Home » Kongkow » Kesehatan » 8 Manfaat Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

8 Manfaat Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

- Kamis, 27 Juni 2019 | 14:59 WIB
8 Manfaat Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

8 Manfaat <a href=Tanaman Krokot Bagi Kesehatan" src="https://nusantaratv.com/uploads/images/image_750x_5cfdf806c858e.jpg" style="height:267px; width:400px" />

Tanaman krokot banyak tumbuh di sekitar kita. Krokot merupakan tanaman tahunan yang berasal dari Persia, Afrika dan India. Tanaman krokot ini akan tumbuh dari akhir musim semi sampai awal musim gugur. Krokot dibawa ke Eropa pada abad ke-8 oleh orang-orang Arab yang digunakan sebagai pengobatan herbal. Dari Eropa, tanaman krokot kemudian menyebar ke Amerika Serikat.

Berikut 8 manfaat krokot bagi kesehatan :
1.Kesehatan Jantung

Krokot mengandung asam omega 3 yang dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda. Omega 3 dapat membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mengontrol keseimbangan kolesterol sehat dalam aliran darah. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3, termasuk krokot dan minyak ikan, telah terbukti secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta aterosklerosis, sehingga mencegah serangan jantung dan stroke. Selanjutnya, kalium yang ditemukan dalam krokot juga dapat mengurangi tekanan darah, karena berperan sebagai vasodilator, yang berarti bahwa hal itu dapat melemaskan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada jantung.


2.Membantu Menurunkan Berat Badan

Krokot mengandung rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi dan dikemas dengan serat makanan. Hal ini berarti bahwa Anda dapat merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsi krokot, sehingga dapat membantu Anda yang sedang berjuang dalam menurunkan berat badan atau mempertahankan diet.


3.Perkembangan Anak

Meskipun masih dilakukan penelitian mengenai hal ini, studi awal telah menunjukkan bahwa tingkat tinggi akan omega-3 pada anak-anak dapat memberikan efek menurunkan risiko yang berkaitan dengan gangguan perkembangan tertentu, termasuk autisme dan masalah lain yang mempengaruhi jutaan anak di seluruh dunia.


4.Mencegah Penyakit pada Saluran Gastrointestinal

Dalam pengobatan tradisional Cina, krokot secara luas digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan seperti diare, wasir dan disentri. Krokot (dikenal sebagai Ma Chi Xian dalam pengobatan Cina) masih digunakan sampai hari ini untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan pada usus.


5.Mencegah Risiko Kanker

Krokot mengandung vitamin C dan vitamin A, yang keduanya berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker tertentu, khususnya kanker paru-paru dan kanker mulut. Beta-cyanins dan beta-xanthins telah berkaitan langsung dengan efek anti-mutagenik dalam tubuh, yang berarti bahwa mereka dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan mutasi pada sel-sel sehat, sehingga dapat membantu mencegah perkembangan kanker.


6.Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta-karoten telah berkaitan dengan kesehatan mata dan penglihatan selama bertahun-tahun. Krokot dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak dengan menghilangkan radikal bebas yang menyerang sel-sel mata dan yang dapat menyebabkan penyakit umum lainnya yang berkaitan dengan usia.


7.Tulang yang Kuat

Kalsium, magnesium, zat besi, dan mangan merupakan elemen yang dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang dalam tubuh kita. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis.


8.Meningkatkan Sirkulasi Darah

Krokot dapat merangsang produksi sel darah merah karena tingginya kandungan zat besi dan tembaga. Kedua mineral ini sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi, yang berarti lebih banyak oksigen yang dikirim ke berbagai bagian penting dalam tubuh, meningkatkan kecepatan penyembuhan sel dan organ, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan efisiensi metabolisme.

Peringatan dan Efek Samping Krokot

Seperti makanan lainnya, mengkonsumsi krokot yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Dalam hal ini, krokot memiliki konsentrasi tinggi akan asam oksalat, sehingga krokot memiliki kemungkinan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang disebabkan karena pembentukan batu ginjal.

Cari Artikel Lainnya