Home » Kongkow » Olahraga » 5 Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

5 Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

- Selasa, 29 Juni 2021 | 13:20 WIB
5 Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan olahraga yang populer, pasalnya Indonesia merupakan negara yang di segani oleh negara-negara lain karena sering menjuarai dalam berbagai kompetisi. Dalam bermain bulu tangkis (badminton) tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai. Salah satu yang paling mendasar adalah pukulan.

 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak penjelasan dalam video di bawah ini !

Berikut ini kita bahas mengenai macam-macam atau jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis yang perlu kamu kuasai. Setidaknya ada 5 jenis pukulan dalam permainan bulutangkis yaitu :

1. Pukulan Service 

2. Pukulan Lob 

3. Pukulan Drive

4. Pukulan Dropshot

5. Pukulan Smash

Nahh, bagaimana penjelasannya, simak ulasan berikut ini yah !

1. Pukulan Service Dalam Permainan Bulu Tangkis

Yang pertama, dikenal sebagai service. Service ialah pukulan yang dilakukan sebagai pembuka atau untuk memulai permainan. Pukulan service ini terbagi atas tiga cara, yakni:

  • Service pendek (short service)Service ini dilakukan dengan cara mengarahkan pukulan ke bagian depan lapangan lawan. Service pendek ini biasanya digunakan saat permainan ganda.
  • Service panjang (long service)Service panjang atau long service ini dilakukan dengan cara memukul kok dari bawah, kemudian mengarahkannya ke bagian belakang atas dari lapangan lawan.
  • Flick serviceFlick service memiliki cara seperti service pendek. Bedanya, pada flick service ketika raket hampir menyentuh kok secara tiba-tiba pergelangan tangan dikibaskan sehingga laju kok menjadi cepat dan arahnya melambung ke bagian belakang daerah service. Flick service ini sering dilakukan saat permainan ganda.

2. Pukulan Lob Dalam Permainan Bulu Tangkis

Selanjutnya, yang disebut pukulan lob. Pukulan lob ini merupakan pukulan yang amat penting, baik untuk pola pertahanan (defensive) maupun pada pola penyerangan (ofensive). Pukulan ini dapat dilakukan dari bawah kepala (under head lob) maupun dari atas kepala (over head lob). Pukulan ini terbagi menjadi dua macam, di antaranya adalah:

  • Lob serang; Seperti namanya, pukulan lob ini berguna untuk kegiatan penyerangan. Ciri khas dari lob serang adalah pukulannya menjadikan laju kok lebih cepat, dan arah lambungannya agak rendah, melewati lawan ke bagian belakang lapangan.Lob ini dilakukan, semisal ketika pemain lawan sedang hilang keseimbangan atau mengalami salah posisi, atau terpaksa bergerak maju ke depan mengejar sebuah drop yang dilancarkan.Pukulan lob serang ada dua jenis cara, yaitu lob serang dari atas, dan lob serang dari bawah. Lob serang dari atas dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian depan di atas kepala, rendah dan cepat. Sedangkan lob serang dari bawah dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian bawah, rendah dan cepat juga.
  • Lob penangkis; Pukulan lob penangkis ini bertujuan untuk mempertahankan serangan atau menangkis serangan. Ciri khas dari lob ini yaitu pada pukulan kok yang dilambungkan tinggi dan jauh sampai bagian belakang lapangan lawan.Dengan lambungan kok yang setinggi dan jauh, keuntungan yang diperoleh adalah adanya lebih banyak waktu atau kesempatan untuk memerbaiki posisi. Semakin tinggi lambungan kok, maka semakin lama kok melayang di udara. Sehingga semakin banyak pula waktu untuk memperbaiki posisi.Di sisi lain juga bisa semakin membuat lawan kesulitan serta kelelahan. Sebab, di bagian belakang lapangan itulah, lawan akan menjadi tidak begitu berbahaya.

    Tak ubahnya lob serang, pada lob penangkis juga terdapat dua cara, yaitu dari bawah dan dari atas. Lob penangkis dari atas dilakukan dengan memukul kok dari depan di atas kepala. Sedangkan lob penangkis dari bawah dilakukan dengan memukul kok dari bawah.

Bagaimana cara pukulan lob dari atas? Berikut penjelasannya:

jenis pukulan bulu tangkis

Baik lob serang maupun lob penangkis, ketika hendak melakukan pukulan, raket harus berada tepat di bawah kok sehingga kok akan selalu dapat diambil di depan badan dengan posisi lengan yang lurus.

Berat badan ditekan ke depan guna membantu pemukulan agar lebih tajam. Sedangkan untuk posisi kaki, yakni kaki kiri berada di depan kaki kanan (jika memegang raket dengan tangan kanan).

Selain over head lob yang telah disebutkan di atas, terdapat lob dari atas yang lain, yaitu overhead backhand flick lob. Untuk melakukan lob ini, hendaklah berlatih dengan diberikan lob setengah lapangan (tanggung) di sebelah kiri badan.

Kemudian, bagaimana cara pukulan lob dari bawah? Ini dia penjelasannya:

Baik lob serang maupun lob penangkis, ketika hendak melakukan pukulan, pemain harus berdiri tepat di samping kok sehingga kok selalu dapat diambil dari samping.

Sama halnya dengan over head lob, pada under head lob juga terdapat backhand drive lob. Lob ini lebih mudah dilakukan karena pada saat itu dapat menantikan kok yang lebih rendah. Caranya dengan memukul kok dari samping kira-kira setinggi kepala atau pundak ke atas, ke arah lapangan belakang lawan.

3. Pukulan Drive Dalam Permainan Bulu Tangkis

Pukulan drive, biasa digunakan untuk memberi tekanan pada lawan, dan agar lawan tidak punya kesempatan menyerang dengan pukulan overhead. Dilakukan ketika kok datang mendatar atau ketika pukulan overhead tidak mungkin lagi dilakukan.

Pukulan ini dapat mempercepat tempo permainan dengan kok diluncurkan begitu rendah dan rata dengan net. Selain itu, pukulan drive dapat mengacaukan posisi lawan.

4. Pukulan Dropshot Dalam Permainan Bulu Tangkis

Pukulan ini dilakukan untuk mengarahkan kok secepatnya dan sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan. Pukulan dropshot harus diupayakan agar kok jatuh tajam ke bawah. Yaitu dilakukan ketika posisi kok di puncak ketinggiannya dan jangan sampai kok turun di bawah net.

Dropshot dapat dilakukan dengan dua cara, dari atas dan dari bawah.

5. Pukulan Smash Dalam Permainan Bulu Tangkis

Smash adalah pukulan yang cepat, keras, menukik, dan masuk tajam ke lapangan lawan. Pukulan smash sama dengan pukulan lob. Bedanya, pada lob kok dipukul ke atas, namun pada smash, kok dipukul tajam ke bawah.

Cari Artikel Lainnya