999 +
0
35
0
8 Kebiasaan Ini Paling Sering Dilakukan Usai Sahur, Kamu yang Mana?
2 months 'ago'

Setelah sahur dan salat shubuh, masih banyak jeda waktu untuk pergi melanjutkan aktivitas harian. Sebagian besar dari pelajar sampai karyawan, kebijakan jam masuk diberi kelonggaran dikarenakan puasa oleh pemerintah.

Nah, jeda waktu yang panjang ini biasanya digunakan untuk hal apapun dengan alasan menghilangkan kantuk. Berikut adalah kebiasan yang sebagian besar dari kita lakukan pada saat setelah sahur. Kamu masuk nomor berapa ini?

1. Setelah sahur langsung pergi ke mesjid

Ini adalah kebiasaan yang sangat bagus. Biasanya setelah salat Subuh berjamaah, diadakan kuliah subuh yang isinya ceramah tentang keagamaan atau belajar membaca Quran. Kegiatan-kegiatan ini nantinya menyesuaikan jadwal yang telah disusun oleh panitia mesjid.

2. Berolahraga

Habis salat Subuh langsung deh bergegas ambil sepatu dan olahraga. Apalagi udara di saat pagi terasa masih segar dan bebas dari polusi, sangat bagus untuk paru-paru. Namun jangan sampai kelelahan sehingga puasamu justru gak maksimal.

3. Mengerjakan pekerjaan rumah

Sambil menunggu untuk bersiap kerja, beberapa orang memilih untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, mengelap kaca, mencuci baju, tahu-tahu sudah dekat jam masuk kerja.

4. Belanja ke pasar tradisional

Pagi-pagi ke pasar, dijamin pasti dapat yang fresh. Sayur masih belum layu dan ikan pun juga. Ditambah lagi masih sepi pembeli. Nah, sampai di rumah lalu menyiangi sayur atau apapun yang bisa dibersihkan. Jika masih ada waktu cukup, siapin bumbu-bumbunya agar ketika sore gampang untuk memasaknya dengan singkat.

5. Menonton

Saat masih banyak waktu tersisa antara setelah sahur menuju jam berangkat kerja, bisa mengisi waktu dengan menonton film atau streaming. Kalau biasanya nonton film dilakukan seusai bekerja, bisa dialihkan ke jam setelah sahur.

6. Mengerjakan tugas

Ini biasanya terjadi di kalangan pelajar atau mahasiswa ketika mau ujian atau pun banyak tugas apalagi dikejar deadline. Waktu ini juga cocok untuk mengerjakan tugas-tugas penting. Bahkan pekerja pun sebagian besar juga masih ada yang bawa pekerjaannya ke rumah.

7. Menyalurkan hobi

Dikarenakan waktu di malam hari belum ada kesempatan menyalurkan hobi. Baik itu hobi yang dilakukan di outdoor  maupun indoor. Biasanya mereka yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan bakat dilakukan pada saat ini.

8. Kembali ke dunia mimpi

Tidak dapat menahan kantuk yang luar biasa, setelah sahur akhirnya memutuskan untuk tidur. Sampailah jam dinding menunjukkan pukul dimana satu jam sebelum berangkat ke sekolah atau kampus atau bahkan ke kantor. Ya, namanya kantuk memang tidak dapat ditahan.

Itu tadi ulasan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan setelah sahur pada umumnya. Tapi kebiasaan nomor 8 sebaiknya dihilangkan. Kalau tidak bisa, minimal dikurangi.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow