Home » Kongkow » Materi » Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas

- Kamis, 27 Agustus 2020 | 18:00 WIB
Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas

Tata surya adalah tempat yang kita tinggali saat ini. Sejauh ini, hanya bumi planet satu-satunya yang bisa ditinggali oleh manusia. Sementara, planet lain memiliki kondisi yang cukup ekstrem untuk ditempati manusia, seperti kadar oksigen yang terlalu rendah, tidak adanya air hingga suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Tahukah kamu urutan planet dari yang paling dingin hingga panas? Dan kira-kira bumi ada di urutan nomor berapa sih? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Pluto

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yuksciencenews.org

Masuk akal apabila Pluto menjadi planet paling dingin di tata surya. Bukan hanya karena letaknya yang paling jauh dari matahari, tetapi juga komposisi planet yang terbuat dari es dan batu. Planet kerdil ini memiliki suhu terhangat -223ºC dan suhu terdingin -233ºC, jelas laman Space. So cold!

Suhu pada permukaan lebih dingin daripada suhu atmosfer karena pengaruh zat metana yang menyebabkan intervensi suhu. Sementara, jika sedang hangat, suhu ini bisa menyuburkan nitrogen yang ada di atmosfer Pluto, ungkap laman World Atlas.

2. Neptunus

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yuktechspot.com

Planet dengan urutan ke-8 di tata surya ini memiliki suhu terdingin -218ºC dan suhu terhangat -200ºC, ungkap laman Universe Today. Hidrogen dan helium adalah zat penyusun utama planet Neptunus. Planet ini sering dilanda badai besar dengan angin yang sangat kencang, membuat suhu di dalamnya menjadi semakin dingin.

Dibandingkan dengan bumi, Neptunus menerima sinar matahari 1000 kali lebih sedikit. Atmosfernya terdiri dari gas metana, hidrogen, helium dan amonia. Sementara, bagian inti planet diperkirakan memiliki suhu sekitar 7000ºC, ungkap laman Sciencing.

3. Uranus

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yukworldatlas.com

Uranus memegang posisi sebagai planet terdingin ke-3 setelah Neptunus. Suhu terdingin di planet ini adalah -218°C dan suhu terhangat -153°C, terang laman Space. Komposisi Uranus terdiri dari hidrogen, helium dan metana. Sementara, suhu inti planet Uranus sekitar 5.000°C, sedikit lebih dingin dari inti planet Neptunus.

Ukuran planet Uranus lebih besar dari bumi. Diameter planet Uranus adalah 50.724 kilometer, sementara diameter bumi hanya sekitar 12.742 kilometer. Atmosfer bagian atas planet terdiri dari air, amonia dan kristal es metana yang memberi planet ini warna biru pucat, tutur laman Space Facts.

4. Saturnus

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yukwwjnewsradio.radio.com

Beranjak ke Saturnus, planet bercincin ini memiliki suhu terdingin sekitar -173°C dan suhu terhangat -113°C, ungkap laman Space. Komposisi Saturnus adalah hidrogen, helium, belerang, metana, amonia, nitrogen dan oksigen. Saturnus memiliki inti berbatu, 10-20 kali massa bumi yang dikelilingi dengan hidrogen logam cair.

Meski suhu luarnya termasuk dingin, Saturnus memiliki suhu inti planet yang sangat panas. Tak tanggung-tanggung, suhu inti planet mencapai 11.700°C! Tingginya suhu inti planet Saturnus juga dipengaruhi oleh ukurannya. Saturnus memiliki diameter planet sekitar 116.460 kilometer, hampir 10 kali lipat ukuran planet bumi!

5. Jupiter

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yuk

Planet terbesar di tata surya ini memiliki suhu terdingin -160°C dan suhu terhangat -100°C. Ini adalah suhu yang ada di permukaan hingga 50 kilometer ke atas. Namun, di bagian atmosfer dengan ketinggian 1.000 kilometer di atas permukaan planet, suhunya bisa mencapai 725°C, jelas laman Space.

