999 +
0
12
0
Yuk, Isi Waktu Ngabuburit dengan 8 Kegiatan Seru dan Bermanfaat Ini!
2 weeks 'ago'

Sekarang sudah memasuki minggu ke-2 bulan Ramadan, nih! Apakah kamu masih tetap semangat menjalani puasa? Meskipun menahan lapar dan haus seharian, harus tetap semangat ya menjalani segala aktivitas! Bulan Ramadan tidak bisa lepas dari istilah ngabuburit, kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Daripada hanya nganggur di rumah atau bermain  media sosial di smartphone terus, lebih baik isi dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat tapi tetap seru. Berikut ini rekomendasi kegiatan-kegiatannya. Yuk, disimak!

1. Ikut kegiatan volunteering

Di bulan Ramadan ini, yuk tingkatkan aktivitas sosial kita! Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan adalah menjadi volunteer. Kamu bisa berkontribusi di suatu eventsosial, mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak di panti asuhan, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), dan tempat lainnya yang membutuhkan.

Selain waktu luangmu akan terasa lebih bermanfaat, anak-anak yang berinteraksi dengan kamu pun akan merasa senang. Kalau masih bingung ingin melakukan apa dan di mana, sekarang ada banyak lho komunitas anak muda yang rutin mengadakan social activity dan membutuhkan volunteer. Dengan bergabung ke komunitas, juga jadi bisa menambah kenalan baru. Pastinya puasa kita akan terasa lebih bermakna.

2. Membuat aneka artworks dan crafts

Selain menjadi volunteerkalian juga bisa melakukan kegiatan yang mengasah kreativitas. Misalnya, membuat lukisan atau aneka kerajinan tangan. Kalau bingung, smart buddies bisa lho mencoba membuat dan mengkreasikan kartu lebaran sendiri! Tentunya di bulan puasa yang bertepatan dengan masa liburan ini kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak. Jadi kamu tidak perlu terburu-buru dan bisa menikmati setiap prosesnya.

Dengan mengerjakan kerajinan tangan, tanpa terasa waktu berbuka pun tiba. Kamu nggak akan merasa bosan tentunya. Setelah karya yang dibuat jadi, kamu juga akan merasa bangga, bagaimana pun hasilnya. Orang yang menerima kartu lebaran handmade karyamu juga pasti akan merasa lebih terkesan daripada hanya menerima ucapan lebaran secara digital.

3. Membereskan kamar 

Hayo ngaku, siapa diantara kalian yang kamarnya berantakan? Padahal, kondisi kamar bisa mempengaruhi suasana hati, lho! Kalau kamar kamu rapi, pasti akan terasa lebih nyaman. Kalau begitu, yuk mulai beresi kamar masing-masing!

Mulai dari buka lemari kamu dan seleksi baju mana saja yang ingin tetap kamu simpan. Lalu, susun dengan rapi di dalam lemari. Kemudian, bereskan juga meja belajarmu. Singkirkan barang mana saja yang kira-kira sudah tidak diperlukan. Beberes kamar membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lho! Jadi, cocok banget untuk mengisi waktu ngabuburit.

4. Mengadakan garage sale

Saat sedang beres-beres kamar, apakah kalian sempat menemukan barang yang sebetulnya sudah tidak diperlukan lagi tapi masih bagus? Kalau disimpan terus, akan memenuhi tempat. Kalau dibuang, kok rasanya sayang, ya. Nah, daripada bingung, adakan garage sale saja! Selama menunggu buka puasa, pilih barang mana saja yang sekiranya akan dijual lalu tentukan harganya. Karena ini garage sale, jadi harganya harus disesuaikan, ya. Lalu tentukan kapan dan di mana smart buddies akan mengadakannya. Supaya makin seru dan barangnya semakin beragam, kamu bisa ajak teman-teman kamu juga.  Jangan lupa sebarluaskan info tentang garage sale-nya supaya banyak yang datang. Selain lemari baju dan kamar jadi lebih rapi, kalian jadi bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Yeay!

5. Menjelajahi kota sendiri

Kalau selama ini kalian sering traveling ke luar kota atau luar negeri, sekarang saatnya menjelajahi kota sendiri. Jangan-jangan, kamu malah kurang tahu tentang destinasi wisata menarik yang ada di kota sendiri selain mall. Nah, ini waktu yang tepat.

Kamu bisa mengunjungi aneka museum, tempat wisata budaya, dan tempat menarik lainnya. Supaya lebih seru, ajak teman-temanmu juga dan gunakan alat transportasi publik seperti bus wisata atau kereta. Dengan menjadi turis di kota sendiri, kamu pasti akan mendapatkan hal-hal menarik yang belum kamu ketahui sebelumnya. Dikarenakan sedang puasa, pastikan saat sahur kamu mendapatkan asupan energi yang cukup ya supaya tidak lemas saat jalan-jalan.

6. Membuat vlog atau film pendek

Selama ini mungkin kalian sering movie marathon atau menonton video di Youtube saat menunggu buka puasa. Nah, bagaimana kalau sekarang giliran kamu yang membuat film atau vlog itu sendiri? Kamu bisa menyesuaikannya dengan minat kamu. Misalnya meng-cover lagu, membuat beauty atau fashion vlog, membuat video memasak, dan lainnya.

Kalau kamu punya tips dan trik yang menarik, boleh banget lho ditampilkan di videomu. Siapa tahu akan ada banyak orang yang merasakan manfaatnya. Kalian juga bisa membuat project film pendek bersama teman-teman dan berbagi tugas. Ada yang menjadi sutradara, penulis skenario, cameraman, dan tentunya pemain film.  Saat karya kalian sudah jadi, pasti akan merasa puas.

7. Membuat challenge memasak

Meski sedang puasa, tidak ada salahnya mengisi waktu ngabuburit kita dengan memasak. Daripada terus-terusan buka puasa di restoran, kalian bisa melatih skill memasak dengan mencoba membuat aneka jenis masakan. Waktunya bisa dilakukan saat sore hari menjelang berbuka. Supaya tidak terasa biasa saja dan bosan, smart buddies bisa membuat challengesendiri, nih! Misalnya hari ini membuat menu khas Jepang, besok memasak aneka pasta, dan seterusnya. Lalu, sajikan masakan buatan di meja makan keluarga. Mereka pasti akan sangat senang.

8. Tetap pintar dengan cara seru 

Durasi berpuasa di Indonesia termasuk cepat kalau dibandingkan dengan negara lain di dunia. Namun, tetap saja akan terasa lama jika selama seharian tidak melakukan aktivitas apa pun. Nah, kalian dapat mengisi waktu luang tersebut dengan mencari pengetahuan dan informasi menarik. Kamu bisa mendapatkannya dengan membaca buku atau menonton video di Youtube. Terlebih, sekarang ada banyak buku dan video yang didesain menarik, sehingga tidak membuat bosan.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow