Home » Kongkow » Catatan » Buku Langka yang Terbit Tahun 1938 Sukses Dilelang Rp 1,3 M

Buku Langka yang Terbit Tahun 1938 Sukses Dilelang Rp 1,3 M

- Selasa, 19 November 2019 | 11:00 WIB
Buku Langka yang Terbit Tahun 1938 Sukses Dilelang Rp 1,3 M

Heritage Auctions mengumumkan pelelangan buku-buku langka koleksi dari Otto Penzler. Dia dikenal sebagai editor penerbit Mystery Fiction sekaligus pemilik toko buku Misterius di Manhattan, AS.

Salah satu koleksi langkanya adalah karya Graham Greene berjudul 'Brighton Rock' yang terbit 1938 silam. Sepanjang hidupnya, Otto selalu berburu dan mengoleksi salinan pertama dari seluruh buku di seluruh dunia.

Dilansir dari situs Heritage Auctions, buku Greene tersebut pelelangannya naik dua kali lipat lebih tinggi dan berakhir di angka Rp 1,3 miliar. Sepanjang lelang, ada 17 kolektor yang menawar.

"Ini adalah salah satu dari dua salinan yang pernah dibawa ke balai lelang, sisanya tidak jelas keberadaannya," tulis Heritage Auctions, Senin (23/9).

Gara-gara novel 'Brighton Rock' membawa nama sang penulis ke dalam posisi penting di dunia sastra abad ke-20. Ceritanya pun sukses diadaptasi ke layar lebar dan serial televisi.

Angka Rp 1,3 miliar naik tajam karena juga nama dari Otto Penzler. Ia dikenal sebagai legenda komunitas sastra New York. Selain karya 'Brighton Rock', ada novel 'The Pied Piper' karya Arthur Rackham yang terjual Rp 422 juta dan edisi langka 'Ulysses' karya James Joyce dengan angka Rp 677 juta.

Cari Artikel Lainnya