Sama dengan beberapa planet lainnya, komposisi utama Jupiter adalah hidrogen dan helium. Suhu inti planet Jupiter luar biasa panas, bisa mencapai hingga 35.000°C! Fakta unik lain seputar Jupiter adalah jumlah satelit alaminya yang sangat banyak. Tercatat, Jupiter memiliki satelit alami berjumlah 79 buah!

6. Mars

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yuk

Tetangga bumi ini memiliki suhu yang cukup ramah bila dibandingkan dengan yang lain. Tercatat, suhu terdingin planet Mars ialah -60°C dan suhu terhangatnya mencapai 20°C. Sementara, suhu di bagian kutub planet Mars adalah -125°C dan suhunya ketika malam hari ialah -73°C, terang laman Space.

Atmosfer planet Mars 100 kali lebih tipis dari bumi dan menyebabkan Mars kesulitan mempertahankan energi panas. Mars memiliki inti planet yang terdiri dari besi metalik dan nikel yang dikelilingi oleh mantel dan kerak silikat. Warna merah yang khas disebabkan oleh oksidasi besi di permukaannya.

7. Bumi

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yuknationalgeographic.com.au

Bumi menempati posisi sebagai planet terdingin nomor 7 dan planet terpanas di urutan ketiga. Suhu terdingin bumi ialah -88°C yang tercatat di Vostok Station, Antartika. Sementara, suhu terpanasnya adalah 58°C di Gurun Libya yang membentang dari Libya bagian timur hingga ujung barat laut Sudan.

Sekitar 71 persen permukaan bumi terdiri dari air dan 95 persen di antaranya berbentuk air laut. Bagian kerak bumi terdiri dari 46,6 persen oksigen, 27,7 persen silikon, 8,1 persen aluminium, 5 persen besi, 3,6 persen kalsium, 2,8 persen natrium, 2,6 persen kalium dan 2,1 persen magnesium, ungkap laman Space.

8. Merkurius

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yukworldatlas.com

Merkurius adalah planet terkecil sekaligus paling dekat dengan matahari. Namun, planet ini berada di urutan kedua planet terpanas di tata surya. Suhu terpanas di permukaan Merkurius adalah 449°C dan suhu terdingin adalah -170°C. Diperkirakan komposisi Merkurius terdiri dari 70 persen logam dan 30 persen silikat, jelas laman Universe Today.

Sama halnya dengan planet lain, Merkurius terdiri dari kerak, mantel dan inti planet. Bagian inti menyumbang 42 persen dari keseluruhan planet dan terdiri dari besi dalam jumlah besar. Sementara, bagian permukaan memiliki tampilan yang mirip dengan bulan, seperti daratan yang luas dengan kawah yang tidak aktif selama miliaran tahun.

9. Venus

Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terdingin ke Terpanas, Simak yukscienceabc.com

Nah, inilah planet yang memegang takhta sebagai planet terpanas di tata surya. Yup, it's Venus! Suhu rata-rata Venus adalah 460°C, berdasarkan laman Universe Today. Suhu yang tinggi ini bukan hanya disebabkan letaknya yang dekat dengan matahari, tetapi juga karena planet ini ditutupi oleh lapisan awan tebal yang terdiri dari karbon dioksida.

Karbon dioksida ini mencegah panas dari matahari keluar kembali ke luar angkasa. Planet ini pun terus-menerus menyerap panas dari matahari dan membuat suhunya semakin meninggi. Panasnya Venus memperkecil kemungkinan manusia bisa tinggal di dalamnya.

Nah, itulah urutan planet di tata surya, mulai dari terdingin hingga terpanas. Kita perlu bersyukur karena bumi memiliki suhu paling ideal untuk kehidupan manusia!

Cari Artikel Lainnya