999 +
0
74
0
Mengenal Macam-macam Barang Tambang dan Manfaatnya
5 months 'ago'

Pertambangan pada dasarnya merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam berupa barang-barang galian yang terkandung di dalam dan di permukaan bumi.
Untuk sumber daya tambang di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena beberapa hasil tambang Indonesia banyak yang di ekspor ke luar negeri, dan hal inilah yang tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi Indonesia.

Nah, berbicara mengenai sumber daya tambang, sebenarnya banyak hal yang bisa dibahas. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai beberapa macam bahan tambang dan kegunaannya.

Sebenarnya manfaat barang tambang untuk semua kebutuhan manusia memang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari hari agar bisa membantu kegiatan manusia.

Lalu apa saja barang tambang dan manfaatnya? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa contoh barang tambang dan manfaatnya dibawah ini.

Beberapa Barang-barang Tambang dan Manfaatnya

Minyak bumi adalah salah satu contoh sumber daya alam yang saat ini keberadaannya semakin sulit ditemukan dan tidak dapat diperbaharui. Hal ini karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Minyak bumi dan gas alam yang merupakan sumber utama dalam perindustrian, transportasi, dan rumah tangga inisemakin lama semakin menipis, oleh karena itu perlu dijaga kelestariannya.

Di Indonesia sendiri minyak bumi yang dihasilkan dapat dikatakan dalam kondisi yang cukup baik, karena setidaknya potensi minyak bumi indonesia berkisar 4,3 milyar barrel.

 

2. Batu Bara

Proses pembentukan batu bara ini juga memakan waktu yang lama hampir sama dengan proses pembentukan minyak bumi. Di Indonesia sendiri hasil tambang batu bara mencapai 246 juta ton dengan suku cadang hanya 0,5 %. Batu bara biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar utama dalam pembangkit listrik tenaga uap, perindustrian, dan peleburan biji logam.
 

3. Timah

Biji timah merupakan hasil dari pelapukan batuan granit. Di Indonesia sendiri hasil timahnya menduduki peringkat 4 di dunia dengan presentase suku cadangnya 8,1% dari jumlah cadangan timah di dunia.

Biasanya timah dimanfaatkan dalam pembuatan kaleng, pelapis besi dan tube. Akan tetapi biji timah yang diolah lebih lanjut menjadi logam timah ini biasanya digunakan sebagai pembungkus permen, rokok, coklat dan sebagainya, karena logam timah tersebut tipis menyerupai kertas timah.

 

4. Emas

Emas di Indonesia memiliki suku cadang 2,3% dari jumlah keseluruhan cadangan emas di dunia. Sedangkan produksi hasil emas di Indonesia sendiri memiliki presentasi 6,7% sehingga berada di posisi keenam dunia. Emas ini biasanya dimanfaatkan untuk dibuat untuk perhiasan dan aksesoris lainnya.
 

5. Tembaga

Tembaga adalah hasil tambang yang dimanfaatkan dalam bidang kelistrikan, hal ini karena tembaga memiliki sifat penghantar listrik yang baik. Akan tetapi tembaga juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan kuningan, pipa air, industri konstruksi dan lain sebagainya.

Adapun suku cadang tembaga di Indonesia yaitu 4,1% dari jumlah suku cadang tembaga di dunia dan memiliki presentasi 10,4% sebagai penghasil tambang tertinggi.

 

6. Mangan

Mangan merupakan tambang yang berupa logam hitam yang biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan batu baterai, untuk campuran besa pada pembentukan baja, keramik dan lain sebagainya.

7. Nikel

Nikel bisa dicampur dengan besi agar mutunya lebih baik atau bisa dengan logam lain seperti tembaga dalam pembuatan kuningan atau perunggu. Tak hanya itu saja, nikel ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan uang logam. Adapun presentase hasil nikel Indonesia adalah 8,6% serta memiliki suku cadang sebesar 2,9%.

8. Intan

Dalam bidang pertambangan, intan pada umumnya digunakan untuk mata bor. Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu saat ini intan dijadikan sebagai batu permata karena keindahannya. Supaya menjadi intan permata, maka intan yang ditambang tersebut harus digosok terlebih dahulu.
 

9. Batu Gamping

Batu gamping atau yang sering disebut sebagai batu kapur merupakan sumber daya tambang yang biasanya digunakan dalam industri bangunan. Pada umumnya batu gamping dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan semen, akan tetapi juga bisa dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanah yang kurang akan zat kapur.
 

10. Batu Pualam

Batu pualam atau batuan marmer merupakan batuan yang berasal dari batuan kapur yang dibuat akibat suhu serta tekanan yang tinggi. Biasanya batuan ini digunakan dalam bahan pembuatan keramik serta dinding bangunan. Akan tetapi ada juga di beberapa daerah yang menjadikan batu marmer ini sebagai hasil seni ukir.

11. Bauksit

Jenis barang tambang dan manfaatnya yang terakhir yaitu bauksit. Bauksit merupakan salah satu biji alumunium. Adapun manfaat dari bauksit diantaranya adalah untuk pembuatan badan pesawat terbang, peralatan dapur, kapal dan lain sebagainya.

Bauksit ini bisa diperoleh dari lumpur yang basah kemudian dibersihkan sampai lumpur tersebut tidak menempel. Selain itu, bauksit ini juga menjadi bahan tambang yang biasanya di ekspor ke negara lain seperti Jepang.

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa barang-barang tambang serta manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow