Home » Kongkow » Materi » Part Of Speech (Verb)

Part Of Speech (Verb)

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:28 WIB
Part Of Speech (Verb)

Verb (kata kerja bahasa Inggris) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menunjukkan tindakan dari subject, menunjukkan peristiwa atau keadaan.
Macam-Macam Verb
Verb dapat dikelompokkan menjadi: transitive dan intransitive verb, regular dan irregular verb, action dan stative verb, finite dan non-finite verb, linking verb, dan causative verb.
Berikut penjelasan singkat dan contoh kalimatnya.
1. Transitive dan Intransitive Verb
Transitive verb adalah kata kerja yang diikuti direct object yang menerima aksi dari subject, sementara intransitive verb tidak karena aksi yang dilakukan subject memang tidak melibatkan direct object.
2. Regular dan Irregular Verb
Regular verb adalah kata kerja yang mayoritas bentuk past tense (verb-2) dan past participle (verb-3) didapat dengan menambahkan suffix -ed atau -d pada base form(bentuk dasar kata kerja). Berbeda dengan regular verb, bentuk past tense dan past participle irregular verb lebih bervariasi.
3. Action dan Stative Verb
Action verb adalah kata kerja untuk menyatakan bahwa subject sedang melakukan suatu aksi atau untuk menyatakan bahwa sesuatu terjadi, sementara stative verb tidak untuk menyatakan aksi melainkan untuk menyatakan kondisi yang tidak berubah atau cenderung tidak berubah.
4. Finite dan Non-Finite Verb
Finite verb adalah kata kerja yang dipengaruhi tense (present atau past) dan agreement(persesuaian) dengan subject dalam hal person (first/second/third) dan number(singular/plural), sedangkan non-finite verb tidak.
Kelompok kata kerja yang termasuk finite verb yaitu: transitive dan intransitive verb, action dan stative verb, linking verb, dan auxiliary verb. Adapun yang termasuk non-finite verb antara lain: present participle (-ing form), past participle (-ed form), infinitive (to + verb), dan bare infinitive.
5. Linking Verb
Linking verb menghubungkan subject of sentence dengan deskripsinya.
Contoh linking verb yaitu fel, look, smell, sound, taste, become, grow, sem, be (am, is, are, was,were, be, been)
6. Causative Verb
Causative verb untuk menunjukkan bahwa subject membuat seseorang atau sesuatu melakukan suatu aksi. Let, make, have, dan get merupakan beberapa causative verb yang paling populer.

Cari Artikel Lainnya