap hari yang ketiga bagkit dari antara orang mati. Paskah merupakan momen paling sakral dalam hidup Yesus.

Kitab Suci sendiri menghubungkan kata Paskah bersama dengan akar kata Psh yang bermakna timpang atau melangkahi atau melewati. Kata itu ditujukan bersama dengan momen saat Allah menyelamatkan dan lewat anak-anak sulung bangsa Israel ketik Ia membinasakan seluruh anak sulung di Mesir. Sebelum itu, Allah menyuruh bangsa Israel menyembelih seekor domba atau kambing lalu memercikkan darahnya ke kusen pintu mereka. Allah bakal menyaksikan sinyal ini dan lewat tempat tinggal umat Israel sehingga anak sulung mereka jadi selamat.

Namun tersedia teori lain yang menghubungkan kata Pesah bersama dengan kata Akkadian atau Pashahu yang bermakna mendamaikan atau menenangkan sebab kebangkitan Kristus dari antara orang mati sudah mendamaikan manusia dari dosa. Selain itu, tersedia teori moderen yang menghubungkan Pesah bersama dengan bhs Mesir yang terkecuali disimpulkan miliki arti sebuah pukulan. Arti ini menandakan bagaimana bangsa Mesir seolah dipukul Allah bersama dengan tulah yang mematikan.

Di luar dari asal usul kata Paskah sendiri, Paskah mulanya dirayakan oleh para gembala bersama dengan mengurbankan hewan muda mereka bersama dengan harapan hewan gembalaan mereka sanggup tumbuh bersama dengan subur. Perayaan ini lantas merasa digabungkan bersama dengan perayaan lain yakni perayaan Roti Tak Beragi.

Perayaan Roti Tak Beragi merupakan sebuah perayaan pertanian yang merasa dirayakan oleh bangsa Israel sehabis mereka berdiam di tanah Kanaan. Perayaan Roti Tak Beragi biasanya dirayakan sepanjang satu minggu yakni merasa dari Sabat hari ini hingga Sabat minggu selanjutnya.
Pada saat ini, Paskah tetap dirayakan setiap tahunnya bersama dengan tanggal yang berubah-ubah sehingga dalam Kekristenan disebut bersama dengan perayaan yang berpindah. Hal ini sebab perayaan Paskah sesuai bersama dengan hari tertentu lebih-lebih hari Minggu, bukan sebab tanggal tertentu di dalam kalender lain.

Awal mulainya Kekristenan merayakan Paskah yang berbeda di tiap tahunnya. Kekristenan ritus Barat merayakan Paskah antara akhir bulan Maret hingga akhir bulan April. Kekristenan ritus Timur merayakan Paskah awal bulan April hingga awal bulan Mei setiap tahunnya tergantung siklus bulan. Selama ratusan th. gereja-gereja tidak meraih suatu kesepakatan terkait perayaan Paskah ini. Namun terhadap saat ini, gereja-gereja sudah meraih kesepakatan dan terima perhitungan Gereja Aleksandria yang saat ini disebut sebagai Gereja Koptik yang pilih bahwa hari Paskah jatuh terhadap hari Minggu pertama sehabis Bulan Purnama Paskah, yakni bulan purnama pertama yang hari keempat belasnya.

Paskah dan Gereja
makna paskah bagi umat katolik
lovethispic.com

Paskah meruakan perayaan tertua di dalam Gereja Kristen yang merupakan penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Menurut kebiasaan Gereja Sinoptik, Paskah menunjuk terhadap Perjamuan Kudus, yang didasari dari perjamuan malam yang merupakan perjamuan perpisahan antara Yesus dan murid-muridNya.

Paskah merupakan perayaan tertua di dalam gereja Kristen, penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Paus Leo Agung (440-461) mengutamakan pentingnya Paskah dan menyebutnya festum festorum – perayaan dari seluruh perayaan, dan bicara bahwa Natal cuma dirayakan untuk mempersiapkan perayaan Paskah. Karenan Paskah dirayakan oleh gereja-gereja Kristen bersama dengan adanya sakramen Perjamuan Kudus maka sakramen tersebut dikatakan juga sebagai Perjamuan Paskah Kristen atau Perjamuan Kudus Jumat Agung.

