Home » Kongkow » Materi » Pengertian Otak Kiri

Pengertian Otak Kiri

- Jumat, 20 Desember 2019 | 12:37 WIB
Pengertian Otak Kiri

Otak manusia terbagi menjadi otak besar dan otak kecil. Otak besar terbagi menjadi 2 yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kiri merukana bagian otak besar (cerebrum) yang berada di sebelah kiri. Otak kiri ini merupakan salah satu organ terpenting pada bagian tubuh yang berperan dalam mengontrol seluruh pusat sistem syaraf dan juga struktur sel saraf. Otak kiri berfungsi untuk regulasi sebagian tindakan yang dilakukan tubuh dan mengatur fungsi dari berbagai organ.

Struktur Otak Kiri

Struktur otak kiri sangat kompleks, otak kiri memiliki jutaan sel sistem saraf dan neuron yang saling bekerja sama untuk melakukan tugasnya. Bentuk otak kiri yaitu separuh dari bagian otak besar yang saling berhubungan pada syaraf dan jaringan dengan otak kanan. Apabila otak kiri sehat, maka akan mendorong kesehatan dan memaksimalkan fungsi dalam berfikir.

Antara neuron satu dengan yang lain saling terikat, sehingga terlihat seperti rantai yang tidak pernah terputus. Neuron yang satu membawa informasi ke neuron lainnya serta membawa bahan kimia yang disebut neurotransmitter. Ratusan juta neuron yang saling terkait di dalam struktur otak kiri tersebut yang bertugas membawa segala macam informasi ke otak.

Fungsi Otak Kiri

Adapun fungsi otak kiri diantaranya yaitu:

Pengontrolan
Otak kiri berfungsi untuk mengontrol tubuh bagian kiri termasuk seluruh organ tubuh berada dalam kontrol otak kiri, jika terjadi kerusakan otak kiri maka akan berdampak pada gangguan kesehatan seperti syaraf mati atau lumpuh pada tubuh bagian kiri.

Keterampilan Angka-Angka
Otak kiri berfungsi dalam segala materi atau bidang pembelajaran yang berhubungan dengan perhitungan. Otak kiri mampu menganalisa atau menghitung dengan sangat matang, misalnya dalam pembelajaran matematika, fisika, kimia, dan sains. Orang yang menguasai bidang tersebut berarti otak kirinya lebih dominan atau lebih berperan.

Sebagai Pengambil Tindakan yang Mengandalkan Logika dan Rasio
Otak kiri berperan dalam membuat pertimbangan, dalam memberi kekuatan dan tekad untuk disiplin, serta berfikir secara teknis dan penuh aturan. Otak kiri mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia untuk berbuat dan melakukan sesuatu secara sistematis dengan mengandalkan logika dan rasio.

Pusat Inteligent Quotient (IQ)
Otak kiri merupakan pusat IQ atau pusat kecerdasan yang mencakup sifat pikiran yang berhubungan dengan kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak dan memahami bahasa. Hal ini berkaitan dengan kemampuan kognitif setiap individu.

Objektifitas
Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri umumnya memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain dengan menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah lalu berfikir cara mengatasinya, intinya orang yang dominan menggunakan otak kiri merupakan orang yang detail oriented.

Menulis dan Membaca
Otak kecil mengatur kemampuan menulis dan membaca, dimana kegiatan tersebut membutuhkan pemikiran dan konsentrasi untuk menyusun dan memahami berbagai kata yang nantinya akan terekam dalam ingatan dan menjadi bahan untuk berfikir selanjutnya secara logis sesuai ilmu atau pandangan yang diperoleh sebelumnya. Kemampuan membaca dan menulis merupakan kecerdasan yang ditanamkan sejak kecil dan nantinya akan mengalami perkembangan sesuai kemampuan setiap individu. Kemampuan membaca dan menulis dipengaruhi dan dijalankan oleh otak kiri.

Cara Kerja Otak Kiri

Cara kerja otak kiri yaitu dengan menggunakan daya ingat yang bersifat jangka pendek (short term memory) sehingga berpengaruh pada fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika. Jutaan sel sel dalam otak kiri mampu memproses informasi yang bersifat logis, lineal dan juga rasional. Otak kiri akan bekerja dengan memproses dunia berdasarkan realitas yang menghasilkan penafsiran abstrak dan simbolis sehingga menjurus pada kemampuan untuk melakukan tugas secara teratur dengan detail dan fakta.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Otak Kiri, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Otak Kiri Manusia Terlengkap . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Cari Artikel Lainnya