999 +
0
60
0
Kata Siapa Generasi Milenials Susah Mencari Kerja? Berikut Ada 5 Tips Bagi Kamu yang Ingin Mencari Kerja
4 months 'ago'

Zaman sekarang mencari pekerjaan tentu tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Featured Image

generasi milenials via https://www.google.com

Seringkali kita merasa resah karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Sudah mondar-mandir kesana-sini mengirimkan CV namun tak kunjung jua dipanggil untuk interview. Memang mencari kerja bukanlah suatu hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Zaman sekarang mencari pekerjaan tentu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Saat ini telah tersedia beberapa aplikasi yang menyediakan lapangan pekerjaan sehingga kamu hanya tinggal mengirimkan berkas lamaranmu lalu menunggu panggilan dari perusahaan yang kamu kirimkan. Dengan adanya hal tersebut maka sebagai generasi milenials tentu tidak perlu merasa khawatir karena tidak mendapatkan pekerjaan.

Namun seringkali apa yang telah dibicarakan di awal bahwa setelah kita mengirimkan berkas maka perusahaan tersebut tak kunjung menerima lamaran kita dan memanggil kita untuk interview. Setelah adanya fenomena tersebut tentu kita berpikir tentang banyak hal. Apakah CV kita terlalu ngejreng? atau CV kita kurang rapi? Atau jangan-jangan skill yang kita miliki kurang mumpuni sehingga perusahaan tidak tertarik dengan CV kita? Pemikiran tersebut membuat kita selalu resah dan gundah tatkala menungu dan menunggu. Apakah kamu berpikir demikian? Jika iya maka wajar saja karena hal tersebut seringkali terjadi kepada kita yang baru saja menyelesaikan kuliah dan ingin melamar kerja. Untuk itu, bagi kamu generasi milenials yang hendak melamar kerja ada beberapa tips yang harus dilakukan agar perusahaan percaya terhadapmu

1. Perbanyak jaringan

Kerja sama erat akan menimbulkan kehangatan

Kerja sama erat akan menimbulkan kehangatan via http://maxmanroe.com

Link yang dimaksudkan di sini bukanlah link internet, melainkan kerja sama kepada orang lain. Sebagai generasi milenials tentu sangat penting untuk mencari kenalan yang banyak agar mendapatkan ilmu yang banyak juga. Apabila kamu suka dengan sesuatu, misalnya suka terhadap musik, maka carilah orang yang sekiranya paham tentang musik. Dengan begitu, maka kamu dapat menggali informasi yang lebih dalam terhadap orang tersebut lalu kemudian kamu mencari orang lagi untuk mendapatkan ilmu yang lainnya. Karena setiap orang pasti memiliki sudut pandangnya masing-masing.  Selain kamu mendapatkan ilmu, kamu juga akan mendapatkan cara bagaimana menghadapi orang. Di dunia pekerjaan tentu kamu akan dituntut untuk menghadapi orang dengan berbagai macam latar yang berbeda. Maka dari itu, memperbanyak link tentu suatu kiat yang pas untuk kamu yang ingin belajar menghadapi berbagai orang yang berbeda.

2. Ubah cara pikir

Cara piikir

Cara piikir via http://segiempat.com

Setiap jenjang kehidupan yang kita jalani tentu secara perlahan akan membentuk cara pikir kita. Dari SD ke SMP cara pikir kita tentu akan berbeda jauh. Begitu juga saat kita sudah masuk ke dalam dunia kerja. Dunia kerja tentu akan sangat berbeda dengan apa yang telah kamu lalui dari SD hingga kuliah. Kamu akan dipaksa untuk mengubah cara pikirmu sehingga kamu dapat berpikir dewasa, terutama dalam menyelesaikan masalah. Ubah cara pikirmu secara perlahan. Sesuaikan dengan apa yang sedang kamu hadapi ketika sedang bekerja. Karena dengan hal tersebut, maka kamu akan dapat diberikan kepercayaan dari atasan dan membuatmu semakin nyaman untuk terus melakukan pekerjaan.

3. Kuasai softskill

soft skill

soft skill via http://indoprogress.com

Selain hard skill, kamu juga harus menguasai soft skill untuk dapat diterima oleh sebuah perusahaan. Cara kepemimpinanmu dalam melakukan sesuatu sangat penting dalam dunia kerja nanti. Karena sejatinya dunia kerja merupakan dunia profesional sehingga kamu dituntut untuk sikap profesionalitasmu.

4. Desain CVmu semenarik mungkin

contoh CV

contoh CV via http://pinterest.com

Perusahaan tentu tidak akan melihat CV yang terlihat berantakan, juga tidak ingin melihat CV yang terlalu rame. Atur CVmu semenarik mungkin. Usahakan desain CVmu dengan sederhana dan enak dipandang oleh mata. Apabila kamu tidak mampu mendesain CVmu sendiri, kamu dapat meminta bantuan kepada jasa CV dan membayarnya dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa, setelah mendesain CV, pastikan kamu harus mengisi CVmu dengan data dirimu yang lengkap. Terutama kamu harus menggunakan no.hp dan email yang masih aktif.

5. Berdoa dan tawakkal

Berdoa

Berdoa via http://liputan6.com

Banyak yang bilang bahwa usaha tanpa doa adalah hal yang sombong, sedangkan doa tanpa usaha sama saja sia-sia. Setelah kamu melakukan semua hal di  atas, maka hal terakhir yang kamu lakukan adalah berdoa kepada Tuhan memohon yang terbaik buatmu. Karena Tuhan akan memberikan apa yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan.

Itulah lima tips yang dapat kamu lakukan sebagai generasi milenials untuk mencari kerja. Semoga bermanfaat dan segera mendapatkan pekerjaan yang kamu sukai.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow