Home » Kongkow » Kesehatan » Buah Coklat Bersisik yang Kaya Manfaat

Buah Coklat Bersisik yang Kaya Manfaat

- Selasa, 08 Maret 2022 | 10:00 WIB
Buah Coklat Bersisik yang Kaya Manfaat

Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan buah salak. Buah yang mudah ditemukan dan dengan harga yang terjangkau banyak digemari masyarakat. Namun tahukah kamu, bahwa buah salak mengandung banyak sekali manfaat yang mungkin belum banyak diketahui. Yuk simak penjelasan berikut.

Melancarkan Pencernaan

Banyak orang yang menganggap bahwa buah salak mengakibatkan sembelit, namun pada faktanya tidak demikian. Sebaliknya bahwa buah salak ini justru bisa membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan kamu.

Kulit ari dalam buah salah juga dianjurkan untuk ikut dimakan, hal ini dikarenakan kulit ari juga mengandung nutrisi seperti halnya daging buah salaknya. Nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu, serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Semua nutrisi ini sangat membantu sistem pencernaan kamu loh.

Serat di dalam buah salak dapat membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa racun dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, Tanin yang ada dalam buah salak juga memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan senyawa yang terkandung didalam buah ini, yaitu polifenol dan flavonoid yang berlimpah dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh. Buah ini juga mengandung zat karoten, yang mampu mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke dan kanker.

Baca juga: 

9 Manfaat Kulit Ari Buah Salak Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Makan Salak Menyebabkan Susah Buang Air Besar?

Salak Condet, Tanaman Buah yang menjadi Brand Logo Transjakarta

Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Bosan makan pisang untuk camilan diet, kamu bisa membuat variasi menu diet dengan buah yang satu ini. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah salak ternyata baik untuk asupan diet. Serat dalam buah salak dapat membantu perut terasa lebih lama kenyang. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Ini menjadikan salak sebagai salah satu pilihan yang tepat untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat kamu tengah menjalani program diet.

Mencerahkan Kulit

Siapa yang tidak mendambakan kulit mulus dan cerah? pasti setiap orang menginginkannya. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak salak Bangkok yang banyak tumbuh dan dibudidayakan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diketahui memiliki potensi sebagai agen pencerah kulit secara alami. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung flavonoid yang berperan dalam depigmentasi kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salak mengandung kalium, antioksidan dan mineral yang berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salah satu fungsi kalium yaitu untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang mempengaruhi detak jantung. Dengan asupan kalium yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi yang punya tekanan darah tinggi, gagal jantung dan masalah lemahnya pada detak jantung.

Cari Artikel Lainnya