999 +
0
47
0
SERBA-SERBI 10 MANFAAT TEH UNTUK MERAWAT ISI RUMAH
4 months 'ago'

Manfaat Teh

termasuk penghuni rumah yang pecinta teh? Minum teh panas saat musim hujan atau cuaca dingin akhir-akhir ini pasti sering kamu lakukan untuk menghangatkan tubuh, bukan? Sesuai hasil riset, teh memang terbukti memperlihatkan fungsinya untuk menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, menekan kolesterol, dan parkinson. Seperti yang kita ketahui pula, mengonsumsi teh tanpa pemanis secara teratur dapat memberikan antioksidan serta manfaat lainnya untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk tubuh kita, ternyata teh berguna untuk merawat dan membersihkan hunian milikmu. Sudah tahu manfaat apa saja yang bisa dihasilkan teh untuk rumahmu? Simak jawabannya di bawah ini.

10 Manfaat Teh untuk Merawat dan Membersihkan Rumah

1. Mengurangi Debu

Manfaat teh yang pertama adalah mengikat debu dengan baik. Saat menyapu ruangan, tebarkanlah daun teh sisa yang telah Anda tiriskan sehingga kadar airnya berkurang ke penjuru ruangan. Diamkan beberapa saat lalu mulailah menyapu. Debu-debu yang menempel di sekitar akan menempel pada ampas dan lebih mudah diangkat. Hal ini pun bisa kamu lakukan untuk membersihkan karpet. Caranya kurang-lebih sama, namun lebih baik menggunakan penyedot debu untuk mengangkat seluruh ampas dan kotoran.

2. Mengilapkan Perabot Kayu

Ternyata kamu dapat meremajakan warna perlengkapan rumah berbahan kayu dengan ampas teh, lho. Caranya mudah, cukup merendam teh ke dalam satu liter air hangat. Setelah airnya dingin, gunakanlah untuk mengelap serta membersihkan perabot, peralatan rumah tangga, lantai kayu, atau pajangan di rumah. Biarkan mereka mengering dengan sendirinya. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah teh yang belum diseduh sebelumnya.Lakukan juga proses ini secara berkala sehingga baik untuk permukaan kayu tersebut.

3. Membersihkan Perlengkapan Rumah

Manfaat teh selanjutnya adalah untuk merawat serta membersihkan peralatan di rumah. Hal pertama adalah kaca jendela atau cermin berdebu dan bernoda. Gunakanlah kantung teh yang masih sedikit lembap untuk menggosok permukaan kaca hingga bersih.

Manfaat Teh

Kamu juga bisa menggunakan seduhan air dan ampas daun teh bubuk sebagai gantinya. Ada lagi manfaat teh lainnya yaitu menghilangkan noda kuning pada toilet. Cukup simpan beberapa kantung teh yang masih basah di bawah toilet selama beberapa jam, setelah itu gosok-gosok dengan sikat, lalu siram dengan air.

4. Menyerap Bau

Bau tak sedap di rumah bisa sirna seketika dengan menggunakan teh. Contoh pertama, kulkas.Tempatkan beberapa kantung teh di sudut-sudut lemari pendingin Anda lalu biarkan ia berdiam di sana. Saat kulkas sudah mulai bau kembali, gantilah bungkus teh tersebut dan ganti dengan yang baru. Contoh kedua, pada tempat sampah dalam ruangan. Taburkannlah daun teh hijau kering ke dalamnya. Cukup beberapa saja, tidak usah terlalu banyak bau pun akan sirna. Yang ketiga, ampas daun teh bisa menghilangkan amis dari telapak tangan-mu. Kadang kala ketika mengolah daging atau ikan, tangan tetap berbau amis walau sudah mencucinya dengan sabun. Sebelum itu, gosok-gosokkan teh ke telapak tangan baru cuci kembali dengan sabun dan air.

5. Mengusir Serangga

Serangga-serangga kecil termasuk kutu yang sangat mengganggu pun bisa kamu usir dengan manfaat teh. Untuk mengusir kutu, khususnya yang berada di sekitar kandang hewan, kamu cukup menaburkannya di sekitar. Sementara itu untuk menghilangkan serangga pada karpet atau di ruangan, gunakan seduhan ampas teh hitam. Masukkan air seduhan ke dalam botol lalu semprotkan ke area yang dicurigai sebagai tempat serangga bersarang.

6. Aromaterapi Alami

Jika punya daun teh kering yang sudah lama tidak dikonsumsi lebih baik manfaatkan sebagai pewangi alami ruangan. Campurkan teh dengan aroma yang masih baik tersebut ke dalam potpourri…

Manfaat Teh

Alias wewangian aromaterapi kering dari bahan alami seperti bunga dan kulit kayu. Aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam sebuah kantung jaring atau mangkuk dan letakkan di tempat yang diinginkan.

7. Menyuburkan Tanaman

Hanya dengan menyebarkan ampas daun teh pada tanaman peliharaan, mereka akan tumbuh subur dan baik lho. Namun, akan lebih baik jika menyampurkan daun teh dengan media tanam tumbuhan tersebut. Teh sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kualitas air serta memberikan nutrisi baik pada akar tanaman. Ternyata banyak sekali ya bahan-bahan yang tak terpakai namun masih bermanfaat di sekitar kita.

8. Membersihkan Kloset

Kloset milikmu jarang dibersihkan? Ih! pasti ada noda atau bercak-bercak di lubang klosetnya ya? Tenang, kamu bisa menghilangkannya dengan ampas teh. Caranya, masukkan ampas teh ke dalam lubang kloset, lalu diamkan beberapa jam. Kemudian, gosok lubang kloset dengan sikat, dan siram

9. Lantai Kayu Jadi Bersih

Manfaat teh lainnya adalah bisa membersihkan lantai kayu milikmu. Lantai kayu yang memang memerlukan perhatian ekstra ini bisa dibantu dengan penggunaan air teh.

Manfaat Teh

Campurkan air teh dengan cairan pembersih lantai, lalu gosokkan pel pada lantai kayu. Selain bersih, warna lantai kayu juga tidak akan pudar, lho!

10. Menghilangkan Bau Apek di Sepatu

Sepatu yang telah digunakan, dan kita letakkan pada ruangan, pastinya akan menimbulkan bau atau aroma yang tidak sedap. Solusi tepat untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan memanfaatkan teh.Selipkan satu kantong teh ke setiap sepatu, yang telah kita gunakan. Bau yang tidak sedap dari sepatu tersebut akan berganti ke bau yang lebih menyegarkan.

Selamat mencoba

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow