999 +
0
15
0
Aturan Makan Sushi Yang Harus Kamu Tau Biar Nggak Malu-Maluin
7 days 'ago'

Aturan Makan Sushi yang Harus Kamu Tau Biar Nggak Malu-maluin

Yuk baca dulu aturan makan sushi yang benar biar kamu nggak malu kalau lagi di restoran Jepang.

Meski berasal dari Jepang, sushi termasuk makanan yang populer juga di negara kita. Buktinya, banyak restoran sushi yang selalu ramai pengunjung. Tapi kamu tau nggak sih kalau makan sushi tuh ada aturannya tersendiri lho. Biar nggak malu-maluin waktu lagi makan di restoran sushi, yuk ketahui gimana sih cara makan sushi yang benar?

Penggunaan sumpit

Penggunaan sumpitMenyantap sushi (groupon.com)

Sebenarnya, kalau kamu mau makan sushi pake tangan juga boleh lho, asal bukan sashimi. Nah, kalau makan sumpit, sebaiknya hilangkan kebiasaan menggosok-gosokkan kedua sumpit karena itu nggak sopan. Makanlah sushi dengan sumpit dengan sebagaimana mestinya, bukan ditusuk kayak makan bakso.

Bumbu pelengkap

Bumbu pelengkapAturan makan sushi (tripsavvy.com)

Biasanya di setiap meja akan ada berbagai bumbu pelengkap untuk makan sushi. Pertama, ada wasabi, pasta hijau yang rasanya pedas. Jangan mencampurnya ke dalam shoyu karena bisa merusak rasa, kalau mau langsung aja taruh di atas sushi. 

Kedua, ada gari atau acar jahe yang warnanya merah muda, rasanya pedas manis. Gari bisa dimakan untuk menetralkan lidahmu. Jadi kamu bisa makan gari dulu sebelum mencoba jenis sushi lain. 

Ketiga ada shoyu atau kecap asin. Biasanya di restoran menyediakan shoyu manis dan asin. Kalau ingin makan sushi dengan shoyu, pastikan kamu nggak kelamaan nyelupinnya biar nggak buyar, nasi melembek, dan jadi berantakan. Nah, buat nyelupin nigiri, pastiin kamu membaliknya, jadi bagian ikan di bawah dan dicelup ke kecap, bukan nasinya. 

Terakhir biasanya ada shichimi atau cabai bubuk, kalau yang ini boleh langsung ditambahkan ke dalam shoyu ya.

Aturan makan sushi

Aturan makan sushiUrutan makan sushi (rd.com)

Tau nggak sih ternyata makan sushi itu ada juga aturan soal urutannya. Jadi kamu nggak sembarangan makan apa aja yang dipesan. Urutan yang benar adalah makan  sashimi (hanya ikan aja), lalu nigiri (kombinasi ikan dan nasi), selanjutnya makan maki roll (sushi gulung), terakhir bisa menyantap menu lain yang dimasak, misalnya katsu. 

Setelah sushi disajikan, kamu harus langsung makan dan jangan dibiarkan dingin. Soalnya sushi rentan lembap dan lembek. Nah, jangan lupa buat melahapnya dalam satu suapan. Jangan  cuma digigit sedikit atau dibagi dua karena sushi memang didesain untuk dimakan sekaligus satu suap. Kesalahan banyak orang banget nih, makan sushi setengah, lalu setengahnya lagi hancur berantakan dan jadi nggak bisa dimakan.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Arifah
80
4
Lencana
Sandrina M.Drone
Upload Kongkow Badges
Kongkow