Di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kata Paskah disebutkan sebanyak 80 kali dalam 72 ayat saat di dalam terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) disebutkan sebanyak 86 kali dalam 77 ayat.
kisah paskah
dayoutwiththekids.co.uk

Paskah dirayakan pertama kali oleh gereja mula-mula. Gereja awal mulanya merayakan Paskah bersama dengan berkumpul bersama, perjamuan simpel dan berdoa. Dalam perjalanan misinya, Paulus tetap mengingatkan jemaat yang tersedia dalam gereja awal mulanya bakal pentingnya momen kebangkitan Kristus dari antara orang mati dan pentingnya perkataan Yesus terhadap saat Perjamuan Malam Terakhir sehingga Paskah wajib tetap dirayakan oleh umat kristen untuk mengenang Kristus.
Kekristenan ritus Barat dan Kekristenan ritus Timur miliki perayaan Paskah yang berbeda. Pada Kekristenan ritus Barat (Latin), Paskah menandai berakhirnya masa Pra-Paskah di mana sepekan sebelum akan memasuki Minggu Paskah disebut sebagai Pekan Suci.

Hari pertama dalam Pekan Suci diperingati sebagai Minggu Palma yang memperingati masuknya Yesus ke kota Yerusalem bersama dengan menaiki kedelai. Tiga hari terakhir sebelum akan Minggu Paskah disebut sebagai Kamis Putih untuk memperingati Perjamuan Malam terakhirYesus, Jumat Agung memperingati kematian Yesus di kayu salib dan Sabtu Suci untuk memperingati hari Yesus terhadap saat di kuburan. Ketiga hari tersebut lantas disebut sebagai Trihari suci atau Triduum Paskah.

Beda halnya bersama dengan Kekristenan ritus Timur (Oriental). Kekristenan ini merayakan Paskah dimulai dari masa persiapan Paskah atau yang dikenal bersama dengan nama masa Puasa Besar dan dimulai sejak Senin Bersih. Puasa Besar ini ditunaikan sepanjang 40 hari juga hari Minggu. Pekan terakhir dalam masa persiapan Paskah dikenal bersama dengan Pekan Palma yang berakhir bersama dengan hari Sabtu Lazarus. Sehari sehabis itu lantas ditunaikan Minggu Palma, Pekan Suci lalu berakhir terhadap Minggu Paskah. Pekan sehabis Minggu Paskah disebut sebagai Pekan Terang. Sedangkan masa sehabis Minggu Paskah hingga Minggu Para Kudus disebut sebagai Pentakostarion.
Makna Paskah Bagi Umat Kristen
kegiatan paskah
spaclubbor.com

Paskah yang dirayakan oleh umat Kristen setiap tahunnya tentu miliki makna. Adapun arti Paskah bagi umat Kristen sendiri antara lain:

1. Paskah adalah penggenapan
Paskah merupakan penggenapan atas nubuat-nubuat yang tersedia di dalam Perjanjian Lama tentang Yesus yang menderita, mati dan bangkit lagi dari antara orang mati untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa.

2. Paskah adalah pengampunan
Paskah merupakan pengampunan atas dosa-dosa manusia yang dibayar lunas bersama dengan darahNya yang kudus. Dalam Perjanjian Lama, dosa manusia bakal terbayar terkecuali ia mempersembahkan darah dosa. Namun, sehabis kehadiran Kristus dosa kami diselamatkan bersama dengan darahNya.

3. Paskah adalah pemulihan
Bagi orang percaya, Paskah merupakan pemulihan jalinan antara manusia bersama dengan Allah yang sudah rusak akibat dosa.

4. Paskah adalah jaminan
Paskah merupakan suatu jaminan bagi umat percaya sehingga kelak kami bakal memperoleh hidup kekal besama Bapa di Sorga sebab Allah sudah menebus dosa kami lewat kematianNya di kayu salib.

5. Paskah adalah kemenangan
Paskah merupakan kemenangan bagi orang percaya sebab lewat kematian dan kebangkitan Kristus dari antara orang mati kami menang atas iblis, dosa dan kematian.

6. Paskah adalah pembebasan
Paskah merupakan pembebasan kami dari Hukum Taurat sebab oleh kematian Yesus Hukum Taurat tersebut sudah dibatalkan. Yang ditujukan bersama dengan dibatalkan yakni digenapi. Dengan kehadiran Yesus ke dalam dunia ini, Ia sudah menggenapi seluruh Hukum Taurat secara sempurna.

7. Paskah adalah kehidupan yang baru
Paskah merupakan kehidupan baru sebab lewat kematian dan kebangkitan Yesus manusia bakal miliki hidup baru yang memuliakan Allah.
Kiranya lewat kebangkitanNya dari antara orang mati kami sanggup tahu arti sebenarnya dari Paskah yang setiap tahunnya kami rayakan. Semoga artikel ini sanggup berfungsi dan memberikan Info bagi kami semua.
Cari Artikel Lainnya