Home » Kongkow » Materi » Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan (tabel & penjelasan)

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan (tabel & penjelasan)

- Kamis, 20 Juni 2019 | 10:40 WIB
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan (tabel & penjelasan)

Apa sih perbedaan pertumbuhan dan perkembangan itu? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian pertumbuhan dan perkembangan lalu perbedaan pertumbuhan dan perkembangan beserta penjelasannya. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!

Pengertian

1. Petumbuhan

Pertumbuhan adalah proses dimana bertambahnya jumlah sel dalam tubuh sebuah organisme yang disertai pada pertambahan seperti ukuran, berat, dan tinggi yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali dalam keadaan awal). Pertumbuhan sifatnya lebih kuantitatif, dimana organisme yang sebelumnya kecil kemudian berubah lebih besar seiring pada pertambahan waktu.

Contoh:

  • Batang pada tumbuhan yang sebelumnya berukuran 2 cm menjadi 5 cm.
  • Bayi yang tadinya memiliki berat 5 kg berubah menjadi 6,5 kg.
  • Berat badan ikan yang sebelumnya 0,5 kg menjadi 1 kg.

Ketika kita ingin mengukur pertumbuhan pada tumbuhan ada alat yang dapat mengukur pertumbuhannya yaitu auksanometer.

2. Perkembangan

Perkembangan adalah sebuah proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri pada terbentuknya suatu individu baru dengan lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan sifatnya lebih kualitatif, dimana pada organism yang sebelumnya belum matang pada sistem reproduksinya (dewasa) kemudian berubah menjadi lebih dewasa dan matang pada sistem reproduksinya sehingga bisa melakukan suatu perkembangbiakan.

Contoh :

  • Pematangan pada sel ovum dan sperma.
  • Pematangan hormon-hormon yang ada pada tubuh.
  • Pematangan pada pohon yang menghasilkan buah.

images <a href=pertumbuhan dan perkembangan" src="https://rumus.co.id/wp-content/uploads/2019/03/pertumbuhan-dan-perkembangan.jpg" style="height:380px; width:600px" />

images pertumbuhan dan perkembangan

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Perbedaan Pertumbuhan Perkembangan
Cara Mengukur Bersifat kuantitatif sehingga dapat digambarkan dalam bilangan Bersifat kualitatif sehingga tidak dapat digambarkan dalam bilangan
Keterlihatan Dapat dilihat secara fisik Tidak dapat dilihat secara fisik, melainkan secara fisiologis
Keterbatasan Prosesnya terbatas usia Prosesnya tidak terbatas usia
Keterulangan Bersifat irreversible atau tidak dapat terulang Bersifat reversible atau dapat terulang
Faktor yang Mempengaruhi Dipengaruhi pembelahan sel Dipengaruhi pengalaman
Proses Berlangsung secara cepat pada awal usia hingga remaja Berlangsung di setiap fase kehidupan
Contoh Ukuran dan berat badan naik. Berubah menjadi dewasa dan matang

Penjelasan Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Cara Mengukur

Pertumbuhan memiliki sifat yang kuantitatif, dapat diukur menggunakan bilangan, contoh pada seseorang yang memiliki berat badan naik 5 kg. Sedangkan jika perkembangan memiliki sifat yang kualitatif, tidak dapat diukur/gambarkan menggunakan bilangan. Contoh pada bayi yang tidak dapat berjalan sampai pada akhirnya dapat berjalan.

2. Keterlihatan

Pertumbuhan bisa dilihat dari segi fisik atau pengelihatan luar, contoh ketika melihat seseorang yang badannya semakin bertambah tinggi. Sedangkan jika pada perkembangan hanya bisa dilihat secara fisiologis. Contoh ketika akan mengukur tingkat perkembangan pada pikiran seseorang.

3. Keterbatasan

Pertumbuhan memiliki batas waktu atau usia, contoh pada pertumbuhan tinggi badan seseorang yang akan berhenti tingginya saat usia 20 tahun. Sedangkan pada perkembangan tidak memiliki batas waktu dan akan berlangsung terus menerus sampai bertambahnya usia. Contoh pada pemikiran seseorang yang setiap harinya akan mengalami perkembangan.

4. Keterulangan

Pertumbuhan memiliki sifat irreversible, maksudnya yaitu tidak bisa terulang kembali. Sedangkan pada perkembangan memiliki sifat reversible, maksudnya yaitu bisa terulang kembali sesuai pada siklusnya.

5. Faktor yang Mempengaruhi

Pertumbuhan terjadi karena pada pembelahan sel yang melalui mitosis dan meiosis. Sedangkan jika pada perkembangan, terjadi karena perkembangan pada mahluk hidup yang selalu menjalaninya.

6. Proses

Pertumbuhan memiliki proses yang berlangsung secara cepat di awal usia sampai remaja. Contoh pada tinggi badan seseorang yang hanya sampai batas usia remaja saja. Sedangkan jika perkembangan memiliki prosesnya pada setiap fase kehidupan.

Demikian pembahasan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembahan, kemudian membahas perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Semoga bermanfaat 

Cari Artikel Lainnya