Home » Kongkow » Tips & Trik » Untukmu yang Moody, 5 Cara Mengatasi Mood Swing

Untukmu yang Moody, 5 Cara Mengatasi Mood Swing

- Sabtu, 16 Mei 2020 | 12:00 WIB
Untukmu yang Moody, 5 Cara Mengatasi Mood Swing

Perubahan mood yang terjadi secara tiba-tiba, atau lebih dikenal dengan istilah mood swing memang bisa membawa banyak dampak negatif. Baik bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Berbagai penyebab mood swing pun dapat datang dari dalam dan luar. Begitu pula dengan cara mengatasi mood swing yang bisa kamu terapkan sendiri nih. Apa saja tuh? Simak pembahasannya berikut! 

1. Mood tracking 

Cara mengatasi mood swing 1

Sumber: pexels.com

Cara mengatasi mood swing bisa kamu mulai dengan melakukan tracking lewat catatan. Gunakanlah sebuah media untuk mencatat berbagai emosi yang kamu rasakan selama kurun waktu satu minggu. Mulailah dengan mengecek emosimu beberapa kali sehari atau bisa dilakukan di akhir hari. Cobalah mengingat perasaan dan emosi yang kamu rasakan dalam satu hari tersebut lalu masukkan ke dalam catatan. 

Lakukan trik ini selama kurang lebih satu minggu. Di akhir minggu, gunakan data dari catatan tersebut untuk melihat emosi yang paling sering muncul dan dominan kamu rasakan. Dengan demikian kamu bisa mengetahui cara yang paling tepat untuk mengatasi emosi berdasarkan jumlah dan frekuensi munculnya di waktu-waktu tertentu. 

2. Belajar manajemen stres 

Cara mengatasi mood swing 2

Sumber: pexels.com

Stres merupakan salah satu faktor utama penyebab mood swing yang mempengaruhi banyak orang. Perubahan emosi yang terjadi secara mendadak kerap menjadi respon stres berkepanjangan yang sedang dialami oleh seseorang. Maka dari itu, manajemen stres menjadi cara mengatasi mood swing berikutnya yang bisa kamu coba. 

Manajemen stres merupakan upaya pengendalian stres melalui beberapa metode khusus. Tujuannya tentu untuk mengurangi dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari stres ke kesehatan mental dan tubuhmu.  Cara mengatasi mood swing dengan metode manajemen stres terbukti ampuh untuk membantu mengendalikan mood yang kerap berubah. Trik lain yang juga tak kalah efektif adalah merubah stres yang kamu hadapi menjadi eustress yang positif. 

3. Atur asupan gula, alkohol, dan kafein 

Cara mengatasi mood swing 3

Sumber: pexels.com

Mood swing dapat terjadi bukan hanya akibat pengaruh pola pikir dan tekanan mental, tapi juga makanan dan minuman yang kamu konsumsi loh. Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang tak cuma bisa memengaruhi tubuh, tapi juga perasaan. Kandungan yang dapat memengaruhi perasaan ini dikenal dengan istilah stimulan. 

Stimulan yang dapat menyebabkan terjadinya mood swing sendiri biasanya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gula, alkohol, dan kafein. Meskipun dibutuhkan tubuh, gula yang kamu konsumsi bisa menyebabkan fluktuasi pada tingkat gula darah. Sementara alkohol dikenal sebagai bahan depressant yang dapat membuat mood berubah dengan cepat, baik jadi lebih baik atau lebih buruk.

Lalu ada kopi, yang meski bisa membuatmu melawan kantuk dan lelah, secara bersamaan bisa memperparah rasa cemas dan gugup. Cara mengatasi mood swing terbaik tentu saja adalah dengan mengendalikan asupan ketiga bahan ini agar mood kamu bisa tetap terjaga. Hidup sehat bukan cuma bisa bermanfaat buat kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mentalmu.  

4. Istirahat yang cukup 

Sumber: pexels.com

Kelelahan yang kamu alami merupakan salah satu dari banyak faktor penyebab mood swing. Badan dan pikiran yang lelah bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap perubahan mood dan berkurangnya kemampuan mengendalikan emosi. Oleh karena itu, istirahat yang cukup adalah cara mengatasi mood swing yang sangat efektif untuk kamu coba. 

Usahakan lah untuk selalu tidur selama minimal 8 jam per hari agar tubuh kamu bisa beristirahat dan siap untuk beraktivitas lagi esok hari. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak kafein yang bisa membuatmu kesulitan untuk tidur. Eits, penggunaan HP dan alat elektronik juga wajib dibatasi setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. 

5. Olahraga rutin 

Sumber: pexels.com

Siapa yang suka berolahraga? Jika kamu rutin melakukan olah tubuh setiap hari, manfaat yang bisa didapatkan tak hanya baik untuk tubuh tapi juga kesehatan mental loh. Saat sedang berolahraga, tubuh manusia akan memproduksi hormon endorfin yang dapat membuatmu merasa bahagia, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan olahraga sederhana seperti jogging atau skipping selama minimal 30 menit per harinya. Dijamin kamu gak bakal uring-uringan lagi deh.

Cari Artikel Lainnya