Home » Kongkow » Religi Kristen » Apa itu Sabtu Suci? Sebagai Persiapan Perayaan Paskah

Apa itu Sabtu Suci? Sebagai Persiapan Perayaan Paskah

- Senin, 11 April 2022 | 07:45 WIB
Apa itu Sabtu Suci? Sebagai Persiapan Perayaan Paskah
Sabtu Suci atau biasa kita sebut sebagai Sabtu Paskah, Sabtu Sunyi atau Sabtu Sepi berasal dari bahasa Latin yaitu Sabbatum Sanctum yang berarti Hari Sabat Suci. Sabtu Suci merupakan hari setelah Jumat Agung dan sebelum Minggu Paskah. Bisa dikatakan Sabtu Suci merupakan hari terakhir dalam Pekan Suci atau Trihari Suci sebagai persiapan perayaan Paskah yang dilakukan oleh umat Kristen. Hari Sabtu Suci sendiri merupakan hari untuk memperingati tubuh Yesus yang dibaringkan dalam kubur dimana sebelumnya Yesus telah mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia dan keesokannya Ia akan bangkit dari antara orang mati. Kejadian ini tertulis dalam seluruh Injil Sinoptik yaitu pada Matius 27:57-61; Markus 15:42-47; Lukas 23:50-56 dan Yohanes 19:38-42.
Sabtu Suci

Seringkali Sabtu Suci ini dilupakan oleh sebagian besar orang. Kebanyakan diantara kita bahkan hanya mengetahui Jumat Agung dan Paskah saja tanpa mengetahui apa sebenarnya Sabtu Suci itu.

Sabtu Suci seringkali dilupakan karena tidak ada kejadian spektakuler di dalamnya. Jika bicara mengenai Jumat Agung pasti kita langsung mengetahui bahwa pada hari itu Tuhan Yesus mati di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia dan pada saat Paskah Ia bangkit dari antara orang mati. Beda halnya jika kita berbicara mnegenai Sabtu Suci, Mungkin kita harus berpikir terlebih dahulu apa sebenarnya Sabtu Suci itu.

Sebagai umat Kristiani tentunya kita diajak untuk selalu mengenang kematianNya di kayu salib serta kemenanganNya atas maut pada hari Minggu Paskah. Namun, kita sendiri seringkali tidak mau menunggu perubahan yang terjadi pada kedua hari besar tersebut. Makna dari Sabtu Suci sendiri sering dilupakan oleh kebanyakan orang.

Sabtu Suci sebenarnya mengandung makna bahwa Allah terus bekerja dalam hidup kita. Sabtu Suci dapat kita gunakan untuk merenung dan bersyukuratas segala pekerjaan yang telah Ia lakukan di dalam hidup kita. Mungkin pada saat ini kita belum dapat melihat perubahan apa yang terjadi di dalam hidup kita. Namun, kelak kita pasti akan merasakan betapa besar pekerjaan Allah dalam hidup kita ketika kita terus menunggunya.

Selama kita menunggu tentunya kita tidak boleh hanya diam saja namun kita harus tetap bekerja dan tidak berpangku tangan, sama seperti yang Yesus lakukan dalam hidup kita. Pada Sabtu Suci Yesus bekerja untuk mengalahkan maut sehingga pada hari yang ketiga Ia dapat bangkit dari antara orang mati dan mengalahkan maut itu.

Hari Menjelang Sabtu Suci
Adapun hari-hari menjelang Sabtu Suci antara lain:

1. Jumat Agung
Jumat Agung merupakan peristiwa dimana Yesus mati di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia sehingga kita beroleh keselamatan yang berasal dari padaNya.

2. Sabtu Suci
Mungkin sedikit berbeda dengan Jumat Agung dan Minggu Paskah sebab pada Sabtu Suci tidak ada sesuatu yang terjadi pada tubuh Yesus sebab pada hari itu tubuh Yesus telah dimakamkan setelah kematianNya. Meskipun tubuhNya ada disana, namun rohNya berada di neraka bersama-sama dengan mereka yang menolak rencana Penyelamatan Tuhan. Disana Ia ada untuk mengajarkan Injil dan membayar dosa manusia yang berdosa. Ia rela mengalami itu sebab Ia sangat mengasihi kita anak-anakNya.

Sabtu Suci bisa dikatakan sebagai hari penantian akan kebangkitan Yesus dari antara orang mati sebab RohNya tidak ada di bumi meskipun tubuhNya ada disana.

3. Minggu Paskah
Minggu Paskah merupakan perayaan yang paling dinantikan dimana pada minggu ini Yesus bangkit dari antara orang mati dan memberikan kemenangan bagi kita yang percaya kepadaNya.
Demikianlah artikel ini dibuat. Kiranya artikel ini dapat memberikan informasi dan menjadi berkat bagi kita semua. Semoga pada saat ini kita dapat memaknai apa itu sebenarnya Sabtu Suci yang seringkali kita lewatkan.
Cari Artikel Lainnya